Penyebab Cedera Olahraga

Penyebab Cedera Olahraga. ketika kita melakukan aktifitas olahraga pasti kita tidak akan bisa menghindari dengan cedera. cedera bisa terjadi kapan pun dan dimanapun. khususnya ketika anda melakukan aktifitas olahraga berat,resiko yang disebabkan pun juga semakin berat. cedera bisa di antisipasi dengan berbagai ketentuan bahkan bisa di minimalisir sedini mungkin. penyebab cedera
ada beberapa macam dan akan saya bahas sebentar lagi. selalu update dan kunjungi Volimaniak untuk info menarik lainnya.

Beberapa faktor penting yang ada perlu diperhatikan sebagai penyebab cedara olahraga.

1. Faktor olahragawan/olagragawati

a. Umur

Faktor umur sangat menentukan karena mempengaruhi kekuatan serta kekenyalan jaringan. Misalnya pada umur 30-40 tahun raluman kekuatan otot akan relative menurun. Elastisitas tendon dan ligament menurun pada usia 30 tahun. Kegiatan-kegiatan fisik mencapai puncaknya pada usia 20-40 tahun.

b. Faktor pribadi

Kematangan (motoritas) seorang olahraga akan lebih mudah dan lebih sering mengalami cedera dibandingkan dengan olahragawan yang sudah berpengalaman.

c. Pengalaman

Bagi atlit yang baru terjun akan lebih mudah terkena cedera dibandingkan dengan olahragawan atau atlit yang sudah berpengalaman.

d. Tingkat latihan

Betapa penting peran latihan yaitu pemberian awal dasar latihan fisik untuk menghindari terjadinya cedera, namun sebaliknya latihan yang terlalu berlebihan bias mengakibatkan cedera karena “over use”.

e. Teknik

Perlu diciptakan teknik yang benar untuk menghindari cedera. Dalam melakukan teknik yang salah maka akan menyebabkan cedera.

f. Kemampuan awal (warming up)

Kecenderungan tinggi apabila tidak dilakukan dengan pemanasan, sehingga terhindar dari cedera yang tidak di inginkan. Misalnya : terjadi sprain, strain ataupun rupture tendon dan lain-lain.

g. Recovery period

Memberi waktu istirahat pada organ-organ tubuh termasuk sistem musculoskeletal setelah dipergunakan untuk bermain perlu untuk recovery (pulih awal) dimana kondisi organ-organ itu menjadi prima lagi, dengan demikaian kemungkinan terjadinya cedera bisa dihindari.

h. Kondisi tubuh yang “fit”

Kondisi yang kurang sehat sebaiknya jangan dipaksakan untuk berolahrag, karena kondisi semua jaringan dipengaruhi sehingga mempercepat atau mempermudah terjadinya cedera.

i. Keseimbangan Nutrisi

Keseimbangan nutrisi baik berupa kalori, cairan, vitamin yang cukup untuk kebutuhan tubuh yang sehat.

j. Hal-hal yang umum

Tidur untuk istirahat yang cukup, hindari minuman beralkohol, rokok dan yang lain.

2. Peralatan dan Fasilitas

Peralatan : bila kurang atau tidak memadai, design yang jelek dan kurang baik akan mudah terjadinya cedera.

Fasilitas : kemungkinan alat-alat proteksi badan, jenis olahraga yang bersifat body contack, serta jenis olahraga yang khusus.

3. Faktor karakter dari pada olahraga tersebut

Masing-masing cabang olahraga mempunyai tujuan tertentu. Missal olahraga permainan bola voli, cidera yang biasanya terjadi adalah cidera bahu, engkel dan setiap olahraga mempunyai identifikasi cidera masing-masing. maka dari itu pengetahuan sejak dini harus anda ketahui untuk penanganan cedera sesuai dengan ringan atau beratnya dan pada tiap jenis olahraga
cukup sekian dulu ya...tangannya sudah capek nulis.mohon maaf bila ada tulisan yang kurang benar ejaannya..saya cuma manusia biasa...

Pengertian cidera bisa anda lihat disini
Jenis cedera bisa anda lihat disini

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

1 Response to "Penyebab Cedera Olahraga"

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close