Tips Agar Berhasil Melakukan Smash Dalam Olahraga Voli

Tips Agar Berhasil Melakukan Smash Dalam Olahraga Voli. Banyak Variasi dalam melakukan tindakan demi meningkatkan kemampuan smash. Sedikit tips buat sobat semua untuk melatih kemampuan smash yang baik demi mendapatkan keberhasilan...berikut tipsnya:


Pengenalan Olahraga Voli

Mendengar kata smash pasti erat hubungannya dengan olahraga seperti bulu tangkis, tenis atau volli. Ketiga olahraga tersebut memang memerlukan tehnik smash saat bermain. Namun, untuk kali ini akan membahas cara smash dalam olaraga volli. Bagi pemula yang belum mengerti tentang permainan ini, volli adalah olahraga yang didalamnya terdapat dua grup yang berlawanan. Sejatinya jumlah anggota dalam satu grup ialah enam orang. Akan tetapi banyak orang yang memainkan volli dengan jumlah anggota grup kurang atau bahkan lebih dari yang sudah ditentukan.

http://volimaniak.blogspot.com/Cara memainkan bola ini pun hampir sama dengan bulu tangkis atau tenis. Hal yang membedakan volli dengan kedua olahraga tersebut adalah smashnya menggunakan tangan, bukan dengan raket atau peralatan lainnya. Bola harus dilemparkan kearah grup lawan, dan apabila bola tersebut jatuh di area lawan, angka kemenangan akan ditambahkan pada Anda.

Cara Melalukan Smash Dalam Olahraga Voli


Secara umum, definisi smash adalah pukulan yang bertujuan memberikan perlawanan atau menyerang lawan untuk memperoleh kemenangan. Smash dalam volli menggunakan tangan kosong. Oleh karena itu, sebelum memainkan olahraga volli hendaknya melakukan pemanasan terlebih dahulu dan pastikan tangan tidak dalam keadaan sakit atau terluka. Smash tidak hanya berdasar pada kekuatan tangan saja, tetapi juga pada kekuatan kaki untuk mampu melompat dengan tinggi. Semakin tinggi lompatan, semakin besar peluang untuk membuat lawan tidak dapat menangkis bola.

Agar dapat melakukan smash dengan baik, pemain harus menguasai terlebih dahulu tehnik-teknik smash dalam bola volli. Berikut adalah cara melakukan smash yang benar dalam permainan volli:

1. Mengambil langkah awal
2. Bertolak atau bersiap untuk meloncat
3. Memukul bola saat tubuh Anda melayang di udara
4. Mendarat saat sudah berhasil memukul bola

Tips Agar Berhasil Melakukan Smash Dalam Olahraga Voli

Hampir semua orang bisa melakukan empat cara diatas untuk melakukan smash. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang gagal mengembalikan bola ke lawan. Bisa jadi bola tersebut meleset atau bahkan dapat ditangkis oleh lawan dengan mudah. Agar berhasil saat melakukan smash dalam olahraga volli, lakukan tips-tips dibawah ini:

v > Langkahkan kali lebar-lebar saat mengambil langkah awal
v > Saat tubuh sudah mendekati net, ayunkan kedua lengan ke belakang
v > Hentakkan kedua kaki secara bersusulan
v > Loncat dan pukul bola dan persiapkan lengan
v > Saat tubuh terayun kedepan, tegakkan punggung
v > Pukul bola saat lengan terjulur dan tangan terbuka untuk menerima bola
v > Longgarkan pergelangan tangan agar tidak cedera

Selain memerlukan tubuh dengan stamina yang kuat, smash dalam olahraga volli ini juga membutuhkan skill yang mumpuni agar dapat mencetak angka kemenangan. Bagi pemula, untuk dapat melakukan smash dengan baik Anda bisa mengikuti tips yang diberikan diatas. Perlu beberapa kali latihan agar dapat melakukan smash dengan baik saat hendak mengikuti pertandingan.

Langkah Meningkatkan Kualitas Smash Olahraga Voli


Berbeda dengan smash dalam olahraga tenis dan bulu tangkis, smash didalam volli memerlukan banyak loncatan yang menguras tenaga. Berikut adalah langkah-langkah untuk meningkatkan kualitas smash saat volli:
a. Berlatih skipping (lompat tali)
b. Melakukan senam agar tubuh lentur saat meloncat
c. Melatih kekuatan lengan dan tangan dengan olahraga
d. Berlatih kepada senior yang mahir melakukan smash dalam volli
e. Memperlajari tehnik-tehnik smash dalam bermain volli

Itulah sedikit tips Dari Volimaniak yang bisa saya bagikan kali ini.....semoga bermanfaat

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close