Cara Mengukur Tingkat Kesegaran Jasmani

Setiap orang menginginkan tingkat kebugaran jasmani yang lebih baik. untuk menciptakan agar tubuh mempunyai tingkat kesegaran jasmani yang prima yang harus dilakukan adalah melatih tubuh dengan membiasakan diri dengan latihan kebugan jasmani yang sudah saya bahas dipostingan saya sebelumnya. dengan melakukan latihan itu tubuh akan lebih sehat dan meningkat. dalam kesempatan ini saya akan menguraikan bagaimana mengukur tingkat kesegaran jasmani.

setelah malakukan serangkaian latihan kita tidak ada salahnya kita mengetahui apakah latihan kita benar-benar meningkat atau masih sama sebelum latihan. untuk itu pada kesempatan kali ini volimaniak akan berbagi kepada anda semua apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan latihan, serta cara mengukur tingkat kesegaran jasmani.

http://volimaniak.blogspot.com/

Cara Mengukur Tingkat Kesegaran Jasmani


1. Jenis Gerakan


untuk mendapatkan kebugaran jasmani yang prima, gerakan yang dilakukan harus berkesinambungan atau berurutan yaitu di mulai dari kaki sampai kepala. gerakannya sebaiknya yang mudah dilakukan dan sesuai kebutuhan dan kondisi tubuh kita jangan terlalu berlebihan karan akan berakibat tubuh kita menjadi drop atau sakit. gerakan ini bisa dilakukan dengan joging / lari , bersepeda atau jalan kaki.

2. Waktu


faktor yang tak kalah penting lainnya dalam melakukan latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani adalah dengan menajemen waktu yang baik. latihan bisa dilakukan sekurang-kurangnya aktif dalam waktu 20 menit tanpa pemanasan. waktu latihan juga bisa di tambah dan di tingkatkan sesuai kebutuhan.

3. Frekuensi


agar kebutuhan tingkat kesegaran jasmanii yang kita harapkan dapat tercapai maka gerakan dilakukan paling tidak 5 kali dalam satu minggu, untuk menjaga daya tahan tubuh yang prima khususnya kardioaskuler intensitas latihan harus diperhatikan bahkan di tingkatkan. frekuensi latihan bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan. jika untuk prestasi tentunya latihan harus lebih lama agar apa yang ingin di tingkatkan benar-benar maksimal.

4. Cek denyut nadi


hal yang tak kalah penting lainnya adalah dengan mengetahui perkembangan kardiovaskuler dengan mengecek denyut nadi. cek denyut nadi maksimal (DNM) di hitung dengan cara berikut :
DNM = 220- umur
misalnya mengukur DNM anak berumur 14 tahun bisa dilakukan dengan hal berikut :
DNM = 220- umur
          = 220- 14
          = 206
denyut nadi maksimal anak yang berusia 14 tahun, yaitu 206 setiap menitnya kemudia intensitas gerakannya antara 75-90% dengan waktu gerakan selama 20 menit. bila dilakuakn dengan intensitas 75 % maka denyut maksimal adalah :
DNM = 220- Umur x 75 %
          = 220-14 x 75%
          = 206 x 75 %
          = 154 denyut nadi setiap menitnya

Gimana sekarang dah jelas kan untuk cara mengukur tingkat kesegaran jasmani. mohon maaf jika ada kekurangan dan bisa kasih komentar untuk para pakar kesehatan. agar bisa saling berbagi untuk menambah wawasan kita. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close