6 Tipe Kepemimpinan

http://volimaniak.blogspot.com/
Sobat volimaniak kali ini saya ingin berbagi tentang 6 tipe kepemimpinan. dalam setiap hal apapun pastilah kita sangat terpengaruh dengan pemimpin. bagaimana sih pemimpin itu, untuk lebih jelasnya nanti anda bisa baca di artikel saya ini. dalam dunia olahraga pun juga pasti mengenal kepemimpinan khususnya dalam menyelenggarakan suatu even atau pertandingan. untuk itu silahkan pilih sendiri yang mana yang sesuai dengan tipe anda. walaupun nantinya kita semua jadi pemimpin walalupun dalam pemimpin keluarga.


Bersamaan dengan berjalannya wkatu dan perkembangan jaman. saat ini jarang ditemukan seorang pemimpin dalam menjalankan tugasnya mengacu dari satu tipe kepemimpinan saja, melainkan kecenderungan bersifat penggabungan dari beberapa tipe dan jenis kepemimpinan yang disesuaian dengan kondisi dan situasi yang ada. bahkan gaya kepemimpinan seorang tidaklah " mixed" yang artinya tidak akan berubah. Organisasi modern memerlukan kepemimpinan yang disesuaikn dengan tuntutan pekerjann yang dihadapi.

Menurut Sondang P. Siagan (1989) ada 7 tipologi pemimpin yaitu : tipe otokratik, demokratik, kharismatik milisterisitik, laises faire (Noninrefering, tolerant )

1. Tipe Otokratik

Pada umumnya para ilmuwan menggambarkan bahwa seorang pemimpin yang mempunyai tipologi kepemimpinan yang otokratik mempunyai serangkaian karakterisitik yang dikatakan sebagai karakterisitik negatif, dari sudut persepsinya umumnya tipe ini cenderung pemimpin yang egois. egoismenya yan besar mendorong untuk memutar balikkan kenyataan yang sebenarnya. misalnya perwujudan kessetian kepadanya, padahal sesungguhnya disiplin yang terjadi hanya karena ketakutan bukan kesetiaan, penonjolan diri yang tercermin adalah :

a. pembenaran segala cara untuk mencpai tujuan
b. kecenderungan memperlakkan bawahannya seperti alat atau mesin sehingga mengabaikan harkat dan martabat manusia.
c. sangat berorientasi pada pelaksannan tugas (task oriented) dan kurang memperhatikan kebutuhan para bawahan.
d. bwahan hampir tidak di ikut sertakan dalam proses pengambilan keputusan.

2. Tipe Demokratik

Tipe demokartif cenderung pada pandangn seorang pemimpin yang "people centered" karena menempatkan unsur manusia dalam organisasi pada posisi uang paling sentral. gaya demikian biassanya dirurunkan dalam hal seperti ini :

a. pandangan bahwa betapapun besarnya sumber daya dan dana uang tersedia bagi organist. kesemuanya itu pada dirinya tidak berarti apa-apa, kecuaili digunakan dan dimanfaatkan oleh manusaia dalam organisasi demi kepentingan pencapaian tujuan dan berbagai sasaran organisasi.
b. pendelegasian wewenang yang praktis dan realisitik tanpa kehilangan kendali organisasi merupakan suatu ciri yang harus dilakukan pada tipe ini
c. bawahan ikut dilibatkan secara aktif dalam menentukan nasib sendiri melalui pesertanya dalam proses pengambilan keputusan
d. kesungguhan dalam memperlakukan bawahan sebagai makluk politik ekonomi sosial dan sebagai individu dengan karakterisitik dan jatidiri yang khas yang mempunyai kebuthan yang sangat kompleks.
e. usaha memperoleh pengakuan yang tulus dari para bawahan atas kepemimpinannya didasarkan pada pembuktian kemampuan memimpin organisasi dengan efektif bukan sekedar karena pemilikan wewenang formal berdasarkan pengngkatannya.

3. Tipe Paternalisitik

Tipe pemimpin yang ini banyak terdapat dilingkungan masyarakat yang masih bersifat tradisional. pada umumnya pada masyarakat yang agraris. Popularitas pemimpin paternalistik disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : 1. kuatnya ikatan promordial, 2. sistem kekerabatan, 3. kehidupan masyarakat yang kimunikatik, 4. peranan adat istiadat ang angat kuat dalam kehidupan masyarakat, 5. masih memungkinkannya hubungan pribadi yang intim antara seorang anggota masyarakat dengan anggota masyarakat lainnya. ciri-ciri pemimpin ang paternalisitik adalah :
a. menonjolkan kebersamaan
b. sikap kebapakan menyebabkan hubungan atasan bawahan lebih bersifat informal.
c. selalu menganggap para bawahan belum dewasa dlam cara bertindak dan berpikir sehingga memerlukan bimbingan dan tuntunan terus menerus

4. Tipe kharismatik
Daya tariknya yang sangat memikat sehingga mampu memperoleh pengikut yang sangat besar jumlahnya. biarpun banyak pengikut yang tidak bisa memberikan alasan yang kuat mengapa dia tidak tertarik dengan kepemimpinannya, penampulan fisik, kekayaan dan usia tidak selalu menjadi ukuran atau ciri bagi peminpin tipe ini. para pengikut tidak mempersoalkan nilai-nilai yang dianut. sikap dan perilaku sera gaya kepemimpinannya yang digunakan oleh pemimpin tersebut. demikian juga daya tariknya akan tetap besar meskipun pemimpin kharismatik menggunakan gaya paternalisitik, demokratik atau partispatif ia tetap tidak kehilangan daya pikatnya.

5. Tipe militerisitik

Tipe kempimpinnaya yan militeristik jenis tipe ini bukan menggambarkan seperti pemimpin organisasi militer seorang pemimpin yang memliki tipe militerisitik adalah pemimpin yang umumnya memiliki sifat-sifat sebagai berikut :
a. dalam menggerakkan bawahan seringkali menggunakan perintah
b. dalam menggerakkan bawahan umumnya bergantung pada pangkat dan jabatannya
c. senang pada cara formalitas yang berlebihan
d. menuntut disiplin yang tinggi dan keras dari bawahan
e. biasanya sukar untuk dapat menerima kritik dari bawahannya
f. menyenangi upacar-upacar untuk beberbagai keperluan

6. Tipe laisess faire

Gaya kepemimpinannya adalah sebagai berikut
a. pendelegasian wewenang terjadi secara ekstensif
b. pengambilan keputusan diserahkan kepada para pejabat pemimpin yang lebih rendah dan kepada para petugas operasional, kecuali dalam hal-hal tertentu yang nyata-nyata menuntut keterlibatannya secara langsung
c. status quo organisasi tidak terganggu
d. penumbuhan dan pengembangan kemampuan berpikir dan bertindak yang inovatif dan kreatif diserahkan kepada angota organisasi berada pada tingkat maksimum.

sekarang anda tinggal tentukan mana yang cocok buat anda. anda ingin jadi pemimpin yang seperti apa?, semua terserah anda. pemimpin adalah ujung tombak dalam setiap organisasi khususnya untuk even turnamen bola voli maupun sepak bola. untuk pemimpin keluarga pasti lah beda kawan. tentunya kalian juga berharap biar menjadi pemimpin yang bijaksana.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "6 Tipe Kepemimpinan"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close