Strategi Dan Taktik Bermain Bola Voli

Sobat volimaniak. Dalam permainan apapun diperlukan adanya strategi serta sistem latihan yang baik agar bisa memaksimalakan formasi permainan khususnya bermain bola voli. masih dengan topik yang sama yaitu permainan bola voli. saya ingin sedikit berbagi bagaimana menerpakan taktik serta strategi dalam bermain bola voli. dari berbagai taktik dan strategi bisa anda pelajari dipostingan saya sebelumnya. sebelum membahas strategi yang baik mari beralih dulu dalam memahami spesialisasi dari tiap team bola voli, sebenarnya dari pemahaman spesialisasi ini kita sudah menerapkan strategi permainan yang baik. dan disitulah kunci keberhasilan dalam permainan bola voli. 

http://volimaniak.blogspot.com/
Bola voli beberapa waktu yang lampau sebenarnya sudah menerapkan spesialisasi ini hanya saja spesialisasi hanya terbatas pada tosser/setter dan spiker. Spiker pada saat itu bertugas sesuai dengan posisi yang di tempati sesuai perputaran rotasi pada bolavoli sehingga seorang spiker dituntut untuk memiliki kemampuan untuk menyerang dengan berbagai variasi bola dan bertahan di semua daerah bertahan dibelakang. 

Sebenarnya pola seperti itu tidak buruk dilihat bahwa seorang pemain harus menguasai semua kemampuan Teknik Dan Strategi dalam bolavoli (semua variasi serangan dan bertahan), tetapi dengan peraturan yang berubah saat ini makan dibutuhkan penguasaan maksimal dari pemain dengan hanya menugaskan seorang pemain untuk menguasai satu jenis serangan (Open Spike/Ace Spiker, Quicker dll). 

Dengan adanya spesialisasi tersebut makan diharapkan permainan bolavoli bisa lebih menarik untuk ditonton dan tercipta suatu permainan yang sangat dinantikan oleh para penggemarnya Spesialisasi pemain bolavoli yang sering ditekuni saat ini diantaranya : 

A. Ace Spiker
adalah pemain yang yang bertugas untuk menyerang dengan bola-bola open(membuka) dan tinggi diatas net ( 4 – 7m diatas net ).

B. Quicker
adalah pemain dengan kemampuan special menyerang pada kecepatan dan ketepatan pukulan. Quicker menyerang dengan bola-bola cepat dan tidak tinggi (0 – 0,5m diatas net ). Biasanya seorang quicker adalah orang yang paling tinggi di tim tersebut karena bertugas sebagai center block juga.

C. All Round Spiker
Merupakan pemain yang memiliki kemampuan lebih lengkap dalam menyerang maupun bertahan, memiliki kemampuan tinggi mengolah bola semi ( tanggung ). Seorang all round biasanya menyerang diposisi 2 (kanan-depan) tetapi pemain ini menyerang diberbagai posisi.

D. Setter/Tosser
Seorang setter sering disebeut sebagai motor serangan karena sangat pentingnya peran setter dalam serangan. Seorang setter yang bertugas sebagai pengumpan dituntut memberikan umpan-umpan yang sangat tepat (bagus dan dapat mengecoh block) agar tercipta serangan yang bisa memberikan poin bagi tim.

E. Libero
Merupakan posisi pemain dengan spesialisasi kemampuan defence atau bertahan. Adanya seorang libero karena diharapkan pertahanan tim bisa lebih solid dan permainan bisa bertahan lebih lama (tidak mudah mati) dan membuat permainan lebih menarik. Seorang libero mempunyai peraturan khusus dan berbeda dari spesialisasi yang lain

Itulah sedikit tips yang mungkin bisa menambah pengetahuan anda dalam bermain bola voli yang baik. jangan lupa selalu update artikel dari volimaniak dengan memasukkan email pada menu samping, terimakasih semoga bermanfaat

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Strategi Dan Taktik Bermain Bola Voli"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close