Pengertian dan Faktor yang Menentukan Kekuatan Pukulan Smash

Volimaniak: Pengertian dan Faktor yang Menentukan Kekuatan Pukulan Smash. Kejuaraan voli tingkat provinsi akan segera digelar di kota Surabaya, tanggal 15 sampai 20 Juni bulan depan. Pada tanggal sebelumnya juga sudah digelar pertandingan antar anak SMA/SMK untuk menyiapkan siswa terbaik di Jawa Timur pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional. Mengingat pertandingan voli yang semakin gencar diadakan untuk siswa, maka pelatihan bola voli sejak dini sangatlah penting guna membentuk kekuatan tangan terutama dalam melakukan smash. Diantara teknik lain seperti servis, pass bawah, pass atas, block, pertahanan dan smash, smash itu sendiri kedudukannya sangat penting karena smash merupakan penyerangan utama untuk memperoleh poin. Oleh karena itu, artikel ini akan mengupas tuntas tentang smash.
http://volimaniak.blogspot.com/

Pengertian Smash

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, smash adalah teknik menyerang yang dilakukan untuk mencetak nilai atau point. Dengan melakukan smash, sebuah regu akan bisa membobol pertahanan lawan dan juga menghentikan laju bola. Dikutip dari Mariyanto (2006) yang mengatakan dalam bukunya bahwa smash merupakan pukulan kuat yang terjadi karena tangan berkontak penuh dengan bola pada bagian atas sehingga bola meluncur dengan terjal dan berkecepatan tinggi yang dipengaruhi oleh lompatan yang semakin tinggi akan membuat bola semakin tajam menukik. Dari pengertian ini, sudah bisa diketahui bahwa smash membutuhkan fisik yang tinggi, kuat, gerakan yang cepat dan tentu saja teknik yang tepat.

Faktor yang Menentukan Kekuatan Pukulan Smash

Faktor-faktor yang sudah menjadi rahasia umum mengapa smash seseorang dan orang yang lain berbeda adalah tangan yang mempunyai daya yang kuat, tangan yang panjang dan juga teknik-teknik yang dikuasai. Bentuk tubuh yang tinggi dengan tangan yang panjang mempunyai keuntungan tersendiri yaitu ketinggian yang lebih dalam melompat dan daya lebih dalam memukul sehingga dapat mempermainkan bola ke area lawan. Dengan tangan yang lentur tetapi kuat, smash yang dilakukan akan menimbulkan daya kejut, sehingga lawan kelimpungan menerima serangan. Ditambah lagi teknik-teknik smash yang memperhatikan awalan, tolakan, pukulan dan pendaratan, maka smash tidak hanya mempunyai daya yang kuat tetapi juga tepat sasaran dan efisien.

Teknik-teknik Smash

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, teknik dalam smash harus memperhatikan awalan, tolakan, pukulan dan pendaratan. Tahapan awalan adalah ancang-ancang yang harus memperhatikan posisi kaki yang ditekuk dan siap dengan lengan yang diayun. Tolakan adalah tahap kaki melayang diudara untuk bersiap memukul dan pukulan dilakukan saat smasher berada di posisi yang paling tinggi dan mendarat dengan kedua kaki secara bersamaan.

Latihan Fisik yang dapat Meningkatkan Kekuatan Smash

Seorang pemain voli yang mempunyai tinggi badan yang cukup akan kalah dengan pemain yang memiliki fisik yang kuat. Oleh karena itu, gabungan antara tinggi badan dan keadaan fisik yang selalu prima merupakan faktor penting dalam memenangkan pertandingan voli. Terdapat latihan-latihan khusus disamping latihan umum yang dilakukan seperti lari, senam dan banyak lagi. Latihan khusus yang bisa dilakukan untuk mengukuhkan kekuatan tangan dengan cara push-up, sit-up dan back-up. Sementara latihan yang dapat meningkatkan kegesitan dalam menangkap bola adalah lari, lompat tali, dan naik turun tangga. anda juga bisa melihat bagaimana latihan smash yang lebih spesifik disini :
Cara meningkatkan power smash bola voli

Dalam melakukan permainan bola voli, tentu kita tahu bahwa kerja sama tim sangatlah penting. Saling mengoper dan berorganisasi dalam lapangan akan menentukan kemenangan. Namun, posisi smasher dalam sebuah tim juga tidak kalah penting. Smasher inilah yang akan menjadi penyerang dan penentu tercetaknya suatu poin. Dalam melakukan smash, aspek yang paling penting adalah kelenturan tubuh, gerak yang cepat, daya ledak dan loncatan. Tidak hanya itu, kekuatan fisik, teknik yang tepat pastinya akan mengukuhkan arah bola yang menukik tajam dan membobol pertahan lawan.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Pengertian dan Faktor yang Menentukan Kekuatan Pukulan Smash"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close