Pengertian Managemen


Kata managemen berasal dari bahasa kuno menagement, yang memiliki arti seni melaksanakan mengatur. manajemen memiliki definisi yang mapan dana diterima secara unviersal. Mary Parker Follet, misalnya mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain, atau dapa diartikan bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Pendapat lain mengatakan bahwa manajemn mungkin berasal dari bahasa Italia (1951) managgiare yang berarti "mengendalikan" terutamanya "mengendalikan kuda" yang berasal dari bahasa latin manus yang berarti "tangan". kata ini mendapat pengaruh dari bahasa Perancis manage yang berarti "kepemilikan kuda" ( yang berasal dari bahasa inggris yang berarti seni mengendalikan kuda). dimana istilah inggris ini juga berasal dari bahasa italia. bahasa perancis lalu mangadopsi kata lain dari bahasa inggris menjadi managemen, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.

Manajemen sebagai suatu seni mempunyai ciri-ciri bahwa kesuksesan dalam mencapai tujuan yang sangat di pengaruhi dan didukung oleh sifat-sifat dan bakat para manajer dalamproses pencapaian tujuan seringkali melibatkan unsusr naluri (instinct), perasaan dan intelektual dalam pelaksanaan kegiatan faktor yang cukup yang menentukan keberhasilannya adalah kekuatan pibadi (character) kreatif yang dimiliki.

Ditinjau dari manajemen sebagai proses kegiatan yaitu management is a distinct process consisting of planning, organizing, actualling,controlling, utilizing in each both science and art follow in order to accomplish predetermined objectives. dapat diartikan bahwa managemen adalah proes yang khas dari tindakan perencanaan, penggorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian dimana dalam masing-masing bidang tersebut digunakan ilmu pengetahuan yang diikuti secara berurutan dalam usaha mencapai sasaran dan tuuan yang telah ditetapkan. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoorkodinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efisien. efektif berarti bahwa tuuan dapat dicapai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisisr dan sesuai dengan jadwal.

Dari sisi profesi, manajemen merupakan suatu bidang pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang yang memiliki keahlian dan ketrampilan sebagai kader, pemimpin atau manajer pada suatu organisasi/perusahaan tertentu. Profesi 'manajer' merupakan sebuah profesi atau jabatan spesifik dan 'prestigious maker' yang dapat menentukan berkembangnya suatu organisasi / perusahaan dimasa mendatang.

Nah jadi untuk mengambangkan suatu organisasi olahraga memerluka managemen olahraga yang baik agar nantinya organisasi dapat berkembang dan berjalan dengan pesat. karena faktor utama dalam pengembangan suatu bidang tertentu tidak lepas dari managemen yang baik. untuk fungsi-fungsi managemen akan saya bahas dipotingan berikutnya. udah capek nih tangannya nuli terus dari tadi. hehehehehehe...semoga bermanfaat buat pembaca ya

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Pengertian Managemen"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.