Pasing Bola Voli

Pasing Bola Voli ~ Pasing merupakan bagian dalam permainan bola voli yang sangat penting. bayangkan saja seumpama pemain bola voli dengan kualifikasi smash yang bagus tapi tanpa di imbangi dengan pasing yang bagus semua akan sia-sia belaka. jadi dari rangkaian teknik-teknik dasar dalam permainan bola voli semua saling terkait dan penting untuk menghasilkan penguasaan teknik yang optimal dan merai prestasi. sebagaimana kita tau dalam cabang olahraga mempunyai teknik yang berbeda dalam tiap tekniknya. hal ini juga di pengaruhi oleh peraturan yang ada. seperti peraturan permainan bola voli yang sudah disinggung dipostingan saya sebelumnya. ok gak usah berlama-lama lagi sobat, untuk lebih detail masalah pasing bola voli dan pembagiannya secara detail akan saya ungkap secara detail disini. ok cekidot saja ya....
      

http://www.volimaniak.com/Passing adalah mengoperkan bola kepada teman sendiri dalam satu regu dengan suatu teknik tertentu, sebagai langkah awal untuk menyusun pola serangan kepada regu lawan. Dalam perkembanganya permainan bola voli membutuhkan passing yang akurat dan terampil agar didapatkan suatu kerjasama yang bagus untuk memenangkan suatu pertandingan.

Nuril Ahmadi (2007:22) mendefinisikan passing sebagai upaya seorang pemain dengan menggunakan teknik tertentu untuk mengoperkan bola yang dimainkannya kepada teman seregunya untuk dimainkan di lapangan sendiri, sedangkan A. Sarumpaet dkk (1992:87) mendefinisikan passing sebagai  suatu usaha dari seseorang pemain bola voli dengan cara melakukan teknik tertentu yang bertujuan untuk mengoperkan bola kepada temannya sendiri.

Pendapat hampir serupa dikemukakan oleh Herry Koesyanto (2003:22) dimana membagi passing menjadi dua jenis yaitu passing atas dan passing bawah. Passing atas dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu  sebagai berikut :

a. Passing Atas

Passing atas ada dua macam yaitu passing atas normal dan passing atas setinggi muka. Keduanya hampir sama hanya saja pada perkenaan bolanya yang berbeda. Passing atas normal bola berada di depan atas muka sedangkan passing atas setinggi muka pada saat perkenaan bola berada tepat di depan muka.

b. Passing Bawah

Dalam melakukan passing bawah dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan satu tangan dan dua tangan.

c. Passing Bawah Satu Tangan

Passing bawah satu tangan biasanya digunakan apabila bola berada agak jauh dari badan dan agak rendah. Bentuk melakukan passing bawah satu tangan antara lain:
  1. Menggunakan lengan dengan jari-jari menggenggam.
  2. Punggung tangan dengan jari-jari terbuka.
  3. Pergelangan tangan bagian dalam dengan tangan menggenggam.

d. Passing Bawah Dua Tangan

Ada beberapa bentuk passing menggunakan dua tangan, yaitu the dig (clenched frst methode) dan thumb over palm method.

1. The Dig (Clenched Frst Methode)

  1. The dig adalah penerimaan bola dengan gaya menggali atau melakukan gerakan seakan-akan menyendok bola ke atas. Dig merupakan satu-satunya cara untuk menerima service yang sulit. Dengan cara ini, kita masih berkesempatan mengarahkan bola  sesuai keinginan kita (Dieter. B, 2007: 18).
  2. Dig yaitu kedua ibu jari sejajar dengan jari-jari tangan  yang lain, ini asalnya dari Amerika. Bentuk ini sering digunakan bagi pemain yang sudah tinggi kemampuan passing bawahnya, karena lebih fleksibel apabila menerima bola dari arah manapun.

2. Thumb Over Palm Methode

Yaitu kedua telapak tangan menghadap ke atas dengan satu tangan menempel pada telapak tangan lainya dan dijepit ibu jari. Perkenaan bola di atas pergelangan tangan bentuk ini lebih tepatnya bagi pemula karena untuk mempermudah mengantisipasi bola pada bidang perkenaan.

e. Umpan/Set – Up

Umpan adalah menyajikan bola kepada teman dalam satu regu, yang kemudian diharapkan bola tersebut dapat diserangkan ke daerah lawan dalam bentuk smash (M. Yunus, 1992: 101).Mengumpan atau menset-up berarti menyajikan bola kepada teman seregunya yang selanjutnya diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyerang ke lapangan lawan, karena pada umumnya pengertian menyerang adalah melakukan smash. Jadi menset-up adalah menyajikan bola untuk dapat dismash teman seregunya (Herry Koesyanto, 2003 : 30).Untuk menset-up harus memenuhi beberapa persyaratan agar hasilnya dapat dismash dengan baik, adapun persyaratan umpan yang baik adalah sebagai berikut :
  1. Bola harus melambung dengan tenang di daerah serang lapangan sendiri.
  2. Bola harus berada di atas jaring dengan ketinggian yang cukup, agar sempat dismash bagi smasher.
  3. Jarak dari jaring sejauh 20 - 50 cm.
Menurut tinggi rendahnya umpan dalam permainan bola voli, dapat dibagi dalam empat macam sebagai berikut :
  1. Umpan Normal
  2. Umpan Setengah Normal (Semi Set-up)
  3. Umpan Push (Dorongan Cepat)
  4. Umpan Pull (Umpan Cepat)
Melihat uraian di atas mengenai passing maka dapat disimpulan bahwa salah satu teknik dasar voli yang sangat menentukan untuk kelancaran maupun kestabilan  jangka pendek maupun jangka panjang dalam suatu permaian adalah passing, dalam hal ini kerjasama antar satu tim dan pencapaian suatu tim yaitu serbuah kemenangan.

Sedikit pengetahuan tentang pasing dalam permainan bola voli dari saya. nah gimana sekarang sudah paham kan pasing itu sebenarnya apa. untuk mengetahui teknik dasar yang lain dalam permainan bola voli khususnya smash klik disini

Informasi Update terbaru. Cara Berlatih pasing bawah klik disini

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Pasing Bola Voli"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close