Lapangan Bola Voli ( Ukuran Dan Gambar ) Lengkap

Permainan bola voli sudah menyebar luas di indonesia bahkan di dunia. teman-teman pasti udah sering mendengar dan tahu bagaimana bola voli itu, apalagi sekarang ini banyak di adakan pertandingan bola voli baik di berbagai media, tentunya juga sudah banyak di tayangkan di televisi. pertandingan ini tidak bersifat nasional tetapi juga bersifat internatiosional.topik bahasan kali ini kita akan membahas tentang Lapangan Bola Voli.

Bagi kalangan pelajar sekarang banyak sekali yang mengembangkan bidang permainan bola voli. contohnya saja dikalangan SMP( sekolah menengah pertama) dan SMA( sekolah menengah atas). eh malah jadi nglantur curhat. emang sih penulis sendiri sangat menggemari bola voli pada waktu masih di SMP dan SMA. dari uraian diatas apakah kita sudah benar-benar tahu seluk beluk bola voli. kalu ditanya Ukuran Lapangan Bola Voli para kalangan pelajar bahkan yang umum juga sedikit banyak yang tidak tahu. bener kan? hehehehehehe.....

la wong murid-murid juga sama kayak gitu kok. kalu di suruh maen suka banget tapi giliran di tanya sejarah permainan bola voli tidak tahu. kalu di tanya ukuran lapangan bola voli juga jawabe tidak tahu. gak usah kawatir sobat di postingan saya ini saya akan menjelaskan lapangan bola voli secara detail. berikut gambaran tentang lapangan bola voli.

Nah dari gambar itu mari kita rinci ya satu persatu Ukuran Lapangan Bola Voli, berikut rinciannya:
ukuran lapangan bola voli

Lapangan Vola Voli

Ukuran Lapangan Bola Voli

Untuk menambah wawasan anda semuanya dalam bermain bola voli, setidaknya anda tahu Ukuran Lapangan Bola Voli yang sebenarnya, dengan begitu jika anda hendak membuat Lapangan Permainan Bola Voli tidak usah bingung lagi, karena anda bisa membuatnya dengan mudah, memang dalam ukuran lapangan permainan bola voli ini terdiri dari beberapa bagian yaitu, panjang lapangan, lebar lapangan, ukuran garis serang, tinggi net dan juga jarak yang ideal untuk tiang net, dan juga sebagai tambahan wawasan anda juga perlu tahu, ukuran standar line bola voli, untuk lebih jelasnya berikut keterangan lebih lanjut dalam Lapangan Bola Voli.
    lapangan bola voli
  1. Ukuran lapangan voli adalah 18 × 9 meter, dengan ketentung panjang : 18 M dan Lebar 9 M, untuk servis dilakukan sepanjang garis belakang 9 meter
  2. jarak garis serang dengan garis tengah 3 meter.
  3. Tinggi Net  Bola Voli, Untuk Pemain putra 2,43 meter dan tinggi net putri 2,24 meter.
  4. Berat bola antara 250–280 gram.
  5. Jumlah pemain 12 orang, 6 orang yang bermain dan 6 orang cadangan.
  6. Perputaran pemain dilakukan jika penerima servis berhasil mematikan bola.
  7. Lama permainan three winning set.
  8. Angka sampai 25.
  9. Time out diminta oleh pelatih/official kepada wasit untuk memberi instruksi. Lamanya 30 detik

2. Bola

lapangan bola voliBola voli harus berbentuk bola (bulat), terbuat dari kulit atau kulit sintetik, memiliki lingkar 65-67 cm, berat 260-280 g dan dengan tekanan dalam 0,30-0,325 kg /cm. Kemudian bola ini diisi dengan udara (dipompa). Jumlah jalur yaitu 12 dan 18 jalur. Persyaratan bola yang standar ini sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh FIVB (Fédération Internationale de Volleyball), sebuah Federasi Bola Voli Internasional yang menangani hal-hal yang berhubungan dengan olahraga permainan bola voli.
Berikut ini adalah peraturan yang dikeluarkan oleh FIVB mengenai penggunaan bola standar dalam permainan bola voli :
  • Bola tersebut memiliki keliling lingkaran 65-67 cm, dengan berat 260-280 gram.
  • Tekanan dalam dari bola tersebut hendaknya sekitar 0.30 – 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa).

3. Net (Jaring) Tiang Net

lapangan bola voli
  1. Tinggi net bola voli dipasang tegak lurus di atas garis tengah, dengan ketinggian 2,43 m untuk putra dan 2,24 m untuk putri. Ketinggian net harus tepat sama tinggi dan tidak boleh lebih tinggi dari 2 cm.
  2. Lebar net 1 m dan panjang 9,50 – 10 m (dengan pita samping 25 – 50 cm di setiap sisi), terbuat dari jalinan mata jala hitam 10 cm, berbentuk persegi. Pada puncak net terdapat garis horizontal selebar 7 cm, terbuat dari 2 lapis kain kanvas putih yang terpasang memanjang sepanjang net. Pada bagian bawah net terdapat pita horizontal selebar 5 cm, mirip dengan pita bagian atas yang juga dilalui tali. Tali itu untuk mengencangkan net ke tiang-tiang dan menjaga bagian bawah net tetap tegang.
  3. Dua pita putih dipasang tegak lurus pada net dan dipasang pada setiap sisi net. Lebar pita putih 5 cm dan panjang 1 m. Pita putih tersebut bagian dari net.
  4. Tiang diletakkan dengan jarak 0,50 – 1,00 m diluar garis samping. Tinggi 2,55 m dan sebaiknya dapat diatur naik turunnya, tiang harus bulat dan licin.
Untuk kejuaraan dunia dan pertandingan resmi FIBV, tiang-tiang ditempatkan pada jarak 1 m di luar garis samping.

4. Rod Antena

ukuran lapangan bola voliAntena adalah tongkat yang lentur dan bagian dari net sebagai batas samping dari daerah penyeberangan bola, panjang 1,80 m dan bergaris tengah 10 mm, terbuat dari fiberglass atau bahan sejenis. Antena dipasang pada bagian luar dari setiap pita samping. Tinggi antena di atas net adalah 80 cm dan diberi garis yang berwarna kontras sepanjang 10 cm. Lebih baik berwarna merah dan putih.

Demikian lah uraian tentang Ukuran lapangan bola voli. semoga bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya buat kalangan pelajar yang belum tahu ukuran bola voli. jika anda belum tahu teknik dasar permainan bola voli bisa mempelajarinya pada postingan saya yang lalu untuk lebih lanjutnya pengetahuan tentang peraturan bola voli.terimakasih, semoga bermanfaat

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: