Jenis Sistem Pertandingan

Setiap Penyelenggaraan suatu even olahraga baik singgel maupun multi even, selalu memerlukan pengorganisasian pertandingan yang baik. agar pertandingan dapat berjalan dengan lancar , maka harus berlandaskan pada ketentuan-ketentuan yang sudah dipersiapkan sebelumnya atau diperlukan kesepakatan bersama sesuai karakteristik cabang olahrganya. organisasi pertandingan merupakan serangkaian kegiatan untuk mengatur melalui sistem dan mekanisme tertentu agar pertandingan dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Pengertian sistem pertandingan adalah suatu mekanisme yang digunakan untuk menyelesaikan serangkaian kegiatan/proses dalam suatu pertandingan. dalam kegiatan olahraga dikenal dengan dua sistem pertandingan yaitu sistem gugur dan sistem kompetisi. untuk menentukan sistem apa yang akan digunakan untuk menyelesaikan serangkaian pertandingan, sangat dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya :
  1. Jumlah hari yang tersedia
  2. Jumlah peserta pertandingan
  3. Fasilitas pertandingan yang tersedia
  4. Biaya yang di sediakan
  5. Jenis even olahraga yang diselenggarakan
  6. Aturan yang mengikat sesuai ketentuan cabang olahraga masing-masing
ok di atas merupakan pengertian dan penjelasan faktor yang diperlukan sebelum menyusun suatu sistem pertandingan. untuk penjelasannya saya uraikan dibawah ini :

A.Sistem gugur

Sistem gugur dalam suatu pertandingan olahraga merupakan sistem yang mengatur dimana setiap kali pertandingan harus ada pemenang untuk menentukan juara atau menentukan siapa dan posisi dimana dalam babak pertandingan selanjutnya, sistem gugur dikenal ada dua sistem, yaitu sistem gugur tunggal dan sistem gugur ganda.

Pengertian Sistem pertandingan Gugur tunggal adalah suatu sistem dalam pertandingan dimana peserta yang kalah sudah tidak lagi memiliki kesempatan untuk melanjutkan pertandingan berikutnya. berbeda dengan sistem pertandingan gugur ganda,pengertian sistem pertandingan gugur ganda yaitu sistem dalam pertandingan dimana jika ada peserta yang satu kali, masih diberi kesempatan melakukan pertandingan selanjutnya dalam kelompok yang berbeda, dan jika mengalami kekalahan yang kedua kalinya, maka baginya secara otomatis akan gugur dan tidak ada kesempatan lagi dalam pertandingan berikutnya.

Keuntungan dan kerugian sistem gugur dalam suatu pertandingan 
Keuntungan :

  • waktu pelaksanaan pertandingan lebih singkat
  • biaya penyelenggarakan lebih murah
  • ada pertandingan puncak/final, sehingga dapat menarik bagi penonton
Kerugian :

  • a. juara belum menunjukkan kekuatan sebenarnya
  • b. adakalanya peserta kalah karena unsur keberuntungan bagi lawan
  • c.kurang ideal jika digunakan sebagai progam pemanduan bakat.
B. Sistem Kompetisi

Sistem kompetisi merupakan sistem dalam suatu pertandingan yang memberikan kesempatan para peserta untuk melakukan pertandingan lebih dari satu kali, sehingga setiap peserta tidak bertemu satu sama lain. dalam sistem ini juara di tentukan melalui perhitungan dari pengumpulan nilai yang tertinggi. sistem kompetisi dikenal dua sistem yaitu sistem setengan kompetisi dan kompetisi penuh.

Sistem setengah kompetisi mempunya pengertian sistem pertandingan yang semua peserta saling bertemu dalam satu kali pertandingan. adapun sistem pertandingan penuh adalah sistem pertandingan yang semua peserta saling bertemu dalam dua kali pertandingan atau dapat di artikan satu tuan rumah dan sekali kandang, maka dari itu disebut home anda way system.
Sistem kompetisi sering dikenal dengan sistem nilai yaitu :

  • menang    = 3
  • seri          = 1
  • kalah       = 0
Patokan penilaian tersebut bukan merupakan suatu yang mutlak, namun dalam perkembangannya setiap cabang olahraga dapat menentukan mereka yang terbaik.

Keuntungan dan kerugian sistem kompetisi
Keuntungan :

  1. juara menggambarkan kekuatan yang sebenarnya
  2. bagi peserta yang sudah mendapatkan nilai tinggi, dapat mengatur strategi sesuai kondisi.
  3. kekalahan dalam suatu pertandingan tidak mesti gagal dalam kompetisi tersebut.
  4. lebih ideal jika digunakan sebagi progam pemanduan bakat.
Kekurangan :

  1. membutuhkan waktu lama
  2. biaya yang dibutuhkan lebih besar
  3. dimungkinkan ada sesi pertandingan yang berjalan tidak optimal, karena kepentingan peserta yang sudah mendapatkan nilai tinggi dan aman dalam posisi penilaian.
Nah gimana sekarang pada tahu kan jenis sistem pertandingan. biar kita tidak repot lagi kalu menyusun bagan pertandingan. untuk cara menghitung/ menentukan sistem pertandingannya tunggu ya postingan berikutnya. habisnya udah capek nih tangan ngetik terus hehehehehe....semoga bermanfaat buat pembaca di volimaniak..

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Jenis Sistem Pertandingan"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.