Komponen Kondisi Fisik Bagi Pemain Bola Voli

Bagi sobat pembaca semua. kemarin kita sudah membahas komponen kondisi fisik, untuk komponen pada permainan bola voli yang harus dibina untuk meningkatkan daya tahan serta kemampuan prestasi tentunya kita harus tahu komponen apa saja yang harus kita pelajari agar bisa tercapai prestasi yang maksimal. berikut penjelasannya :

Komponen Kondisi Fisik Bagi Pemain Bola Voli


Komponen-komponen kondisi fisik yang perlu dibina bagi pemain bola voli antara lain :

1.Daya Lentur (flexibility)


Daya lentur adalah efektivitas seseorang dalam menyesuaikan diri untuk segala aktivitas dengan pengukuran tubuh yang luas. Hal ini akan sangat mudah ditandai dengan tingkat fleksibilitas pada seluruh permukaan tubuh (M. Sajoto, 1988:58). Daya lentur adalah kemungkinan gerak maksimal yang dapat dilakukan oleh suatu persendian (E.R. Dwi Kusworo, 2000:3).

2.Kelincahan (Agility)


Kelincahan adalah kemampuan seseorang untuk mengubah poisi diarea tertentu, seseorang yang mampu mengubah satu posisi yang berbeda dalam kecepatan tinggi dengan koordinasi yang baik, berarti kelincahanya cukup baik (M. Sajoto, 1988:58). Kemampuan untuk melakukan gerak persendian secara luas, memungkinkan pemain melakukan dan menguasai motor skill secara baik dan benar dan memungkinkan pemain untuk mencapai tingkat optimal dalam permainan bola voli. Kelincahan adalah kemampuan untuk mengubah arah dengan cepat dan efektif sambil bergerak atau berlari hampir dengan kecepatan penuh (E.R. Dwi Kusworo:2000:3).

3.Kekuatan (strength)


Kekuatan adalah komponen kondisi fisik seseorang tentang kemampuan dalam mempergunakan otot-otot utnuk menerima beban suatu bekerja (M. Sajoto, 1988:58). Kekuatan adalah kemampuan otot atau sekelompok otot seseorang untuk menahan atau menerima beban kerja (E. R. Dwi Kusworo, 2000:2).
Dalam permainan bola voli kekuatan yang digunakan adalah kekuatan untuk bergerak seperti melompat, berlari, wreck dan sebagainya kemudian untuk menyerang dan mengatasi kekuatan otot lawan.

4.Daya otot (muscular power)


Daya otot dalah kemampuan seseorang untuk mempergunakan kekuatan maksimun yang dikerjakan dalam waktu sependek-pendeknya (M. Sajoto, 1988:58).

5.Daya tahan (endurance)


Daya tahan adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan ototnya untuk berkontraksi secara terus-menerus dalam waktu yang relatif lama dengan beban tertentu. (M. Sajoto, 1988:58). Pemain bola voli menyangkut unsur peredaran darah dan unsur pernafasan atau cardiovascular.
Daya tahan merupakan komponen yang sangat penting karena di dalam olahraga bola voli memerlukan waktu yang cukup lama. Sehingga diharapkan seorang atlet harus memiliki daya tahan yang baik agar tujuannya dapat tercapai.

6.Kecepatan (speed)


Kecepatan adalah kemampuan seseorang untuk mengerjakan gerakan berkesinambungan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya (M. Sajoto, 1988:8). Kecepatan adalah kemampuan yang memungkinkan orang berubah arah atau melaksanakan gerakan yang sama atau tidak sama secepat mungkin (E. R. Dwi Kusworo, 2000:2). Kecepatan dapat dibedakan antara kecepatan gerak dan kecepatan eksplosif.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

2 Responses to "Komponen Kondisi Fisik Bagi Pemain Bola Voli"

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.