Teknik Dasar Renang

Tehnik dasar renang. Renang merupakan olahraga yang banyak di gemari pada jaman sekarang ini. Olahraga ini memang bisa dikatakan sangat beresiko ketika belum bisa melakukannya dan mencoba di kolam yang dalam akan berakibat sangat fatal sekali jika tidak ada pengawasan dari orang lain atau pelatih. Mengenai pendidikan sekarang ini olahraga renang juga sudah dijadikan sebagai salah satu bagian dari mata pelajaran penjaskes yang wajib, walaupun belum mempunyai kolam sendiri, mereka rela menyewa dan mmbayar mahal. renang juga tergolong olahraga yang sedang-sedang saja dilihat dari segi biaya. biaya pertama jika kita sewa hanya itu saja selain itu sudah bebas berlatih dikolam.

Renang memiliki beberapa gaya, tetapi sebelum saya membicarakan masalah gaya itu alangkah baiknya anda mengetahui beberapa tehnik dasar renang yang perlu anda pelajari terlebih dahulu.Setelah anda mengetahuinya dan bisa mempraktekkannya akan membantu dan mempermudah kita dalam mempelajari sebuah gaya berenang. Renang memiliki 3 teknik dasar yang perlu anda ketahui yaitu Pernafasan, Meluncur dan Mengambang. Mari kita bahas satu per satu.

Pernafasan

Salah satu keberhasilan dalam berenang kita dapat mengatur nafas dengan baik. Pertama berdirilah dipinggir kolam dengan rendah dan wajah anda tetap dipermukaan air. Tarik nafas melalui mulut tahan beberapa saat dan kemudian masukkan kepala anda ke dalam air dan hembuskan nafas anda melalui hidung. Lakukan latihan ini secara perlahan sebanyak 10 sampai 15 kali setiap anda selesai melakukan gerakan atau latihan. Ulangi latihan tersebut sehingga menemukan irama anda sendiri.

Meluncur 

teknik dasar olahraga renangMeluncur merupakan gerakan tubuh secara horizontal dibawah permukaan air. Pertama-tama turunlah dalam kolam yang dangkal dan membelakangi dinding kolam. Tempelkan salah satu telapak kaki anda (kanan atau kiri) di dinding kolam dengan jari-jari kaki menghadap ke bawah sebagai tolakan untuk meluncur. Dorong badan melalui tolakan kaki tersebut dan meluncurlah sejauh mungkin dengan tangan sejajar di depan. Kepala diusahakan masuk dalam air sehingga kuping sejajar dengan lengan tangan. Lakungan gerakan ini sebanyak 10 sampai 15 kali untuk menemukan keseimbangan tubuh anda.

Mengambang/Mengapung


Mengambang atau mengapung merupakan gerakan tubuh melayang dibawah permukaan air dan kepala di atas permukaan air dengan dorongan tangan dan kaki sebagai penyeimbang. Mengambang atau mengapung ada 2 macam yaitu mengambang terlentang dan mengambang tegak lurus vertical.

Mengambang Terlentang


Mengambang terlentang dilakukan dengan cara tarik ke belakang sampai dngan kuping terendam dalam air. Regangkan kedua tangan bentuk siku-siku.pergelangan tangan tetap lurus dan rileks. Tekan telapak tangan bersamaan atau bergantian ke bawah agar tubuh tetap melayang dipermukaan air. Untuk gerakan kaki bentuk menyerupai huruf “V” dengan gerakan sama seperti gerakan tangan.

Mengambang Tegak Lurus Secara Vertikal

Mengambang tegak lurus secara vertical paling lazim digunakan yaitu gerakan tubuh dengan posisi tubuh tegak lurus dibawah permukaan air dan kepala tetap diatas permukaan air sebatas dagu, sedangkan untuk gerakan tangan dan kaki digerakan untuk keseimbangan agar tubuh tetap melayang dipermukaan air. Untuk gerakan tangan hampir sama dengan gerakan mengambang terlentang yaitu regangkan kedua tangan dengan membentuk siku-siku, pergelangan tetap lurus dan rileks. Kayuhkan tangan secara vertical bersamaan atau bergantian. Sedangkan untuk gerakan kaki beri jarak antara kedua kaki dan dorong menggunakan telapak kaki kebawah secara bergantian. Lakukan latihan ini di kolam yang sedikit dalam atau tepi kolam dengan besi pegaman sebagai pegangan. Latihan ini dapat menambah keseimbangan dan keberanian anda untuk tahap berikutnya.

Demikianlah beberapa tehnik dasar renang yang dapat Volimaniak uraikan. dilain kesempatan akan saya bahas secara detail bagaiman sistem latihannya dan juga gaya-gaya dalam renang beserta cara melatihnya.jika anda hendak berlatih alangkah baiknya ada pengawasan jika anda belum benar-benar yakin menguasainya.terimakasih,,selamat mencoba!!!!
Powered by Blogger.