Cara Melatih Pasing Bawah Bola Voli

Cara Melatih Pasing Bawah Bola Voli ~ Salah satu ketrampilan dasar atau tehnik dasar permainan bola voli adalah pasing. Saya berkesimpulan Bahwa pasing merupakan hal yang paling terpenting dalam permainan bola voli selain dari tehnik dasar bola voli. kenapa pasing dikatakan tehnik yang paling penting dikarenakan dalam bermain bola voli tanpa adanya pasing yang bagus tidak akan terbentuk pola bermain bola voli. Coba anda pikir saja dari mana sumber datangnya bola ketika lawan anda sudah melakukan servis dan untuk melakukan penyerangan smash tanpa adanya pasing tidak akan bisa terlaksana. maka dari itu pasing merupakan hal pokok yang perlu anda kuasai sebelum menguasai tehnik voli yang lain. Jika anda belum tahu apa saja tehnik dasar permainan bola voli silahkan anda kunjungi dipostingan saya sebelumnya mengenai tehnik dasar permainan bola voli

Bermain bola voli akan menjadi indah jika anda benar-benar menguasai tehnik dasarnya, walaupun belum profesional tapi setidaknya pola permainan bola voli sudah bisa terlihat. nah, bagaimana cara melatih pasing bola voli agar bagus dan sempurna bisa sampai ke set upper atau pengumpan untuk menghasilkan smash, berikut dari volimaniak akan memberikan sedikit tips mengenai cara melatih pasing bawah bola voli. 

Secara Umum Passing bisa diartikan mengoperkan bola kepada teman sendiri dalam satu regu dengan suatu teknik tertentu, sebagai langkah awal untuk menyusun pola serangan kepada regu lawan. Dalam perkembanganya permainan bola voli membutuhkan passing yang akurat dan terampil agar didapatkan suatu kerjasama yang bagus untuk memenangkan suatu pertandingan. Nuril Ahmadi (2007:22) mendefinisikan passing sebagai upaya seorang pemain dengan menggunakan teknik tertentu untuk mengoperkan bola yang dimainkannya kepada teman seregunya untuk dimainkan di lapangan sendiri,

Berikut cara untuk melakukan pasing bawah untuk pemula : 
- berdiri tegak, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang
- pantulkan bola ke lantai
- pada saat bola melambung, lalu bola tersebut di-passing-kan dengan kedua tangan yang berkaitan
poros atau pusat gerakan berada pada kedua bahu
- lakukan Gerakan ini secara berulang-ulang di tempat dan dilanjutkan dengan gerakan meju mundur serta menyamping. selama pembelajaran teknik dasar permainan bola voli ini, coba amati dan rasakan perkenaan bola dengan tangan, dan tenaga yang disalurkan ke bola sehingga bola memantul dengan baik.

Sedangkan menurut M. Yunus (1992: 79) teknik pelaksanaan passing bawah adalah sebagai berikut :
a) Sikap permulaan :
Ambil sikap siap normal dalam permainan bolavoli, kedua lutut ditekuk dengan badan sedikit dibungkukan kedepan, berat badan menumpu pada telapak kaki bagian depan untuk mendapatkan suatu kesetimbangan labil agar dapat lebih mudah dan lebih cepat bergerak ke segala arah. Kedua tangan saling berpegangan dengan punggung tangan kanan diletakkan di atas telapak tangan kiri kemudian saling berpegangan.

b) Sikap saat perkenaan :
Ayunkan kedua lengan kearah bola, dengan sumbu gerak pada persendian bahu dan siku betul-betul dalam keadaan lurus. Perkenaan bola pada bagian prosimal dari lengan, di atas dari pergelangan tangan dan pada waktu lengan membentuk sudut sekitar 45 derajat dengan badan, lengan diayunkan dan diangkat hampir lurus.

c) Sikap akhir :
Setelah ayunan lengan mengenai bola, kaki belakang melangkah ke depan untuk mengambil posisi siap kembali dan ayunan lengan untuk passing bawah ke depan tidak melebihi sudut 90 derajat dengan bahu/badan.

http://volimaniak.blogspot.com/

A. Usahakan Posisi kedua tangan lurus dan sejajar
Yang perlu diperhatikan untuk berlatih pasing bawah adalah posisi kedua tangan harus lurus dan sejajar serta perkenaan bola tepat di lengan tengah tangan, serta ayunan kedua tangan pada saat pasing harus benar lurus dan gerakannya berasal dari pangkal lengan atau bahu. Usahakan kondisi tangan harus tetap lurus dan sejajar pada saat melakukan pasing walau dalam berbagai posisi bola yang tidak enak. karena ini merupakan menjadi bekal utama anda untuk bisa melakukan pasing bawah dengan bagus

B. Berlatih dengan menggunakan sarana lantai
Cara berlatih ini bisa dikatakan sangat efisien khususnya buat pemula yang ingin berlatih pasing yang belum bisa mengontrol bola dengan baik. 

C. Berlatih dengan menggunakan sarana tembok
Setelah anda sudah bisa mengontrol bola dengan baik silahkan anda melatih ketrampilan pasing anda menggunakan sarana tembok dengan cara memantulkan bola ke tembok dan memantulkannya kembali dengan gerakan pasing yang benar

D. Berlatih berpasangan dengan teman
Tahap berikutnya setelah anda benar-benar bisa menguasai bola silahkan anda melakukan dengan bantuan teman berpasangan dan berlatih secara kontinyu, dalam latihan bersama teman ini yang perlu anda lakukan adalah dengan variasai mengarahkan bola ke depan, belakang, samping maupun belakang. tujuan latihan ini agar anda terbiasa dan bisa bergerak aktif mengejar bola serta bisa mengembalikan bola walau dalam kondisi apapun.

E. Berlatih Dengan Variasi Smash
Tahap ini merupakan sudah dibilang anda sudah bisa pasing. latihan ini bisa anda lakukan dengan pasangan teman yang sudah menguasai tehnik dasar bola voli khususnya smash dan smash. cobalah anda pasing dengan teman anda dan hanya menerima bola kemudian memasingkannya kembali ke teman anda untuk bisa dismash, usahakan bola yang anda arahkan ke teman bolanya melambung dan bisa untuk smash. jika anda sudah bisa menerima smash dengan pasing bawah serta memberikan ke teman anda dalam posisi yang sama sudah saatnya anda untuk terjun ke lapangan untuk bermain bola voli.

Demikianlah yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini mengenai cara berlatih pasing bawah bola voli. dari uraian yang saya sampaikan mungkin masih banyak kekurangan, dilain kesempatan saya akan berusaha melengkapi. jika anda punya cara tersendiri silahkan bisa dishare dikotak komentar, semoga bisa bermanfaat dan terimakasih. 

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close