Pengertian Organisasi Olahraga

Dalam bidang keolahragaan, maka organisasi yang dibentuk berkaitan dengan kegiatan yang bergerak di bidang olahraga. Organisasi olahraga mempunyai peranan yang sangat penting terhadap kegiatan olahraga. Organisasi sebagai wadah kegiatan olahraga dan menangani semua aktivitas olahraga dalam rangka mencapai prestasi yang maksimal. Organisasi olahraga berkembang sesuai dengan kebutuhan yang semakin lama semakin luas tujuannya. Suatu organisasi memerlukan aturan-aturan yang harus ditaati oleh semua anggota agar tujuan organisasi tersebut tercapai, maka timbul Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) agar tidak terjadi penyelewengan.

http://volimaniak.blogspot.com/
Dalam aktivitas organisasi, keuangan merupakan bagian penting untuk membiayai segala kegiatan dalam organisasi. Keuangan yang menggerakkan seluruh bagian organ, oleh karenanya maka setiap organisasi haruslah mempunyai keuangan. Hampir dapat dipastikan bahwa dalam anggaran dasar dan anggaran organisasi mengenal sumber keuangan berasal dari beberapa kemungkinan, antara lain: (1) iuran anggota, (2) bantuan dari pemerintah atau pihak ketiga, (3) sumbangan yang sah dan tidak mengikat, (4) usaha lain yang sah berdasarkan hukum yang berlaku (Soekardi, 2009: 16).

Dalam pasal 70 ayat (2) UUD RI Nomor 3 Tahun 2005 sumber pendanaan keolahragaan terdiri dari:

a. masyarakat melalui berbagai kegiatan berdasarkan ketentuan yang berlaku,
b. kerjasama yang saling menguntungkan,
c. bantuan luar negeri yang tidak mengikat,
d. hasil usaha industri olahraga; dan/ atau,
e. sumber lain yang sah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Keuangan ini harus dikelola dengan baik demi kelancaran dan tercapainya tujuan organisasi. Tanpa adanya suatu dana maka organ tersebut akan lumpuh dan tidak dapat beroperasi.

Dengan demikian tanpa adanya dukungan dana maka pembinaan tidak akan tercapai. Dukungan tersebut sangat erat kaitannya agar dapat diwujudkan program terpadu guna mendukung seluruh kegiatan olahraga sehingga prestasi yang maksimal akan dapat tercapai. Untuk pembinaan olahraga diperlukan pendanaan yang tidak sedikit oleh karena sistem pembinaan ini akan mencakup dan melibatkan seluruh sistem dan jajaran yang ada di Indonesia.  Untuk lebih detail dan memahami tentang organisasi olahraga diperlukan manajemen olahraga yang baik .

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close