Dari Rumah yang Sehat Menjadikan Hidup Sehat


Banyak hal dalam memulai kebiasaan hidup sehat diantaranya dengan menjaga pola hidup yang sehat,gaya makan yang sehat dan juga lingkungan. Kesehatan merupakan hal yang paling terpenting dalam menjalani aktifitas sehari-hari. dengan kebiasaan pola hidup sehat akan sangat berperan aktif dalam mencegah berbagai penyakit yang akan datang, terutama yang timbul dari kebiasaan hidup tidak sehat.bukan kah mencegah lebih baik daripada mengobati. Berikut saya ingin berbagi kepada anda semua berkaitan perilaku hidup bersih dan sehat. beberapa faktor yang bisa menunjang kehidupan sehat antara lain:

I. RUMAH
Rumah merupakan tempat tinggal bagi suatu keluarga yang berfungsi sebagai tempat perlindungan untuk member keamanan, tempat istirahat, tempat menjalin hubungan antar anggota keluarga, tempat pengembangan anak, penyediaan makanan keluarga termasuk mandi, mencuci dan sebagainya. Oleh karena itu keberadaan rumah yang sehat, aman, serasi dan teratur sangat diperlukan agar fungsi dan kegunaan rumah dapat terpenuhi dengan baik. Pengertian rumah disini mencakup ruangan yang ada didalam rumah, halaman dan area di sekelilingnya.
1. Rumah Sehat
Rumah sehat merupakan rumah yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi penghuninya, sehingga mereka dapat hidup dan berkatifitas secara optimal. Ciri-ciri rumah sehat antara lain :
- lantai tidak tembus air dan bersih
- memiliki jendela dan lubang angin permanen
- halaman bersih dan rapi
- memiliki sarana air bersih, jamban, saluran limbah, tempat sampah
- memiliki pohon pelindung atau peneduh.

2. Perilaku Penghuni Rumah
Perilaku baik yang dilakukan penghuni di rumah agar rumah tersebut menjadi sehat sangat banyak, antara lain
- Menyapu lantai dan halaman rumah,
- Membersihkan kamar mandi dan jamban/WC.
- Menyapu lantai rumah agar bersih dari debu dan kotoran lain
- Menyapu halaman untuk membersihkan sampah agar tidak menjadi sumber penyakit dan kecelakaan
- Menguras dan menyikat kamar mandi agar bersih dan tidak menjadi tempat bertelur nyamuk
- Membuang sampah di tempat sampah yang tertutup agar tidak dapat dihinggapi lalat, kecoa, tikus maupun hewan lainnya sebagai pembawa penyakit.
- Membuka jendela diwaktu pagi sampai sore hari agar udara bersih dan segar masuk ke dalam rumah akan mengurangi terjadinya sakit pernapasan.
- Tidur dengan menggunakan kelambu dapat menghindari gigitan nyamuk sehungga dapat terhindar dari penyakit yang ditularkan oleh nyamuk
- Memasang kawat kasa nyamuk pada lubang angin atau ventilasi untuk mencegah masuknya nyamuk ke dalam rumah
- Menjemur kasur dapat membunuh kuman yang menempel di kasur dan mengusir atau mencegah bersarangnya kutu busuk
- Menyimpan makanan dan minuman ditempat tertutup dapat mencegah masuknya kotoran debu ke dalam makanan serta mencegah datangnya serangga seperti lalat dan kecoa serta tikus untuk hinggap atau makan-makanan yang disimpan
- Buang air besar dan kencing di jamban/WC akan mengurangi bau dan menghindari penularan penyakit diare atau mencret.
- Tidak merokok dalam rumah
- Dan lain-lain

Itulah sedikit pengetahuan mengenai rumah yang sehat menjadikan hidup sehat. dari uraian diatas dapar disimpulkan bahwa untuk memulai hidup sehat mulailah dari hal terkecil dan lingkungan kita. untuk itu kebiasaan menjaga lingkungan yang sehat akan menjadikan hidup kita sehat. kesehatan adalah yang utama.
terimakasih
Powered by Blogger.