Fungsi Manajemen Olahraga

Sobat volimaniak kemarin saya sudah berbicara untuk pengertian manajemen untuk kali ini saya akan sedikit berbagi dengan apa tohs sebenarnya fungsi manajemen itu. Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer olahraga dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. fungsi manajemen pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis perancis bernama Henry Fayol pada awal abad ke -20. ketika itu, ia menyebutkan lima fungsi manajemen adalah merancang, mengorganisir, memerintah, mengkoordinasi, dan mengendalikan. namun saat ini kelima fungsi tersebut telah diringkas menjadi tiga, yaitu :

1. Perencanaan ( planning )
memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan organisasi secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana
yang dipilih cocok dan dapat di gunakan untuk memenuhi tujuan organisasi. perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.

Menurut T. Hani handoko bahwa pengertian perencanaan merupakan serangkaian proses pemilihan atau penetapan tujuan organisasi dan penentuan berbagai strategi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Lebih lanjut dikemukakan 4 tahap yang harus dilalui dalam proses perencanaan yaitu ;

1) Menetapkan serangkaian tujuan. perencanaan dimulai dengan keputusan tentang keinginan kebutuhan organisasi atau kelompok kerja.
2) merumuskan keadaan saat ini, dengan menganilisis keadaan sekarang secara baik, maka dapa diperkirakan keadaan dimasa yang akan datang.
3) mengidentifikasi kemudahan dan hambatan. Dalam mengidentifikasi kemudahan dan hambatan dapat di pakai metode SWOT ( Strength, Weakness, Opportunity, and Treasts ) kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman dari organisasi perlu diidentifikasi untuk mengukur kemampuan organisasi dalam mencapai tujuan
4) mengembangkan rencana untuk pencapaian tujuan. Tahap terakhir dari proses perencanaan perlu berbagai penilain alternatif dan pengambilan keputusan untuk menentukan pilihan yang terbaik di antara berbagai alternatif yang ada.

Manfaat perencanaan adalah :
a. dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan
b. dapan menjamin tercapainya tujuan organisasi
c. dapat mengurangi resiko yang mungkin terjadi dimasa yang akan datang
d. mudah dalam pengawasan

2. Pengorganisasian (organizing )
Dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengoranisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannnya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil. 

Fungi pengorganisasian meliputi;
a. perumusan tuuan secara jelas
b. pembagian tugas pekerjaan
c. mendelegasikan wewenang
d. mengandung mekanisme koordinasi.

3. Pengarahan ( Directing )
Pengarahan merupakan aktivitas dalam menajemen yang berhubungan dengan pemberian bimbingan, saran-saran, motivasi, penugasan, perintah-perintah, atau instruksi kepada bawahan untuk melaksanakn pekerjaa-pekerjaan dalam mencapai tujuan yang ditentukan.

Dalam hal ini menunjukkan bagaimana para pemimpin mengarhkan tugas tertentu dengan menciptakan suasana yang tepat mereka membantu bawahannya bekerja sebaik mungkin.

4. Penyusunan Personalia ( Staffing )
Peyusunan personalia merupakan aktifiras kepegawaian yang ditujukan untuk memperoleh tenaga kerja yang cakap dalam jumlah yang tepat. Fungsi staffing berkenaan dengan penarikan, pelatihan, dan pengembangan serta penempatan dan pemberian orientasi pada karyawan dalam lingkungan kerjanya.

5. Pengawasan ( Controlling )

Agar organisasi bergerak ke arah tujuan yang diharapkan, maka diperlukan pengendalian secara periodik dan terus menerus oleh seorang pemimpin.

Pengendalian merupakan serangkaian pengawasan agar pekerjaan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. 
ada beberapa langkah dalam proses pengendalian yaitu :
1) menetapkan standar dan metode untuk mengukur prestasi
2) mengukur prestasi kerja
3) membandingkan apakah prestasi kerja sudah sesuai dengan standar yang telah ditentukan
4) pengambilan tindakan koreksi atau perbaikan

nah gimana sekarang dah tahu kan fungsi manajemen itu apa. karena pada dasarnya dalam pengembangan suatu klub olahraga atau pun perusahan bahkan sekolahan membutuhkan manajemen yang baik. berhasil atau tidaknya suatu tujuan sangat dipengaruhi oleh cara manajemen yang baik. klub olahraga sudah menerpkan proses manajemen dan pembagian tugas sehingga sekarang banyak klub-klub olahraga nasional bahkan internasiaonal yang sudah berkembang pesat. cukup sekian dulu ya sudah capek nih tangannya. hehehehehe...

Semoga Bermanfaat Sobat...

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Fungsi Manajemen Olahraga"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close