Cara Melatih Power Smash bola voli

Cara Melatih Power Smash bola voli ~ Sobat volimaniak. sudah lama saya tidak posting lagi ke topik permainan bola voli..tetapi untuk kali ini saya akan sedikit menguraikan dan memberikan wawasan kepada anda semua tentang Cara melatih power smash bola voli . dari sekian banyak pemain bola voli pasti memiliki trik khusus dan mempunyai prinsip-prinsip khusus dalam melatih dari tiap aspek ketrampilan bola voli, dari pasing, smash dan servis. dari berbagai tehnik dasar itu banyak orang melihat orang bisa bermain bola voli dengan baik dan kelihatan menarik adalah dilihat dari sisi smashnya.

Smash merupakan hal yang sangat penting khususnya dalam pola penyerangan yang bertujuan untuk mematahkan serangan lawan atau menghasilkan poin. dengan berbagai strategi dan latihan tentunya anda semua juga akan bisa melakukannya dengan baik. dan semua itu juga tidak lepas dari faktor internal dan bakat anda. setelah ada bakat dan niat yang keras untuk berlatih dengan proporsi latihan yang benar anda akan dengan cepat untuk menguasai tehnik smash yang baik dan keras.

http://volimaniak.blogspot.com/dari berbagai uraian yang saya ungkapkan diatas, banyak orang memimpikan untuk bisa semash yang keras dan tajam.. sebenarnya sudah pada tahu gak sih faktor apa saja yang bisa menghasilkan smash yang keras... salah satu faktor utama dalam smash adalah jumping atau biasa dikenal dengan lompatan. dengan lompatan yang tinggi anda akan lebih leluasa menguasai bola dan mengarahkan bola ke ruang kosong dan tentunya akan menghasilkan nilai.

smash bisa dilatih dengan beberapa tahap. perlu diperhatikan sebelum anda menguasai smash yang baik anda harus punya inisaitif dan menganalisis gerakan anda. atau penentuan pada saat kapan anda harus jumping dan kapan anda harus memukul.. dan ini biasa disebut dengan timing. dengan timing yang tepat anda akan lebih memaksimalkan power anda. sebenarnya dalam smash tidak hanya berasal dari kekuatan tangan saja melainkan juga power dari pinggang anda dan seberapa jauh atau tinggi lompatan anda.

sebelum anda melakukan larihan alangkah baiknya anda mengetahui kemampun atau kondisi fisik anda. anda bisa lihat cara mengukur kesegaran jasmani. berikut ini akan saya uraikan cara-cara melatih power yang bisa anda pelajari dengan alat yang minimalis dan seadanya. tidak harus dengan alat yang mahal juga. semua bisa dilakukan sesuai dengan keinginan anda dan dimana saja...langsung saja ya :

a. Melatih power lengan


latihan yang bisa diterapkan dalam latihan ini adalah dengan melakukan serangkaian latihan untuk bisa meningkatkan power anda diantaranya adalah :
  1. push up rutin 30-50 kali tiap hari bahka bisa anda tingkatkan lagi kalau kemampuan anda sudah meningkat
  2. latihan beban depergelangan dengan beban ringan.. anda bisa memakai barbel atau alat seadanya dengan beban 1kg atau bisa lebih. latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kelenturan pada pergelangan tangan anda. dan tentuya untuk meningkatkan foles anda. atau memukul bola dengan top spin. ini menjadi alternatif tersendiri ketika anda menjumpai umpan2 yang jauh dan mungkin bisa dari sektor 3 meter atau 4 meter. dengan penguasaan foles yang baik anda akan bisa menghasilkan pukulan melambung ke bawah
b. Melatih power bahu


salah satu faktor utama adalah terletak pada bahu yaitu yang merupakan poros utama dalam smash..karena semakin keras ayunan anda akan semakin menghasilkan smash yang maksimal. adapaun latihan yang bisa dilakukan adalah :
  • anda bisa menggunakan barbel dan mengayunkannya memutar searah jam dan bisa juga kebalikannya . hal ini bertujuan untuk melenturkan rotasi bahu anda saat memukul agar tidak terhalang.
  • selain barbel anda bisa juga menggunakan alat sederhana dari botol aqua yang kosong bisa dari yang kecil ukuran 200ml atau 1L dan ujungnya diikat dengan tali terserah. prinsip latihannya juga bisa anda lakukan seperti cara diatas.
  • berjalan dengan tangan. latihan ini bisa anda lakukan dengan berpasangan. caranya suruh teman anda memegang kaki anda dan anda bisa berjalan merangkak dengan tangan agar kekuatan pada pergelangan, telapak tangan dan bahu meningkat
c. Melatih timing / waktu memukul bola

latihan ini sering kali dilupakan oleh pemain. padahal latihan ini adalah latihan yang penting juga.. alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan menggantung bola diatas bisa diikat pake tali apapun dan anda bisa mulai latihan dengan memukul bola dengan jumping agar perkenaan bola bisa maksimal. dan jangan lupa pahami setiap perkenaan bola agar nantinya kalian bisa mengarahkan bola untuk menghindari blok.

UNTUK LEBIH JELASNYA SILAHKAN ANDA BISA MENONTON CONTOH SMASH KERAS DIBAWAH INI;

TEKNIK MELATIH SMASH KERAS BOLA VOLI

itulah sedikit metode latihan cara melatih power smash bola voli yang bisa diterapkan menurut admin. mungkin anda punya kreasi dan cara latihan sendiri bisa anda terapkan.. dari latihan itu jika anda terapkan dengan baik, dengan sendirinya kekuatan serta kelenturan anda akan bisa maksimal. perlu diingat untuk bermain bola voli yang baik tidak lepas dari beberapa aspek kondisi fisik dan sudah saya bahas dipostingan sebelumnya jika anda belum tahu silahkan baca komponen kondisi fisik bagi pemain bola voli. terimakasih semoga bermanfaat.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: