Cara Membuat Tubuh Tetap Dingin Meski Di Musim Panas

Info Kesehatan | Cara Membuat Tubuh Tetap Dingin Meski Di Musim Panas ~ Pada Cuaca yang sekarang sudah beralih ke musim panas atau kemarau. musim panas memang sangat menguras banyak asuapan air untuk tubuh kita. maka dari itu anda perlu tahu bagaimana cara mengatasi cuaca yang panas ini agar tubuh tetap dalam keadaan dingin.

Yang menjadi faktor utama adalah kesehatan, jika stamina kita menurun secara otamatis penyakit akan mudah datang. banyak sekali penyakit yang datang ketika perpindahan musim atau cuaca hujan ke kemarau. Musim panas membuat tubuh menjadi cepat panas dan gampang lelah, dehidrasi atau bahkan berkembang menjadi sakit kepala, berkeringat berlebihan, lemas hingga kram otot. Bagaimana membuat tubuh tetap dingin meski musim panas?
http://www.volimaniak.com/

Dehidrasi adalah hal yang paling sering terjadi pada saat musim panas. Keringat yang berlebihan akan memperparah keadaan ini. Warna urine yang jingga atau agak gelap menandakan tubuh mengalami dehidrasi dan ginjal bekerja lembur untuk menghemat cairan.

Berikut beberapa cara membuat tubuh tetap merasa dingin dan terhidrasi meski pada musim panas:

1. Perbanyak air putih dan kurangi minum soda
Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air, sehingga cairan pengganti terbaik saat panas adalah air. Bila mengalami dehidrasi parah, tambahkan sedikit glukosa (gula) dan garam dalam air (dioralyte). Ini akan mempercepat menyerapan air oleh tubuh.

Minum soda dalam jumlah besar menyebabkan air bergerak dari aliran darah dan menuju ke dalam usus untuk sementara, yang pada efeknya membuat tubuh lebih dehidrasi. Sedangkan minuman isotonik tetap harus diimbangi dengan air putih, karena cairan ini tidak memadai untuk membuat tubuh terhidrasi, terutama saat panas.

2. Membasahi tangan dengan air dingin

Membasahi tangan dengan air dingin dapat membantu menarik panas dari tubuh karena tangan memiliki permukaan yang luas dan aliran darah tinggi. Ini juga berlaku untuk telapak kaki. Dan biarkan tubuh Anda kering secara alami setelah mandi.

3. Makan makanan pedas, dingin atau yang mengandung banyak air

Makan makanan pedas seperti cabai, bawang putih dan jahe dapat membuat tubuh berkeringat. Hal ini akan meningkatkan suhu tubuh pada awalnya, tetapi Anda akan merasa lebih dingin kemudian, karena makanan pedas melancarkan aliran darah ke kulit.

Makanan yang mengandung mentol juga cukup membantu. Mengunyah permen karet mint yang memiliki efek pendinginan dan kemudian minum segelas air, akan membuat Anda merasa lebih dingin. Hal ini karena mentol memicu reseptor sarat sensitif dingin di mulut. Tapi ini sebenarnya tidak menyebabkan penurunan suhu tubuh, melainkan hanya sensasi.

Selain itu, pilih makanan yang mengandung banyak air, seperti selada, lobak, tomat, ketimun, anggur, berry atau buah-buah tertentu untuk mencegah dehidrasi.

4. Perhatikan dekorasi rumah

Karpet dapat menahan panas lebih banyak ketimbang ubin, sedangkan beberapa jenis ubin tetap dingin meski musim panas. Ganti karpet dengan ubin porselen, linoleum atau jika Anda mampu dengan marmer. Serta pilih jenis kain alami seperti katun, linen atau sutra untuk seprei kamar tidur Anda.

5. Tanami rumah dengan banyak tumbuhan

Tanaman membersihkan dan memurnikan atmosfer. Taman rumah yang ditumbuhi banyak pohon akan membuat Anda tetap dingin meski musim panas.

6. Hindari makanan berat dan alkohol pada malam hari

Makan makanan berat saat malam atau sebelum tidur dapat menghabiskan energi untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan tersebut (yang dikenal dengan thermogenesis). Hal ini cenderung meningkatkan suhu tubuh, yang dapat membuat Anda merasa lebih panas.

Cukup minum air sebelum tidur untuk memastikan tubuh tidak dehidrasi saat tidur. Juga hindari alkohol sebelum tidur karena dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga membuat tubuh lebih sulit untuk mengatur suhunya.

Demikian yang bisa volimaniak share pada kesempatan kali ini semoga bisa menjadikan wawasan kita bertambah dalam hal kesehatan. semoga anda juga selalu dalam keadaan sehat. jaga kesehatan lebih utama untuk aktifitas yang maksimal. semoga bermanfaat. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

28 Responses to "Cara Membuat Tubuh Tetap Dingin Meski Di Musim Panas"

  1. point 5... musim panasnya udah tiba.. kapan nanam tanamannya? hehehehe

    ReplyDelete
  2. Beberapa point sudah dilakukan, kayaknya paling sulit ketika harus ngurangi makan malam yang berat-berat ni.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin dalam tahap penggemukan kalau makan malam mas

      Delete
  3. tipsnya oke nih mas. kalau minum es ga termasuk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru kalau minum es di musim panas akan bisa membuat radang tenggorokan mas

      Delete
  4. wah makanan yang mengandung mentol juga cukup membantu yamas, saya baru lhoo, makasih infonya

    ReplyDelete
  5. Tambahan mas...selalu positif thinking

    ReplyDelete
  6. klo kepanasan renang aja mas biar adem hehe.. asal jangan sekalian mandi aja.Klo lebih praktis,nyalain kipas angin :D

    ReplyDelete
  7. Tubuh tetap dingin artinya mempunyai suhu yang stabil, sekitar 32 derajat selsius kali ya mas? Kalau saya biasanya banyak minum air putih saja, mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener pak, itu salah satu solusi untuk menjaga kadar air atau cairan dalam tubuh sehingga tidak mudah dehidrasi pak

      Delete
  8. kayanya perlu diterapkan nih mas, biasanya kalo kepanasan terus suka kering tenggorokan.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, ujung2nya nanti dehidrasi

      Delete
  9. Musim panas tiba
    Dingin masih terasa
    Karena ada udara
    Masuk rumah dari jendela

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe mbak anisayu pasti juara dalam puisinya

      Delete
  10. Asal jangan nanam pohonnya dalam rumah, ntar terlalu dingin karena tidur diluar rumahnya kepenuhan pohon hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakaka bener banget mas, bisa bisa rumahnya nanti ikut di tebang sama pohonnya

      Delete
  11. memang dehidrasi sangat mudah mengenai orang yang kurang minum dan sering berada di luar rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. HEM BENAR MAS, APALGI BUAT ORANG YANG SUKA OLAHRAGA

      Delete
  12. sholat juga bikin tubuh dan pikiran adem mas pur :)

    ReplyDelete
  13. kalo panas ya mas minum air dinggin dan solat nanti jadi hangat agak kendinginan

    ReplyDelete
    Replies
    1. he benar juga itu mas, tapi saya sarankan hindari minum air dingin dulu mas, karena pada kondisi panas justru akan membuat tubuh semakin terasa panas, dinginnya cuma sebentar, yang bagus malah minum air hangat aja mas

      Delete
  14. Replies
    1. hem bisa mas, tapi sebentar saja, lebih baik minum hangat terlebih dahulu deh

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.