Teknik Block Permainan Bola Voli

Teknik Block Permainan Bola Voli ~ Masih membicarakan masalah teknik dasar permainan bola voli. kalau kemarin saya mengupas masalah teknik bola voli yang meliputi: servis bola voli dan jenis servis bola volipasing bola volismash bola voliuntuk kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan masalah teknik dasar block pada Permainan bola voli yang tak kalah pentingnya dengan teknik yang lain.

kalau kita bicara masalah olahraga pasti semua mempunyai rangkaian teknik dasar dan saling berkaitan. khususnya dalam block dalam permainan bola voli merupakan hal yang sangat berguna dalam mengantisipasi serangan lawan bahkan bisa mematahkan serangan lawan dan bisa menghasilkan nilai untuk kita. ok gk usah lama-lama sobat saya akan mengupas masalah blok pada bola voli dari berbagai rangkaian sumber khususnya dalam kiat meraih kemampuan bermain yang baik dengan prestasi yang optimal. berikut penjabarannya : 

A. Pengertian Block



Pengertian Block adalah upaya untuk membendung serangan dari lawan. Dalam melakukan block atau bendungan, seorang pemain bisa melakukannya secara sendirian (block tunggal) ataupun melakukannya secara berkawan. Untuk dapat melakukan block secara rapi dan berhasil diperlukan latihan yang banyak dan adanya kemampuan yang keras.

Tahap-tahap melakukan blocking (Herry Koesyanto, 2003:42)

  1. Mengadakan langkah ke kanan atau ke kiri.
  2. Meloncat ke atas dengan tumpuan kedua kaki.
  3. Menggerakan tangan dan lengan untuk menguasai bola.
  4. Mendarat dengan dua kaki secara lentuk.
http://www.volimaniak.com/Tehnik ini digunakan untuk menahan serangan yang dilakukan oleh tim lawan. Pertahanan dalam tehnik block dapat berupa menahan serangan lawan agar bola yang di-spike oleh pemain dari tim lawan tidak mampu menyeberangi net dan tetap berada di area lawan. Atau pertahanan yang berupa memperlambat gerakan bola yang telah di-spike oleh pemain dari tim lawan, sehingga gerakannya menjadi lebih lambat dan lebih mudah untuk di kendalikan. Sebagai salah satu tehnik pertahanan yang sangat dibutuhkan dalam permainan bola voli, maka sebaiknya setiap pemain harus mampu menguasai tehnik ini dengan baik. Untuk melakukan tehnik block, pemain berdiri dengan menggunakan kedua kaki dalam posisi yang sejajar. 

Pada saat yang sama, kedua tangan diletakkan di depan dada, dengan posisi telapak tangan mengahadap ke arah net dan dengan jari-jari terbuka (dikembangkan) selebar mungkin. Untuk melakukan lompatan yang maksimal, lutut ditekuk lebih dalam dengan posisi badan agak condong ke arah depan. Setelah itu, lakukan lompatan dengan menggunakan kekuatan kedua kaki. Pada saat melakukan lompatan, kedua tangan diayunkan lurus ke arah atas secara bersamaan. Agar pertahanan block dapat dilakukan secara meluas, maka jari-jari tangan sebaiknya dibuka ketika melakukan block. Posisi jari-jari yang terbuka ini akan semakin mempersempit jalur penyeberangan bola melewati net, sehingga akan memaksimalkan fungsi block. 

Ketika spiker dari tim lawan memukul bola, maka blocker yang sudah berada dalam posisi melayang di udara segera menghadapakan kedua tangannya ke arah bola tersebut dan berusaha untuk menguasai bola. Sewaktu tangan melakukan kontak dengan bola, pergelangan tangan menekan dari arah atas ke depan bawah. Pada saat yang sama, jari-jari kedua tangan sebaiknya ditegangkan agar dapat menahan tekanan bola dengan kuat. Block yang baik adalah block yang ketika bola belum dipukul, tangan blocker sudah berada dalam posisi mengurung bola. Setelah melakukan kontak (block) dengan bola, maka blocker-pun mendarat kembali ke lantai dengan menggunakan kedua kaki, dan dengan lutut yang lentur Untuk melakukan block yang baik, blocker juga harus mampu memprediksi ke arah mana kira-kira spiker tim lawan akan mengarahkan bola.

B. Jenis Block

1. Block Bola Open

  • Blocker bergerak mendekati lawan yang akan melakukan spike, posisi tangan berada didepan dada.
  • Blocker melompat setelah spiker lawan melakukan lompatan, sebelum melompat posisi badan direndahkan dengan menekuk lutut sehingga membentuk sudut 100, 
  • Kemudian blocker melompat setinggi mungkin dengan arah lompatan vertical.

2. Block Bola Semi

  • Blocker bergerak mendekati lawan yang akan melakukan spike, posisi kedua
  • tangan dinaikkan berada diatas depan kepala. Blocker tetap melompat setelah
  • spiker lawan melakukan lompatan, sebelum melompat posisi badan direndahkan dengan menekuk lutut sehingga membentuk sudut 110, kemudian blocker melompat setinggi mungkin dengan arah lompatan vertical.

3. Block Bola Quick

  • Blocker bergerak mendekati lawan yang akan melakukan spike, posisi kedua tangan diluruskan. Blocker melompat bersamaan dengan spiker lawan, sebelum melompat posisi badan direndahkan dengan menekuk lutut tidak terlalu dalam (sudut lutut 135), kemudian blocker melompat setinggi mungkin dengan arah lompatan vertical.

Yang perlu mendapat perhatian dari seorang blocker adalah :

  • Perhatikan gaya pasing receiver lawan, kemana bola itu diarahkan
  • Perhatikan terus jalannya bola dan perhatikan pula gaya pengumpan lawan terutama mata dan gerakaannya, jangan bergerak sebelum bola lepas dari tangan pengumpan..
  • Lihat body language spiker lawan, kearah mana spiker itu bergerak.
  • Posisi tangan atau jari waktu bergerak tidak boleh berada dibawah pinggang, agar
  • gerak tangan cepat mencapai titik block.
  • Side step (Block 2 step) dilakukan untuk block jarak dekat, sedangkan Cross step
  • (Block 3 step) digunakan untuk block jarak yang cukup jauh.
  • Blocker harus dilatih dengan melompat beberapa kali disatu tempat, agar
  • mempunyai reaksi yang baik, bergerak secara cepat dan pandai membaca gerak.
Untuk lebih jelasnya silahkan anda bisa tayangan video di bawah ini cara melakukan block pada permainan bola voli dengan benar
teknik block permainan bola voli
ok sobat itulah sedikit wawasan tentang teknik dasar dalam permainan bola voli khususnya teknik block bola voli. semoga bisa berguna dan menambah wawasan kita dalam mengembangkan permainan bola voli. untuk penjelasan pola permainan bola voli klik disini
Powered by Blogger.