Teknik Renang Gaya Bebas / Crawl

Renang Gaya Bebas ~ Menyambung artikel saya Kemarin mengenai Perlengkapan renang. Tiba saatnya buat anda pecinta renang untuk mengetahui beberapa gaya dalam renang. secara umum macam-macam gaya renang dibagi menjadi beberapa bagian yaitu : 

a. Renang gaya bebas atau crawl
b. Renang gaya Dada atau katak
c. Renang Gaya Dolphin atau lumba-lumba
d. Renang Gaya Back Crawl atau punggung

Dari 4 gaya renang tersebut adalah kategori renang yang digunakan dalam even atau pertandingan renang,baik dari tingkat pelajar maupun umum, Untuk menyingkat waktu kali ini Volimaniak akan berbagi bagaimana melatih Renang Gaya Crawl. dari segi latihan saya membagi beberapa bagian yaitu :

http://volimaniak.blogspot.com/

Renang Gaya Bebas / Crawl


1. Latihan Gerakan kaki

Gerakkan kaki ke atas dan ke bawah secara bergantian (seperti orang yang sedang berjalan kaki), tetapi antara kaki dan paha dengan posisi lurus atau dengkul tidak boleh ditekuk. Gerakan ini dilakukan terus menerus. 

Perhatikan:
  1. Selama melakukan gerakan ini, kaki dan paha harus selalu dengan posisi lurus. Dengkul tidak boleh ditekuk. Jadi yang bergerak bukan lutut/kaki, melainkan pangkal paha/pinggul.
  2. Lakukan Latihan ini secara berulang-ulang untuk membiasakan pola gerak kaki yang benar. latihan ini bisa anda lakukan didarat dulu dengan posisi duduk, dilanjutkan posisi telungkup. setelah dirasa anda sudah merasa ringan dalam melakukan gerakan kaki, bisa dilanjut didalam kolam dengan cara berpegangan pada tepi kolam.
2. Latihan Gerakan tangan
  1. Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan agak berdekatan, tetapi tidak perlu menempel)
  2. Kemudian tarik tangan kiri ke bawah, terus ditarik sampai ke belakang.
  3. Kemudian angkat tangan kiri keluar dari permukaan air dan ayunkan tangan kiri tersebut sejauh mungkin ke depan (ketika tangan di atas permukaan air, siku tangan kiri agak ditekuk di dekat telinga. Kemudian diluruskan kembali dan diayunkan sejauh mungkin ke depan masuk ke permukaan air).
  4. Pada waktu tangan kiri diangkat keluar dari permukaan air, langsung gerakkan dan tarik tangan kanan ke bawah sampai ke belakang -sama dengan gerakan tangan kiri pada langkah b-.
  5. Kemudian angkat tangan kanan keluar dari permukaan air dan ayunkan tangan kanan tersebut sejauh mungkin ke depan (ketika tangan di atas permukaan air, siku tangan kanan agak ditekuk di dekat telinga. Kemudian diluruskan kembali dan diayunkan sejauh mungkin ke depan masuk ke permukaan air)-sama dengan gerakan tangan kiri pada langkah 3-.
Ulangi langkah 2 – 5 di atas

Jadi urutan gerakan tangan gaya bebas :
Posisi Awal Kedua tangan lurus ke depan
  1. tarik tangan kiri mengayuh ke bawah sampai ke belakang
  2. setelah tangan kiri selesai mengayuh sampai ke belakang, angkat tangan kiri tersebut ke atas permukaan air dan ayunkan tangan kiri sejauh mungkin ke depan
  3. tarik tangan kanan mengayuh ke bawah sampai ke belakang
  4. setelah tangan kanan selesai mengayuh sampai ke belakang, angkat tangan ke atas permukaan air dan ayunkan tangan kanan sejauh mungkin ke depanbegitu seterusnya
Perhatikan

Tangan kiri dan kanan bergerak secara bergantian. Ketika tangan kiri selesai mengayuh dan mulai diangkat keluar dari dalam air, tangan kanan langsung masuk ke dalam air dan mengayuh ke belakang dengan melewati depan dada sehingga gerak tangan anda efisien tidak menghabiskan tenaga, begitu seterusnya.

3. Gerakan kombinasi tangan, kaki & mengambil nafas

  1. Kaki terus bergerak seperti pada point 1 di atas.
  2. Pengambilan nafas dilakukan ketika tangan kiri sedang diayunkan ke depan untuk masuk kembali ke dalam air, sedangkan tangan kanan akan naik ke permukaan air. Pada saat itulah, gerakkan kepala ke kanan untuk ambil nafas.
  3. Begitu juga bila Anda lebih suka bernafas ke kiri, yaitu dilakukan ketika tangan kanan sedang diayunkan ke depan untuk masuk kembali ke dalam air dan tangan kiri akan naik ke permukaan air.
  4. Ketika mengambil nafas, kepala jangan diangkat ke atas, melainkan hanya menoleh ke samping kanan (atau boleh juga ke kiri ...pilih salah satu yang menurut Anda lebih nyaman)

Tips Belatih Renang Gaya Bebas / Crawl :

  1. Kaki terus bergerak (tidak boleh berhenti), walau ketika sedang mengambil nafas.
  2. Tangan kanan dan kiri bergerak terus secara bergantian (tanpa jeda /istirahat).
  3. Posisi telapak tangan agak menghadap ke luar ketika akan menyentuh permukaan air. Jadi seolah-olah ujung ibu jari tangan yang menyentuh permukaan air lebih dulu.
  4. Ketika kepala menoleh ke kanan (atau ke kiri) untuk mengambil nafas, kemudian langsung secepatnya gerakkan kembali kepala ke dalam air. Jangan menunggu gerakan tangan kanan (tangan kiri) selesai.
  5. Agar gaya bebas ini bisa lebih cepat dan gerakannya lebih stabil, pengambilan nafas dilakukan setelah 2 - 3 set gerakan tangan. Jadi jangan sekali gerakan tangan langsung mengambil nafas.
Demikianlah Langkah-langkah dalam berlatih renang gaya bebas atau crawl, buat anda penggemar renang jangan lupa updater terbaru dari volimaniak. semoga anda cepat bisa menguasai renang gaya crawl ini dengan latihan yang keras dan pantang menyerah. semoga bermanfaat. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: