Jenis kompetisi / kejuaraan sepak bola dunia

Jenis kompetisi / kejuaraan sepak bola dunia ~ Apa kabar sobat volimaniak ? tentunya dalam kaeadaan baik bukan. masih membicarakan masalah sepak bola untuk kali ini saya ingin berbagi kejuaraan sepak bola dunia. bagi pecinta bola pasti sudah sering nonton liga-liga dunia yang sering di tampilkan di televisi maupun di media lainnya. tidak ada salahnya kita tahu jenis apas aja liga / kejuaran yang di adakan di seluruh dunia yang sudah sangat populer.

Beberapa dari kejuaraan sepak bola di dunia ada yang melibatkan klub, simak berikut:


Jenis kompetisi / kejuaraan sepak bola Lokal/ Nasional

Liga lokal

Ini adalah jenis kejuaraan sepakbola yang ada di dunia yang berada di tingkat klub, semua negara yang menjadi anggota FIFA bisa dipastikan memiliki liga ini meski dengan nama yang berbeda-beda. Misalnya, di Inggris disebut Premiere League, di Italia disebut Serie A, di Spanyol disebut liga BBVA, sementara di Indonesia disebut Indonesia Super League (ISL).
jenis kompetisi sepak bola duniaSesuai standar FIFA, liga dengan kasta paling tinggi harus beranggotakan paling tidak 18 klub. Sementara klub yang berada di luar yang 18 itu harus masuk liga dengan kasta di bawahnya. Itulah sebabnya di Indonesia kita mengenal Liga Divisi utama yang berada di bawah ISL, lalu di bawah Premiere League Inggris ada Championship League, dan di bawah Serie A Italia ada liga yang dinamakan Serie B. 
Pola liga dengan 18 klub ini terus terulang hingga semua tim di negara itu mendapat turnamennya masing-masing. Di Indonesia terdapat turnamen hingga divisi 3, sementara di Italia sendiri turnamen sepakbolanya terus sampai Serie D. Begitupun di negara lain, sejauh ini hanya beberapa negara yang tidak bisa mengikuti pola 18 klub tadi karena keterbatasan jumlah klub di negara tersebut. Misalnya liga Singapura, atau liga Australia.
Di dalam liga lokal ini akan bertanding semua klub sepak bola yang berasal dari satu negara. Hal ini akan sangat memberikan pengaruh pada perkembangan sepak bola yang ada di negara itu sendiri. Karena seakan klub sepak bola lokal ini menjadi sekolah tersendiri bagi para pemainnya untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian mereka dalam bermain sepak bola.

Piala Lokal

Ini adalah jenis kejuaraan sepakbola yang ada di dunia yang berada di tingkat klub, yang pelaksanaannya menggunakan sistem gugur, hampir semua negara yang menjadi anggota FIFA memiliki  kejuaraan ini meski dengan nama yang berbeda-beda. Misalnya di Italia disebut Copa Italia, di Spanyol disebut Copa del Rey, sementara di Indonesia disebut Piala Indonesia. Inggris bahkan memiliki dua turnamen sejenis ini yaitu FA Cup dan Carling Cup.
Perbedaan dengan liga, kejuaraan ini membebaskan semua klub untuk bertarung sesuai undian. Ini tentu membuat kadang klub dari divisi bawah bertemu dengan tim divisi atas, misalnya, klub serie C Italia, harus bertarung dengan tim Serie A. Tapi justru inilah yang membuat turnamen ini menarik karena pada turnamen tidak jarang tim-tim besar bisa terjungkal oleh tim kecil.

Piala Super (Lokal)

Kejuaraan ini biasanya dijadikan pembukaan sebuah musim kompetisi dan merupakan turnamen yang hanya diikuti dua tim yaitu juara liga melawan juara piala, baik dengan sistem dua kali pertemuan kandang-tandang, atau hanya satu kali pertemuan saja di tempat netral. Bila seandainya juara liga dan piala adalah tim yang sama, biasanya piala super akan mempertemukan tim tersebut melawan runner-happening piala

Liga Champion

Ini adalah jenis kejuaraan sepakbola yang ada di dunia yang berada di tingkat klub yang mempertemukan wakil-wakil tiap negara di benua yang sama pada satu turnamen. Oleh karena itu kita mengenal ada Liga Champions Eropa, Liga Champions Asia, Liga Champions Afrika atau Piala Libertadores di benua Amerika.
Biasanya tiap negara mengirim juara liganya masing-masing, ditambah tim lain sesuai aturan FIFA. Tapi biasanya tiap negara diwakili maksimal empat tim saja yaitu tim yang menduduki peringkat satu sampai empat pada klasemen liga.
Liga Champion ini dapat dianggap sebagai liga yang paling bergengsi di antara klub sepak bola di satu kawasan misalnya adalah kawasan satu benua seperti benua Eropa. Karena tidak semua klub yang dapat bermain di liga Champions ini. yang dapat bermain atau mengikuti kompetisi di liga Champions ini adalah klub yang menjadi pemenang di setiap liga lokal yang dilakukan di setip negara. Sehingga Liga Champions ini akan mempertemukan semua juara dan akan menjadi kompetisi yang menarik.

Piala Dunia Antar Klub (FIFA Club World Cup)

Kejuaraan sepakbola yang ada di dunia ini di selenggarakan di tingkat klub, tapi dengan mempertemukan para juara liga Champions masing-masing benua hingga quantity menjadi 6 tim, 5 dari masing-masing benua dan 1 tim tuan rumah. Kejuaraan ini pertama diadakan pada tahun 2000 dengan juaranya adalah Corinthians dari brazil.

Piala Toyota (Piala Interkontinental)

Kejuaraan sepakbola dunia ini merupakan kerjasama antara UEFA dan CONMEBOL sebagai organisasi sepakbola tertinggi di Eropa dan Amerika Selatan. Hingga tim yang mengikutiya adalah juara liga Champions Eropa dan juara Piala Libetadores saja. Dimulai pada tahun 1960 (juara: Real Madrid) kejuaraan ini terus berlangsung hingga 1979 dengan sistem kandang-tandang, lalu mulai tahun 1980 format kejuaraan diganti menjadi satu kali pertemuan saja.

Piala Dunia

Semua kompetisi yang disebut di atas adalah kompetisi yang mempertemukan semua klub sepak bola yang ada di setiap negara. Sedangkan Piala Dunia ini dapat disebut sebagai ajang sepak bola paling besar yang ada di dunia. Karena memang Piala Dunia ini akan mempertemukan semua klub nasional yang berasal dari semua negara yang ada di dunia.
Memang tidak mudah bagi setiap negara yang ada di dunia untuk mengirimkan tim nasional mereka agar dapat bertanding atau mengikuti kejuaraan di Piala Dunia ini. karena setiap tim nasional harus melawan tim nasional dari negara lain untuk memperebutkan tiket unqualified bermain di Piala Dunia.
Biasanya tim nasional yang paling dominan dapat bertanding di Piala Dunia ini adalah yang berasal dari benua Eropa dan juga Amerika Selatan. Karena memang diakui bahwa tim nasional yang berasal dari dua daerah ini memiliki kualitas tim yang lebih unggul jika dibandingkan dengan tim nasional negara yang lain.

Jenis kompetisi / kejuaraan sepak bola Internasional


UEFA CHAMPIONS LEAGUE

  • Liga Champions UEFA (bahasa Inggris: UEFA Champions League) adalah kejuaraan antarklub sepak bola tahunan antara klub-klub sepak bola tersukses di Eropa, dan sering dianggap sebagai trofi tingkat klub yang paling prestisius di Eropa.
  • Kejuaraan ini pertama kali dicetuskan oleh salah satu majalah olah raga Perancis. Trofi berbentuk piala yang dijuluki "The Big Ears" (Telinga Besar),dan trofi pertama berbeda dengan yang sekarang diperebutkan (dibuat oleh Stadellman). Piala yang diperebutkan sekarang adalah edisi ke-6. Pada awalnya kejuaraan memperebutkan piala bernama Piala Juara Klub Eropa atau European Champion Clubs' Cup, yang biasanya disingkat menjadi Piala Eropa (European Cup, dan berbeda dari Piala Eropa seperti yang dikenal di Indonesia sekarang ini yang merujuk kepada European Championship). Kejuaraan ini dimulai pada musim 1955/56 dengan menggunakan sistem gugur dua leg, yaitu setiap tim bermain dua pertandingan, satu tandang dan satu di kandang, dan tim dengan skor rata-rata tertinggi maju ke babak berikutnya. Hanya tim-tim juara liga di masing-masing negara, ditambah dengan pemegang juara pada saat itu, yang berhak ikut ajang kompetisi ini.
  • Khusus bagi tim yang pernah juara Liga Champions minimal 5 kali tidak berturut-turut atau 3 kali berturut-turut, di lengan baju kiri akan terdapat logo Liga Champions dan tertulis jumlah piala yang dikoleksi. Seperi Ajax misalnya, karena juara pada tahun 1971, 1972 dan 1973 di lengan baju kiri terdapat logo Liga Champions disertai dengan jumlah piala yang didapat.
  • Tim yang mengenakan logo Champion di lengan yaitu: Real Madrid (juara 9 kali), AC Milan (juara 7 kali), Liverpool (juara 5 kali), Bayer Muenchen (juara 74, 75 dan 76) dan Ajax (juara 71, 72, dan 73)
  • Dalam 19 musim terakhir, hanya ada satu tim yang berhasil mempertahankan gelar juara Liga Champions (saat itu format dan namanya masih Piala Champions) selama dua musim berturut-turut, yaitu AC Milan yang kala itu masih berpredikat The Dream Team. Namun, setelah diubah formatnya menjadi Liga Champion, belum ada satu timpun yang berhasil mempertahankan gelar juaranya. Milan dan Juventus adalah tim dalam 15 musim terakhir yang berhasil meraih utter secara 3 kali berturut-turut. Milan (1993, 1994 (Juara), dan 1995) dan Juventus(1996(Juara), 1997, dan 1998).
  • Pada akhir musim 2004/05 terjadi masalah. Liverpool yang juara Liga Champions pada musim itu berhak lolos langsung ke babak penyisihan musim depan, namun Liverpool di liga domestik ada di peringkat lima. Everton yang merupakan peringkat 4 mengajukan protes, sehingga Liverpool dan Everton tetap ikut Liga Champions musim depan (Everton lewat kualifikasi) dan Inggris pun punya lima tim ke Liga Champions (terbanyak dalam satu negara).
  • Kualifikasi untuk Liga Champions ditentukan oleh posisi tim-tim di liga domestik dan melalui sistem kuota; negara-negara yang mempunyai liga domestik yang lebih kuat diberikan lebih banyak tempat. Klub yang bermain di liga domestik yang lebih kuat juga mulai ikut pada babak yang lebih akhir. Misalnya, tiga liga terkuat, menurut peringkat UEFA, akan melihat juara dan runner-upnya langsung masuk ke babak fase grup, dan peringkat ketiga dan keempat masuk pada babak kualifikasi ketiga. Ada pengecualian pada peraturan ini; juara bertahan Liga Champions lolos secara otomatis ke babak grup tanpa tergantung posisi akhirnya di liga domestik. Dalam perputaran kompetisi liga Champion klub-klub bertarung sengit untuk menempati posisi teratas sehingga layak ikut serta kejuaraan ini.

UEFA SUPER CUP

  • Piala Super UEFA atau Piala Super Eropa (bahasa Inggris: UEFA Super Cup) adalah pertandingan antar klub sepak bola Eropa yang diperebutkan oleh tim yang merupakan juara Liga Champions UEFA dan juara Liga Eropa UEFA. Sebelum musim 1999/2000, Piala Super UEFA selalu mempertemukan antara pemenang Liga Champions dengan pemenang Piala Winners UEFA.
  • Piala Super menjadi turnamen resmi UEFA pada tahun 1973. Pada tahun 1972 Piala Super adalah turnamen tak resmi dan merupakan turnamen peringatan seabad berdirinya rangers.

COPA del REY

  • Kompetisi ini dimulai pada tahun 1902, ketika itu Carlos Padrs, yang kemudian menjadi presiden klub Madrid FC mengusulkan diadakannya kompetisi sepak bola untuk menandai dimahkotainya Alfonso XIII. Empat klub yang mengikuti kompetisi ini adalah: FC Barcelona, Club Espanyol de Foot-Ball, Club Vizcaya, dan New Foot-Ball de Madrid. Club Vizcaya berhasil mengalahkan FC Barcelona di babak unqualified sekaligus menjadikan klub tersebut sebagai klub yang pertama menjuarai Copa del Rey.
  • Sebelum ada bentuk pertama dari La Liga yang muncul pada tahun 1928, kompetisi ini merupakan kejuaraan nasional. Tahun demi tahun, berbagai macam format, seperti pemakaian babak penyisihan grup juga pernah dipakai. Tidak seperti Piala FA, yang berhak masuk Copa del Rey dibatasi. Hanya tim dari La Liga (Divisi Utama), Seguda A, 23 tim dari Segunda B dan tim yang menjuarai Divisi Tercera yang berhak mengikuti kompetisi ini. Babak-babak awal, kompetisi memakai sistem one-off game (1 pertandingan) dengan tim yang berada di peringkat atau divisi yang lebih rendah diberikan residence advantage (tuan rumah). Babak 32 besar sampai babak semifinal, kompetisi ini memakai sistem 2 pertandingan (kandang-tandang). Sementara babak unlimited adalah menggunakan one-off game, tapi di tempat netral. Tim yang juara berhak mengikuti Piala Super Spanyol dan Piala UEFA musim depannya.

FIFA WORLD CUP

  • Piala Dunia Sepak bola atau sering disingkat sebagai Piala Dunia saja (nama resmi: Piala Dunia FIFA) adalah kompetisi terpenting dalam dunia sepak bola internasional. Diselenggarakan oleh Fdgive Internationale de Football Association, pengatur cabang olahraga ini, turnamen babak resolved Piala Dunia adalah ajang olahraga yang paling banyak ditonton di dunia, bahkan melebihi Olimpiade.[1]
  • Babak unconditional turnamen (merujuk kepada bagian turnamen setelah kualifikasi) ini diselenggarakan empat tahun sekali namun kejuaraan ini mengambil masa dua tahun secara keseluruhan. Lebih dari 160 tim nasional bertarung dalam turnamen kualifikasi regional untuk meraih tempat dalam babak insert. Babak finalnya kini melibatkan 32 tim (peningkatan dari 24 tim pada tahun 1998) yang berkompetisi selama 4 minggu di negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Inovasi yang dilakukan baru-baru ini memperbolehkan lebih dari satu negara menjadi tuan rumah.
  • Piala Dunia terakhir diadakan di Afrika Selatan pada 11 Juni-11 Juli 2010 yang dimenangi oleh Spanyol dan Piala Dunia FIFA 2014 akan diadakan di Brasil.
  • Piala Dunia bukanlah kejuaraan sepak bola internasional pertama. Sepak bola amatir menjadi bagian dari program Olimpiade untuk pertama kalinya pada tahun 1908. Pada tahun 1909 di Torinodiselenggarakan sebuah turnamen sepak bola yang bernama Piala Sir Thomas Lipton. Italia, Jerman, dan Swiss mengirimkan klub mereka yang paling prestisius ke turnamen tersebut namunPersatuan Sepak bola Inggris (FA) menolak tawaran untuk ikut serta dalam kejuaraan itu
  • Ide melahirkan kejuaraan sepak bola dunia tercetus pada 1904 di Paris saat Konggres I Fdgive Internationale de Football Association. Pada 1928, hasil usaha FIFA dan presiden persatuan sepak bola Perancis (FFFA), Jules Rimet dan rekannya Henri Delaunay, peserta kongres di Amsterdam memutuskan untuk melaksanakan ide tersebut. Setahun kemudian, FIFA secara resmi mempersiapkan sebuah kejuaraan bernama World Cup yang akan berlangsung setiap empat tahun. Pada kongres FIFA 17-18 Mei 1929 yang berlangsung di Barcelona - Spanyol, Uruguaymendapatkan dukungan dari 23 peserta kongres menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama menyingkirkan ambisi Hungaria, Italia, Belanda, Spanyol, dan Swedia. Piala kejuaraan ini dikenal dengan Piala Jules Rimet.
  • Piala Jules Rimet dibuat oleh perupa Perancis, Abel La Fleur, berbentuk oktagonal berlambangkan bumi dipegang oleh Dewa Kemenangan yang bernama Nike (dewa Yunani purba). Piala ini dibuat dari emas, mempunyai berat 3.8 kg dan tinggi 35 cm.
  • Maka Piala Dunia FIFA yang pertama pun diadakan di Uruguay dan berlangsung dari 13-30 Juli 1930. 13 negara turut serta - enam dari Amerika Selatan, lima dari Eropa dan dua dari Amerika Utara. Uruguay mengalahkan Argentina 4-2 di hadapan 93.000 penonton di Montevideo dan sekaligus menjadi negara pertama yang merebut piala tersebut.
  • Selama Perang Dunia II kejuaraan ini terhenti selama selama 12 tahun, dimulai kembali tahun 1950 di Brasil. Piala Jules Rimet pernah dicuri sewaktu dipamerkan di Stampex Exhibition di Westminster Central Hall, London saat menjelangnya Piala Dunia 1966 di Inggris, namun ia ditemukan 7 hari kemudian oleh seekor anjing bernama Pickles.
  • Pada 1970 di Meksiko, FIFA telah memutuskan Brasil menyimpan Piala Jules Rimet karena menjadi negara pertama yang juara sebanyak 3 kali, 1958, 1962 dan 1970.
  • Badan induk FIFA kemudiannya membuat piala dunia baru dengan menggunakan emas 18 karat, 36 cm tinggi dan mempunyai berat 4.97 kg dan dirancang oleh perupa terkenal Italia, Silvio Gazzaniaga dan dipergunakan hingga sekarang. FIFA kemudian menetapkan hanya pemimpin negara dan pemenang Piala Dunia saja yang boleh menyentuh piala tersebut. Replika piala yang dilapis emas akan diberikan untuk disimpan oleh pemenang.
  • Argentina, Jerman (kedua kali tersebut sebagai Jerman Barat), dan Brasil telah masing-masing memenangkan piala yang kedua itu dua kali. Meskipun begitu, piala yang saat ini masih belum akan "dipensiunkan" hingga plak namanya telah penuh diisikan dengan nama-nama negara pemenang, yang akan terjadi pada tahun 2038.
  • Dengan jelas secara keseluruhan Brasil adalah tim yang paling sukses dalam sejarah perhelatan Piala Dunia setelah lima kali menjadi juara dunia dan dua kali berada di posisi kedua, sementara Italia menyusul berada di bawahnya dengan empat kali menjadi juara dunia dan dua kali di peringkat kedua. Jerman menempati posisi berikutnya sebagai tim yang tersukses ketiga dengan tiga kali menjadi juara dunia dan empat kali menjadi juara kedua. Argentina dan Uruguay masing-masing dua kali menjadi juara dunia meski kemenangan Uruguay terjadi pada masa yang sudah lama, yakni pada awal-awal tahun kejuaraan perhelatan Piala Dunia ini.
  • Saat ini penyelenggaraan 2010 tengah berlangsung di Afrika Selatan
  • Pada akhir setiap turnamen pure Piala Dunia, beberapa penghargaan diberikan kepada pemain dan tim yang dianggap istimewa dibandingkan dengan yang lainnya berdasarkan aspek-aspek yang berbeda. Sat ini ada lima jenis penghargaan:
  • Sepatu Emas Adidas (Adidas Golden Shoe) untuk pencetak gol terbanyak;
  • Bola Emas Adidas (Adidas Golden Ball) untuk pemain terbaik;
  • Penghargaan Yashin (Yashin Award) untuk penjaga gawang terbaik;
  • Penghargaan Permainan Adil FIFA (FIFA Fair Play Award) untuk tim dengan catatan fair appear in terbaik, Tim Paling Menghibur.
Demikin informasi singkat mengenai jenis kejuaran sepak bola di dunia, semoga bisa menambah ilmu pengetahuan bagi anda semuanya, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close