Teknik Renang Gaya Bebas / Crawl

Renang Gaya Bebas ~ Menyambung artikel saya Kemarin mengenai Perlengkapan renang. Tiba saatnya buat anda pecinta renang untuk mengetahui beberapa gaya dalam renang. secara umum macam-macam gaya renang dibagi menjadi beberapa bagian yaitu : 

a. Renang gaya bebas atau crawl
b. Renang gaya Dada atau katak
c. Renang Gaya Dolphin atau lumba-lumba
d. Renang Gaya Back Crawl atau punggung

Dari 4 gaya renang tersebut adalah kategori renang yang digunakan dalam even atau pertandingan renang,baik dari tingkat pelajar maupun umum, Untuk menyingkat waktu kali ini Volimaniak akan berbagi bagaimana melatih Renang Gaya Crawl. dari segi latihan saya membagi beberapa bagian yaitu :

http://volimaniak.blogspot.com/

Renang Gaya Bebas / Crawl


1. Latihan Gerakan kaki

Gerakkan kaki ke atas dan ke bawah secara bergantian (seperti orang yang sedang berjalan kaki), tetapi antara kaki dan paha dengan posisi lurus atau dengkul tidak boleh ditekuk. Gerakan ini dilakukan terus menerus. 

Perhatikan:
  1. Selama melakukan gerakan ini, kaki dan paha harus selalu dengan posisi lurus. Dengkul tidak boleh ditekuk. Jadi yang bergerak bukan lutut/kaki, melainkan pangkal paha/pinggul.
  2. Lakukan Latihan ini secara berulang-ulang untuk membiasakan pola gerak kaki yang benar. latihan ini bisa anda lakukan didarat dulu dengan posisi duduk, dilanjutkan posisi telungkup. setelah dirasa anda sudah merasa ringan dalam melakukan gerakan kaki, bisa dilanjut didalam kolam dengan cara berpegangan pada tepi kolam.
2. Latihan Gerakan tangan
  1. Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan agak berdekatan, tetapi tidak perlu menempel)
  2. Kemudian tarik tangan kiri ke bawah, terus ditarik sampai ke belakang.
  3. Kemudian angkat tangan kiri keluar dari permukaan air dan ayunkan tangan kiri tersebut sejauh mungkin ke depan (ketika tangan di atas permukaan air, siku tangan kiri agak ditekuk di dekat telinga. Kemudian diluruskan kembali dan diayunkan sejauh mungkin ke depan masuk ke permukaan air).
  4. Pada waktu tangan kiri diangkat keluar dari permukaan air, langsung gerakkan dan tarik tangan kanan ke bawah sampai ke belakang -sama dengan gerakan tangan kiri pada langkah b-.
  5. Kemudian angkat tangan kanan keluar dari permukaan air dan ayunkan tangan kanan tersebut sejauh mungkin ke depan (ketika tangan di atas permukaan air, siku tangan kanan agak ditekuk di dekat telinga. Kemudian diluruskan kembali dan diayunkan sejauh mungkin ke depan masuk ke permukaan air)-sama dengan gerakan tangan kiri pada langkah 3-.
Ulangi langkah 2 – 5 di atas

Jadi urutan gerakan tangan gaya bebas :
Posisi Awal Kedua tangan lurus ke depan
  1. tarik tangan kiri mengayuh ke bawah sampai ke belakang
  2. setelah tangan kiri selesai mengayuh sampai ke belakang, angkat tangan kiri tersebut ke atas permukaan air dan ayunkan tangan kiri sejauh mungkin ke depan
  3. tarik tangan kanan mengayuh ke bawah sampai ke belakang
  4. setelah tangan kanan selesai mengayuh sampai ke belakang, angkat tangan ke atas permukaan air dan ayunkan tangan kanan sejauh mungkin ke depanbegitu seterusnya
Perhatikan

Tangan kiri dan kanan bergerak secara bergantian. Ketika tangan kiri selesai mengayuh dan mulai diangkat keluar dari dalam air, tangan kanan langsung masuk ke dalam air dan mengayuh ke belakang dengan melewati depan dada sehingga gerak tangan anda efisien tidak menghabiskan tenaga, begitu seterusnya.

3. Gerakan kombinasi tangan, kaki & mengambil nafas

  1. Kaki terus bergerak seperti pada point 1 di atas.
  2. Pengambilan nafas dilakukan ketika tangan kiri sedang diayunkan ke depan untuk masuk kembali ke dalam air, sedangkan tangan kanan akan naik ke permukaan air. Pada saat itulah, gerakkan kepala ke kanan untuk ambil nafas.
  3. Begitu juga bila Anda lebih suka bernafas ke kiri, yaitu dilakukan ketika tangan kanan sedang diayunkan ke depan untuk masuk kembali ke dalam air dan tangan kiri akan naik ke permukaan air.
  4. Ketika mengambil nafas, kepala jangan diangkat ke atas, melainkan hanya menoleh ke samping kanan (atau boleh juga ke kiri ...pilih salah satu yang menurut Anda lebih nyaman)

Tips Belatih Renang Gaya Bebas / Crawl :

  1. Kaki terus bergerak (tidak boleh berhenti), walau ketika sedang mengambil nafas.
  2. Tangan kanan dan kiri bergerak terus secara bergantian (tanpa jeda /istirahat).
  3. Posisi telapak tangan agak menghadap ke luar ketika akan menyentuh permukaan air. Jadi seolah-olah ujung ibu jari tangan yang menyentuh permukaan air lebih dulu.
  4. Ketika kepala menoleh ke kanan (atau ke kiri) untuk mengambil nafas, kemudian langsung secepatnya gerakkan kembali kepala ke dalam air. Jangan menunggu gerakan tangan kanan (tangan kiri) selesai.
  5. Agar gaya bebas ini bisa lebih cepat dan gerakannya lebih stabil, pengambilan nafas dilakukan setelah 2 - 3 set gerakan tangan. Jadi jangan sekali gerakan tangan langsung mengambil nafas.
Demikianlah Langkah-langkah dalam berlatih renang gaya bebas atau crawl, buat anda penggemar renang jangan lupa updater terbaru dari volimaniak. semoga anda cepat bisa menguasai renang gaya crawl ini dengan latihan yang keras dan pantang menyerah. semoga bermanfaat. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

34 Responses to "Teknik Renang Gaya Bebas / Crawl"

  1. Jadi pengen belajar renang gaya bebas kang.....

    ReplyDelete
  2. wah, gaya ini sering saya lakukan mas,

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dong berbagai macam gaya saya coba lakukan biar puas renangnya

      Delete
    2. kalau gaya bebas ini merupakan gaya yang umum mas, orang gak belajar renang kalau di taruh kolam juga akan berenang bebas, walaupun ada yang tenggelam kalau gk tahu teniknya, wakakaka

      Delete
    3. wah mas marnes pinter renang juga nih

      Delete
  3. berenang salah satu hobinya saya mas, saya ikutan amankan mas :) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak perlu diamankan mas, kan udah ada pak hansip tuh :D

      Delete
    2. hem kalau mengamankan berarti cuma di atas kolam mas tidak ikut renang ya, wakakaka

      Delete
    3. hehe bukan hansip mas marnes, kalau hansip kan jaga pintu

      Delete
  4. Mas pur makasih iya udah ngasih tips renang, siapa tahu ini bisa membantu melancarkan belajar renang aku hehehe

    ReplyDelete
  5. gaya yang saya bisa dalam renang ya cuma gaya bebas ini mas, he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksdunya ga bebas. bebas pulang atau berenang. hehehehe

      Delete
    2. hem bebas gerak nih mas achmad, wakakaka

      Delete
  6. saya sudah sering banget loh nyoba berenang gaya bebas mas, tapi kok saya ga bisa-bisa, kayanya saya lebih cocok gaya batu deh mas, tiap masuk kolam selalu kelelep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakaka, nah itu gaya batu dah bisa mas, tinggal dikembangkan lagi ke renang gaya bebas, asal badan lurus bisa kok

      Delete
  7. udah lama banget saya gak pernah renang lagi mas, saking udah lamanya blom lama ini ikutan renang bareng anak-anak eh berasa pada pegel semua kaki saya. kalo gaya bebas ini saya kurang suka mas cepet pegel, saya lebih suka gaya dayung kalo renang mah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem memang gitu mas marnes, jika kita jarang maka akan gitu badan pegel dan mungkin nafasnya juga berkurang drastis

      Delete
  8. sayang nih, tempat praktek renangnya disini ga ada mas, cuma ada sungai aja, thanks nih tutorialnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem sungai juga bisa dibuat latihan renang gaya bebas lo mas danish

      Delete
  9. kenapa ya sampai saat ini saya g bisa brenang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena teknik yang digunakan salah mas, kalau mau diperbaiki pasti bisa renang

      Delete
  10. kayanya mudah, tapi kalau dipraktekin sulit bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas, perlu latihan dengan teknik yang tepat untuk bisa melakukan renang gaya bebas ini

      Delete
  11. dulu saya pernah belajar berbagai gaya dalam renang mas,termasuk gaya bebas.
    tp sampai sekarang kalau renang saya cuman bisa gaya botol
    jadinya nyemplung klepek klepek

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha mas yanto bisa aja, sekarang ada juga to renang gaya botol

      Delete
  12. harus sering latihan agar bisa menguasai gaya bebas dalam renang ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas, latihan yang teratur sangat penting sekali

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close