Cara Merawat Tubuh Agar Tetap Sehat

Sobat Volimaniak selain olahraga yang teratur yaitu melalui kegiatan olahraga yang kita sukai. kita juga harus tahu apa sih cara untuk merawat tubuh agar selalu prima. hal ini ditujukan untuk sebagian orang yang sering mengabaikan masalah kesehatan. tak lepas dari itu semua bagi yang sudah berusaha menjaga kesehatan dan belum tahu secara detail, mungkin di postingan kali ini bisa membantu dan bisa dipraktekkan agar selalu dalam kondisi sehat. karena sehat merupakan dambaan setiap orang. dari sekian banyak orang kalau ditanya memilih sakit atau sehat pastilah jawabannya dah jelas ingin selalu sehat walaupun dengan kesibukan yang padat. olahraga ringan dalam waktu senggang juga bisa meningkakan daya tahan tubuh terutama pada cuaca yang tidak menentu.

Untuk lebih Jelasnya bisa anda simak berikut ini :

Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar
a. Istirahat yang cukup setiap harinya, merupakan salah satu faktor untuk menjaga daya tahan tubuh anda.
Didalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang tenang juga. Maka usahakan selalu berpikiran positif terhadap segala masalah yang menerpa kita.
b. Setiap pagi, usahakan selalu melakukan olahraga secara teratur. Ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu bugar dan sehat. 
c. Selalu memastikan bahwa makanan yang anda makan sudah higienis atau sudah di cuci dengan bersih atau dimasak dengan matang yang sempurna. 
d. Makanlah dengan porsi yang wajar jangan berlebihan. Di khawatirkan badan anda akan mengalami kegemukan dan riskan terkena penyakit yang terkait dengan kegemukan. 
e. Penuhi makanan yang berserat setiap harinya. Makanan yang berserat yaitu apel, wortel maupun kacang-kacangan. Fungsi makanan berserat ini yaitu menjaga tubuh dari serangan bakteri. 
f. Penuhi kebutuhan vitamin D. karena vitamin D ini berfungsi untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri. Vitamin D dapat ditemukan pada sinar matahari, telur, hati dan ikan.

Selain tips/ cara diatas mungkin anda juga bisa menjaga tubuh agar tetap sehat dengan tips berikut :

1. Konsumsi sayur-sayuran

Mengkonsumsi sayur-sayuran merupakan salah satu cara mempertahankan kesehatan tubuh. Apalagi, mengkonsumsi sayur-sayuran juga merupakan sebuah cara untuk menjalani diet yang sehat. Sayur-sayuran (khususnya yang berwarna hijau gelap) berperan sebagai protective food makanan pelindung karena mampu meningkatkan fungsi vitamin-vitamin esensial serta zat-zat gizi yang dapat menjaga tubuh dari berbagai penyakit.

2. Jalan kaki

Salah satu studi penelitian mengenai tulang ialah studi yang dilakukan oleh seorang anggota dari Unit Laboratorium Unigene bernama Dr. Warren Levy, Ph. D. Beliau, seperti yang dicantumkan dalam Medical News Today, mengatakan bahwa emphasistekanan yang jarang diperoleh kaki ketika berolah raga dapat meningkatkan kemungkinan kaki untuk mengalami cause offensekerapuhan. Sayangnya, epoch militant di Indonesia sedikit langsung memiliki pengaruh yang besar pada aktivitas kaki yang semakin berkurang. Sebagai salah satu contohnya ialah menurunnya tingkat penggunaan sepeda dibandingkan dengan penggunaan motor.

3. Sikat Gigi Teratur

Selain untuk merawat kecantikan, menggosok gigi teratur memang dapat menghindari gigi dari kerusakan. Namun, jarang yang mengetahui bahwa kerusakan gigi sebenarnya dapat menjadi indikator penyebab terjadinya penyakit jantung dan court feat.

Di Indonesia, adanya transisi epidemiologi yang dialami oleh masyarakat urban, yakni dari manutrisi yang kekurangan gizi menjadi malnutrisi yang kelebihan gizi (obesitas), prevalensi merebaknya pernyakit Jantung (Koroner) mengalami peningkatan. Selanjutnya, meningkatnya masyarakat yang tidak suka menggosok gigi hanya akan semakin mempersulit kondisi jantung di Indonesia.

4. Ikuti perkembangan kesehatan

Ada jauh lebih banyak informasi dari yang pernag dibayangkan ketika membaca Koran/majalah. Upaya preventif terhadap penyakit pun dapat dilakukan dengan lebih optimal jika selalu mengikuti perkembangan informasi kesehatan. Hal itu terjadi karena berbagai penelitian dan info kesehatan berkembang setiap saat seiring dengan majunya peradaban.

5. Mengatur porsi makan

Mengatur porsi pada makanan yang dimakan bukan berarti harus dengan cara memberlakukan pantangan-pantangan terhadap makanan tertentu. Akan jauh lebih baik jika kita memakan es krim porsi kecil dibandingkan dengan es krim porsi besar dengan rasa yang sama. Mengatur porsi makanan yang kita makan akan menjaga tubuh dari jumlah kalori yang berbahaya.

6. Istirahat yang cukup

Fisiologi tubuh memiliki keterbatasan ketika bekerja. Menghindari tubuh dari kelelahan dapat mengefektifkan kerja organ tubuh di masa-masa kerja berikutnya. Tubuh yang terlalu diforsir untuk bekerja selanjutnya hanya akan membuat fisiologinya terganggu hingga pada akhirnya hanya akan menyebabkan kerusakan pada organ-organ tertentu. Kerusakan organ tersebut selanjutnya hanya akan menjadikan kesehatan tubuh berkembang ke arah yang fatal.

7. Cuci tangan

Kontaminasi bahan-bahan berbahaya dan beracun banyak ditemukan di tangan manusia karena manusia selalu menjalankan aktivitasnya disertai dengan aktivitas tangan. Saking banyaknya digunakan, tangan manusia selalu dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri-bakteri yang membahayakan tubuh. Cuci tangan secara teratur setiap kali akan makan dengan menggunakan sabun setidaknya akan mengurangi jumlah bakteri dan zat-zat berbahaya yang akan masuk ke dalam tubuh.

8. Menjadi seorang sukarelawan dalam bakti sosial, dsb.

Sebuah studi dari Universitas Vanderbilt menyatakan bahwa bekerja sebagai tenaga sukarelawan memiliki pengaruh yang sangat baik terhadap kesehatan fisik dan mental. Dengan kata lain, dapat pula dikatakan bahwa orang yang terbiasa menjadi sukarelawan dalam suatu acara-acara sosial kemasyarakatan akan memiliki kondisi mental dan fisik yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak pernah.

9.Memanjakan diri

Poin ini barangkali terdengar seperti cukup hedonis. Namun, makna sesungguhnya yang dimaksud dari poin ini ialah bahwa memanjakan diri sama pentingnya dengan berbuat baik dengan orang lain. Tidak baik jika pada akhirnya fokus utama ita hanya diperuntukan demi kebaikan orang lain meskipun hal tersebut terdengar lebih mulia. memanjakan diri dalam menjaga tubuh agar tetap sehat biasanya dapat dilakukan seperti misalnya dengan melakukan perawatan herbal, kulit, dan lain sebagainya. Perawatan lainnya yang jauh lebih ekonomis misalnya seperti selalu mencuci wajah dengan menggunakan pembersih, tidur secukupnya, mandi susu, dan lain sebagainya.

10.  Selalu hidup bersih

Upaya terakhir yang dapat dilakukan ialah dengan selalu menjaga kebersihan, baik kebersihan diri dan lingkungan. Namun, hal lain yang saya tambahkan di sini ialah mengenai kebersihan hati. Kebersihan diri dan lingkungan selain dapat menghindari diri dari kuman pathogen dan zat-zat berbahaya, sebenarnya juga dapat membantu perjalanan mental manusia ke arah yang positif.  Hal itu sama mekanismenya dengan kebersihan hati. Dengan selalu membiasakan diri berbuat hal-hal baik dan menyenangkan, psikologi manusia akan berkembang ke arah yang lebih baik sehingga dapat membantu manusia untuk bertahan di setiap perjalanan kehidupan.

Itulah sedikit tips untuk menjaga tubuh anda tetap sehat agar semua aktifitas yang dijalankan bisa terus berjalan dengan lancar. semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.