Formasi Pemain Sepak Bola

Sepak Bola merupakan olahraga favorit dan sangat terkenal di dunia. banyak sekali klub-klub untuk menghasilkan prestasi yang banyak. karena dengan itu bisa berinvestasi dan menghasilkan banyak profit. untuk meningkatkan itu semua perlu di adakan sistem pelatihan yang sesuai. baik dari taktik permainan sepak bola bahkan ke formasi permainan itu. karna faktor pening lainnya dalam penerapan strategi di antaranya adalah formasi yang sesuai dan dilakukan sesuai kondisi di lapangan dan bisa berubah-rubah setiap saat di butuhkan. ok berikut saya akan mencoba menguraikan formasi yang perlu di terapkan dalam permainan sepak bola.

Saat melakukan pertandingan tim dibagi menurut zona markingnya masing masing, maksudnya setiap pemain bertanggung jawab atas daerah/wilayah yang telah ditentukan oleh pelatih sebelumnya. Apabila seorang pemain telah ditentukan posisinya, maka dia bertanggung jawab atas zonanya.

Pembagian posisi pemain sepak bola


Pembagian posisi pemain pada garis besarnya dibagi menjadi 3 yaitu ; posisi pemain depan, pemain tengah dan pemain belakang, namun untuk spesifikasinya dibagi lagi menjadi sbb :

  1. CB : Central Back ( stoper )
  2. RB/LB : Right / Left Back (fullback)
  3. CM : Central Midfielder
  4. RM/LM : Right / Left Mildfielder
  5. DM : Defensive Midfielder
  6. AM : Attacking Midfielder
  7. ( playmaker )
  8. ST : Striker ( targetman )
  9. R/L W : Right/Left Winger
Dan Istilah lain seperti :

CF/SS : Central Foward ( yaitu pennyerang yang posisinya lebih kebelakang dg melakukan serangan

Menurut situasi dan kondisi yang ada )

LIB : Libero / Sweeper ( Posisi di belakang CB, mengkoordinir pertahanan, menyapu bola Liar, tackling saat musuh lengah, dan maju membantu serangan jika tim dalam posisi)
http://volimaniak.blogspot.com/Istilah  istilah dalam posisi tersebut digunakan untuk mempermudah tim dalam membuat skenario serangan sebelum pertandingan. Setiap istilah ada tugas dan zona yang harus dijaganya masing  masing, setiap pemain mempunyai tugas dan perannya sendiri seperti halnya seorang aktor yang harus melakukan peran tertentu agar perrtunjukannya menjadi menarik. Dalam sepakbola setiap pemain ada yang berperan menjadi Defender, menjadi Midfielder, striker, bahkan ada yang berperan menjadi penjagal atau penyemangat tim hingga pertandingan akan terlihat menarik.

Football is a pay for a ruling not guilty game, made complicated by people who should know augmented. Bill Shankly, liverpool superintendent 1968.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Formasi Pemain Sepak Bola"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.