Cara Membuat Tubuh Tetap Dingin Meski Di Musim Panas

Info Kesehatan | Cara Membuat Tubuh Tetap Dingin Meski Di Musim Panas ~ Pada Cuaca yang sekarang sudah beralih ke musim panas atau kemarau. musim panas memang sangat menguras banyak asuapan air untuk tubuh kita. maka dari itu anda perlu tahu bagaimana cara mengatasi cuaca yang panas ini agar tubuh tetap dalam keadaan dingin.

Yang menjadi faktor utama adalah kesehatan, jika stamina kita menurun secara otamatis penyakit akan mudah datang. banyak sekali penyakit yang datang ketika perpindahan musim atau cuaca hujan ke kemarau. Musim panas membuat tubuh menjadi cepat panas dan gampang lelah, dehidrasi atau bahkan berkembang menjadi sakit kepala, berkeringat berlebihan, lemas hingga kram otot. Bagaimana membuat tubuh tetap dingin meski musim panas?
http://www.volimaniak.com/

Dehidrasi adalah hal yang paling sering terjadi pada saat musim panas. Keringat yang berlebihan akan memperparah keadaan ini. Warna urine yang jingga atau agak gelap menandakan tubuh mengalami dehidrasi dan ginjal bekerja lembur untuk menghemat cairan.

Berikut beberapa cara membuat tubuh tetap merasa dingin dan terhidrasi meski pada musim panas:

1. Perbanyak air putih dan kurangi minum soda
Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air, sehingga cairan pengganti terbaik saat panas adalah air. Bila mengalami dehidrasi parah, tambahkan sedikit glukosa (gula) dan garam dalam air (dioralyte). Ini akan mempercepat menyerapan air oleh tubuh.

Minum soda dalam jumlah besar menyebabkan air bergerak dari aliran darah dan menuju ke dalam usus untuk sementara, yang pada efeknya membuat tubuh lebih dehidrasi. Sedangkan minuman isotonik tetap harus diimbangi dengan air putih, karena cairan ini tidak memadai untuk membuat tubuh terhidrasi, terutama saat panas.

2. Membasahi tangan dengan air dingin

Membasahi tangan dengan air dingin dapat membantu menarik panas dari tubuh karena tangan memiliki permukaan yang luas dan aliran darah tinggi. Ini juga berlaku untuk telapak kaki. Dan biarkan tubuh Anda kering secara alami setelah mandi.

3. Makan makanan pedas, dingin atau yang mengandung banyak air

Makan makanan pedas seperti cabai, bawang putih dan jahe dapat membuat tubuh berkeringat. Hal ini akan meningkatkan suhu tubuh pada awalnya, tetapi Anda akan merasa lebih dingin kemudian, karena makanan pedas melancarkan aliran darah ke kulit.

Makanan yang mengandung mentol juga cukup membantu. Mengunyah permen karet mint yang memiliki efek pendinginan dan kemudian minum segelas air, akan membuat Anda merasa lebih dingin. Hal ini karena mentol memicu reseptor sarat sensitif dingin di mulut. Tapi ini sebenarnya tidak menyebabkan penurunan suhu tubuh, melainkan hanya sensasi.

Selain itu, pilih makanan yang mengandung banyak air, seperti selada, lobak, tomat, ketimun, anggur, berry atau buah-buah tertentu untuk mencegah dehidrasi.

4. Perhatikan dekorasi rumah

Karpet dapat menahan panas lebih banyak ketimbang ubin, sedangkan beberapa jenis ubin tetap dingin meski musim panas. Ganti karpet dengan ubin porselen, linoleum atau jika Anda mampu dengan marmer. Serta pilih jenis kain alami seperti katun, linen atau sutra untuk seprei kamar tidur Anda.

5. Tanami rumah dengan banyak tumbuhan

Tanaman membersihkan dan memurnikan atmosfer. Taman rumah yang ditumbuhi banyak pohon akan membuat Anda tetap dingin meski musim panas.

6. Hindari makanan berat dan alkohol pada malam hari

Makan makanan berat saat malam atau sebelum tidur dapat menghabiskan energi untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan tersebut (yang dikenal dengan thermogenesis). Hal ini cenderung meningkatkan suhu tubuh, yang dapat membuat Anda merasa lebih panas.

Cukup minum air sebelum tidur untuk memastikan tubuh tidak dehidrasi saat tidur. Juga hindari alkohol sebelum tidur karena dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga membuat tubuh lebih sulit untuk mengatur suhunya.

Demikian yang bisa volimaniak share pada kesempatan kali ini semoga bisa menjadikan wawasan kita bertambah dalam hal kesehatan. semoga anda juga selalu dalam keadaan sehat. jaga kesehatan lebih utama untuk aktifitas yang maksimal. semoga bermanfaat. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: