Strategi Mengantisipasi Dalam Bola Voli

Volimaniak. Skill dari keterampilan antisipasi voli dikatakan berhasil jika anda berhasil mengantisipasi startegi permainan lawan,dan mengantisipasi arah datangnya bola , saya yakin Anda mendengar seorang pelatih berkata , " Positioning atau posisi adalah segalanya " .

Dan kita semua tahu betapa pentingnya adalah dengan menggunakan tehnik yang baik untuk masuk posisi .

Apakah penting untuk mengantisipasi dalam bola voli ?

ketika kemampuan Anda dalam mengantisipasi membaik, permainan bola voli menjadi jauh lebih menyenangkan dan menarik .

Apa artinya untuk mengantisipasi ?

Dalam permainan bola voli , jika Anda memiliki kemampuan untuk mengantisipasi secara efektif , Anda pada dasarnya memiliki kemampuan untuk memprediksi apa yang akan terjadi lebih awal dari sebagian besar pemain .Misalnya, libero yang tampaknya selalu berada di tempat yang tepat untuk menggali adalah pemain yang membaca pemukul yang sangat baik . Pemain defensif yang sangat terampil ini akan tahu di mana bola akan terkena jauh lebih awal daripada kebanyakan pemain lain .

Menonton bagaimana pendekatan pemukul dan perkenaan bola sangat dibantu dengan antisipasi . Misalnya, bek besar akan tahu di mana bola kemungkinan untuk pergi bahkan sebelum smasher memukul bola . 

Strategi Mengantisipasi Dalam Bola Voli


http://volimaniak.blogspot.com/

Pertahanan yang paling besar adalah Keterampilan antisipasi bermain bola voli juga berpengaruh besar untuk mengetahui  bola kemungkinan akan diarahkan kemana.


mungkin banyak pemain yang hanya sekedar bermain tanpa mengantisipasi arah datangnya bola baik dari servis maupun bola yang datang dari pantulan blocking atau dari smasher yang akan melakukan tipuan,,,sebaiknya semua pemain harus siap siaga dalam posisi masing-masing. dan ini juga tidak lepas dari pengetahuan dalam posisi ketika bermain bola voli.

Antisipasi keterampilan dapat dikembangkan di semua posisi .Sangat penting untuk menyadari keterampilan antisipasi bukan hanya untuk bermain pertahanan dan sekedar bermain saja

Seorang setter/toser perlu mengantisipasi bola yang datang dari pemain belakang atau pasing


Tidak semua pasing akan baik dalam menuju ke set upper untuk menjadi umpan , sehingga lebih baik setter adalah mengantisipasi arah datangnya bola, sehingga tosser akan lebih mudah menjangkau bola yang kemudian dijadikan umpan untuk dismash
.

Seorang Smasher atau pemukul perlu mengantisipasi arah bola yang diumpankan oleh pengumpan atau setter/set upper .


http://volimaniak.blogspot.com/
Ini mungkin adalah keterampilan antisipasi yang paling kurang dimanfaatkan dalam bola voli muda karena banyak pelatih lebih menekankan di mana bola harus ditetapkan dan menyalahkan setter untuk mengatur bola yang kurang enak diumpankan dari pasing .

Untuk meningkatkan keterampilan antisipasi , pemukul perlu menyadari dan membaca arah bola yang diumpankan dari toser atau bahkan kondisi bola yang tidak memungkinkan untuk dijadikan umpan smash .
Berlatih membaca setter , memprediksi dimana bola akan diatur .

Seorang yang pasing  harus mengantisipasi bola yang datang dari servis


Kebanyakan seorang servis memiliki kemampuan yang berbeda dan mampu mengarahkan bola ke area lapangan yang dikehendaki dan melihat kondisi pemain yang sedang down atau kurang begitu menguasai pasing. sehingga seorang pasing harus selalu siap dalam kondisi jongkok untuk mengantisipasi segala kemungkinan bola yang datang dari servis/server.ketika anda berhasil mengantisipasi arah datangnya bola anda akan dengan lebih leluasa mengarahkan bola ke toser untuk dijadikan umpan smash.

Antisipasi Lengan dari seorang smash atau toser


Sebagai contoh, jika bola dihubungi kembali di belakang kepala , seorang smasher belakang kemungkinan akan naik dan memukul bola, hal ini bisa dikatikan variasi smash .Jika umpan tidak baik dan kita melihat tangan dari seorang smasher turun lengannya kemungkinan besar pola akan dipukul pelan bahkan menjadikan tipuan untuk menipu lawan.

Momentum adalah dalam segala hal , jadi jika tim Anda telah melakukan latihan tanpa penekanan pada antisipasi , jangan heran bahwa mereka tidak bisa hanya " menyalahkannya " ketika saatnya untuk bermain .
Berikut ini adalah 3 cara untuk menjalankan latihan voli yang menjaga pemain dari belajar untuk mengantisipasi .

Ini adalah daftar dari apa yang tidak harus dilakukan!

http://volimaniak.blogspot.com/

Melakukan keterampilan antisipasi bola jelek.


Jika setter Anda tidak mengantisipasi dengan baik , maka mereka tidak akan bisa mengumpan dengan baik, bahkan ketika bola dari seorang pasing tidak sampai ke toser. dari masalah itu setter/toser akan berpikir mereka tidak perlu masuk ke dalam posisi untuk mengatur karena sa mengarahkan bola ke posisi toser.

Ini adalah sebuah kesalahan . Anda harus selalu siap untuk bergerak dan mengantisipasi di mana bola akan datang  ( bahkan jika anda mengira bola langsung datang kepada Anda ) . Mengharapkan bola datang langsung ke Anda adalah kebalikan dari antisipasi ( pada kenyataannya Anda harus selalu mengantisipasi ) .

Melakukan latihan di mana pemain tidak harus mengantisipasi di mana bola akan datang.


Jika Anda memiliki pemain bekerja pada lewat servis pendek dan Anda memberitahu pemain bahwa bola akan disajikan singkat , maka Anda tidak bekerja pada antisipasi .

Untuk bekerja pada antisipasi untuk melayani menerima , setelah server mengumpan bola baik pendek atau jauhke smasher dimungkinkan bola menjadi umpan yang sempurna bahkan menjadi umpan yang gagal..sehingga inilah sebabnya anda harus selalu siaga atau antisipasi segala kemungkinan. .

Yakinkan smasher Anda bahwa bola harus diatur sempurna untuk mendapatkan poin


anda tidak akan pernah mengira seorang smasher yang baik akan bisa mengarahkan bola kemana saja dan memukul bola ketika umpan tidak sempurna. Faktanya adalah , seorang smash terbaik bisa memukul apa saja . Jangan pemukul yang terus-menerus mengeluh tentang set. Belajarlah untuk mengantisipasi setter Anda dan menyesuaikan pendekatan Anda jika diperlukan ( Pada kenyataannya , Anda harus menyesuaikan diri dengan setiap set karena bola tidak pernah pergi persis di mana Anda berharap untuk memukul ) .

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Strategi Mengantisipasi Dalam Bola Voli"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.