Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa

Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa ~ Bulan ramadhan / puasa adalah bulan penuh berkah dan rahmat. Sebuah hari yang dirayakan oleh umat islam di seluruh dunia, tanpa terkecuali. Dalam ramadhan, diwajibkan berpuasa untuk yang sudah akil baligh.

Puasa tidak hanya sebatas menahan lapar dan haus dari terbit fajar sampai terbenam matahari, tapi lebih dari itu. Bulan puasa adalah bulan penuh rahmat yang sangat didambakan banyak orang dan penuh kemuliaan. Nah dengan bahasan itu untuk bisa selalu dalam keadaan sehat dalam bulan puasa anda perlu melakukan beberapa aktifitas yang bisa selalu menjaga tubuh dalam keadaan sehat dan bugar. agar puasa anda dapat berjalan dengan lancar di sela-sela aktifitas anda.

Puasa kita dapat berjalan lancar jika kondisi tubuh kita selalu dalam keadaan sehat. Sebenarnya kesehatan merupakan hal yang paling mutlak dan diperlukan seluruh manusia didunia. Memasuki bulan ramdhan ini semua umat muslim merayakannya dengan menjalankan puasa. Mengingat bulan-bulan sebelumnya kita tidak menjalankan puasa mungkin waktu serta makan kita teratur sehingga kondisi tubuh bisa prima.

nah bagaimanakah ketika masuk ke bulan puasa tentunya makan kita pun cuma 2 x yakni sahur dan buka saja dengan jam yang berbeda dari biasanya. mungkin sedikit dari kita akan merasa kaget dengan perbuhan itu tentunya tubuh kita akan mulai menyesuaikan dengan kondisi yang sekarang. mungkin ada yang MAG n yang lainnya.. tapi ini hanya sementara kok nanti juga akan terbiasa dengan kondisi puasa. 

http://www.volimaniak.com/

Berikut ini volimaniak akan memberikan beberapa tips menjaga kesehatan di bulan puasa. Tips ini kami ambil dari halaman Aarab News dan rasanya sangat patut untuk dishare kepada anda.


Buat Perencanaan Makanan


Selama bulan ramadhan, untuk menjaga kesehatan di bulan puasa buatlah perencanaan daftar makanan yang akan anda konsumsi sekeluarga secara rapi. Hal ini bertujuan agar anda tidak bingung menentukan menu makanan sahur dan berbuka setiap hari.sebaiknya periapkan makanan yang mudah dicerna oleh lambung ditujukan agar lambung lebih cepat mencernanya. dan juga makanan 4 sehat 5 sempurna.

Gunakan menu makanan yang sehat dan seimbang dan satu tips lagi. Dalam berbuka dan sahur hindari Junk Food karena efeknya tidak baik untuk kesehatan anda.

Kurangi Konsumsi Teh, Kopi, dan Minuman Bersoda


Tips menjaga kesehatan di bulan puasa yang kedua adalah mengurangi konsumsi beberapa minuman diatas. Coba kurangi sekali untuk dua hari atau terserah manajemen anda. Hal ini penting untuk meminimalkan datangnya sakit kepala saat anda sedang berpuasa.

Alternatifnya, banyak minum air putih. Dalam sehari anda bisa minum 4-10 gelas dan itu dibagi untuk buka dan sahur.

Kebiasaan Makan Sehat


Tips menjaga kesehatan di bulan puasa berikutnya adalah menjaga kebiasaan makan yang sehat. Dalam berbuka, jangan lupakan menu buah dan sayuran sebagai penyeimbang. Pada saat sahur, usahakan agar anda tidak bangun telat.

Alasannya, agar anda tidak makan terlalu cepat saat sahur. Ini penting karena makan terlalu cepat bisa berakiabt tidak baik, berlaku juga pada saat berbuka puasa.

Konsultasi ke Dokter


Jika anda punya masalah kesehatan, anda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter. Konsultasikan tentang keluhan adna, dan minta tips kepada dokter bagaimana pola makan yang cocok, serta bagaimana agar anda bisa menjalankan puasa dengan baik. Dengan begitu, tujuan anda untuk menjaga kesehatan di bulan puasa akan tercapai.

Cukup Waktu Tidur


Tidur malam juga adalah hal penting yang harus anda perhatikan salam menjaga kesehatan di bulan puasa. Tidur malam yang baik diperlukan untuk bisa memastikan keseimbangan tubuh anda untuk aktivitas di hari berikutnya. Tapi, jika anda merasa kurang cukup tidur. Gunakan waktu siang untuk tidur,tapi jangan sampai hal itu menganggu aktitas anda di siang hari.

Berolahraga


Cara menjaga kesehatan di bulan puasa berikutnya adalah olahraga. Olahraga berfungsi untuk membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh sehingga kesehatan tubuh anda bisa terjaga. Olahraga yang dilakukkan tidak perlu terlalu berat, minimal jalan santai yang biasanya banyak dilakukkan orang setelah sahur.

Semoga dengan Tips menjaga kesehatan ini menjadikan puasa kita menjadi lebih baik dan tentunya bisa lancar sampai datangnya hari yang fitiri,,amin-amin...terimakasih
salam volimaniak

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close