Teknik Dasar Permainan Bulutangkis

Teknik Dasar Permainan Bulutangkis . Sobat, siapa sih yang gak kenal dengan permainan yang satu ini. Permainan bulu tangkis atau badminton ini banyak dimaenkan oleh berbagai kalangan baik anak kecil,muda maupun yang sudah tua. walaupun permainan yang satu ini tergolong permainan yang mahal. kenapa dikatakan mahal karena dilihat dari segi sarana dan prasarananya terutama untuk pembelian shutllechock nya. Hampir orang dewasa tiap satu set permainan menghabiskan beberapa buah dan harganya pun relatih mahal tergantung dengan kualiatasnya, ok kali Volimaniak akan sedikit berbagi masalah badminton ini khususnya Teknik dasar permainan bulu tangkis.

Teknik Dasar Permainan Bulutangkis


Untuk dapat bermain bulutangkis dengan baik terlebih dahulu kita harus memahami bagaimana cara bermain bulutangkis dan menguasai beberapa teknik dasar permainan bulutangkis. Keterampilan teknik dasar permainan bulutangkis secara umum di bagi beberapa bagian yaitu; servis,loop,dropshot,smash,neting. untuk lebih jelasnya silahkan pelajari penjelasan berikut :

teknik dasar bulutangkis

1. Cara memegang raket (Grip)

Cara memegang raket tidak begitu sukar karena raket bulutangkis relatif ringan. Teknik memegang raket yang dianggap baik adalah teknik memegang raket yang dapat digunakan untuk menerima atau mengembalikan kok dengan mudah.

2. Sikap Berdiri


a. Sikap berdiri pada saat melakukan servis ada dua, yaitu :

1) Servis forehand 

Servis forehand dilakukan dengan cara pemain berdiri di sudut depan garis tengah pada daerah servis kira-kira setengah meter di belakang garis servis pendek. Kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang, sementara berat badan bertumpu pada kaki belakang. Pada saat kok dipukul, berat badan pindahkan ke depan.

2) Servis backhand 

Servis backhand dilakukan dengan cara pemain berdiri di sudut depan garis tengah pada daerah servis kira-kira setengah meter di belakang garis pendek. Kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang, berat badan berada di tengah dan pada saat servis dilakukan berat badan pindahkan ke depan.

b. Sikap berdiri pada saat menerima servis, baik forehand maupun backhand :

1) Sikap berdiri untuk permainan tunggal adalah berdiri pada daerah servis kira-kira di tengah-tengah daerah servis dan satu meter di belakang garis servis pendek.

2) Sikap berdiri untuk permainan ganda adalah pemain lebih maju ke depan tetapi tidak melewati garis servis pendek. Kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Berat badan berada di kaki depan dengan posisi labil (kedua kaki agak jinjit). Pada saat servis dilakukan berat badan dipindahkan ke arah datangnya kok, mungkin ke depan atau belakang tergantung pada jenis servis.

c. Sikap berdiri pada saat rally

Sikap ini sangat bervariasi, tergantung pada posisi pemain, apakah ia melakukan serangan atau bertahan. Juga harus diperhatikan dari mana arah datangnya kok, apakah dari depan, belakang, di atas kepala, di samping atau di bawah. Sebagai patokan, sikap berdiri pemain tunggal dianjutkan untuk selalu berdiri di tengah-tengah lapangan dan kedua kaki tidak sejajar.

3. Gerak Kaki (Foot Work)

Gerak kaki atau kerja kaki adalah gerakan langkah-langkah yang mengatur badan untuk menempatkan posisi badan agar memudahkan pemain dalam melakukan gerakan memukul kok sesuai dengan posisinya.

4. Teknik Pukulan (Strokes)

a. Pukulan dengan ayunan raket dari bawah terdiri dari :

1) Servis

2) Under arm lob mengangkat kok tinggi

b. Pukulan mendatar atau menyamping, terdiri dari :

1) Lob/clear
2) Drive
3) Dropshot
4) Netting

c. Pukulan dari atas kepala, terdiri atas :

1) Overhead lob
2) Overhead smes
3) Chopped
4) Dropshot
5) Around the head
5. Servis, terdiri dari :

a. Servis panjang

Dilakukan dengan memukul kok dari bawah dan diarahkan ke belakang atas lapangan permainan lawan.

b. Servis pendek

Diarahkan pada bagian depan lapangan lawan dan biasanya dilakukan dalam permainan ganda, tetapi pemain tunggal pun banyak yang melakukan servis pendek, pemain berada dalam posisi menyerang.

c. Flick servis

Adalah cara servis yang dilakukan seperti servis pendek namun ketika hampir menyentuh kok secara tiba-tiba pergelangan tangan dilecutkan sehingga laju kok menjadi kencang dan melambung ke bagian belakang daerah servis lawan. Jenis servis ini sering dilakukan dalam perminan ganda.

6. Pukulan dari atas kepala :

a. Lob/clear
b. Pukulan melingkar kepala

7. Pukulan dari tengah atau samping

a. Drive
b. Netting

Itulah sedikit teknik dasar permainan bulu tangkis yang volimaniak bisa sampaikan untuk lebih detailnya cara melakukan dari tiap item teknik dasar bulutangkis akan saya jelaskan pada postingan saya berikutnya, untuk lebih mudah silahkan anda mengikuti terus tiap postingan dari volimaniak dengan email melalui menu di widget ini. terimakasih semoga bermanfaat

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: