Cara Mengapung dan Meluncur Pada Olahraga Renang

Cara Mengapung dan Meluncur Pada Olahraga Renang ~ Dalam belajar lebih lanjut mengenai olahraga yang tergolong dalam kategori aquatik yaitu renang, untuk bisa menguasai tehnik yang ada dalam renang, hal pertama yang harus anda lakukan adalah tehnik mengapung dan meluncur. mengapung dan meluncur merupakan Tehnik dasar mutlak dalam renang. 

Cara Mengapung dan Meluncur Pada Olahraga Renang


A. Pengajaran Tehnik mengapung pada renang

http://volimaniak.blogspot.com/
Langkah mengajarkan tehnik mengapung di air yaitu menyuruh anak untuk pasrah didalam air dalam beragam posisi, umpamanya tengkurap, terlentang, jongkok di air, dsb. 

Dalam posisi berdiri, anak diperintahkan untuk memasukkan kepalanya ke air sembari melentangkan tangan dengan pasrah. Ini dikerjakan sepanjang sebagian detik, bergantung seberapa kuat anak menahan nafas di air. 

Lakukan gerakan seperti yang pada mulanya, ditambah dengan mengangkat satu diantara kaki ke permukaan air. 

Lakukan gerakan seperti yang pada mulanya, ditambah dengan mengangkat kaki yang satunya lagi satu kaki ke permukaan air. {Mengapung di air dengan semua anggota tubuh pasrah dalam posisi tengkurap}. 

Membuat grup, setiap grup 3 orang. Setiap grup membuat formasi segitiga dengan bergandengan tangan. Lakukan tehnik mengapung sembari bergandengan tangan dengan rekan. 

B. Pengajaran Tehnik Mengambil Nafas 



Tehnik dasar mutlak dalam renang yang kedua adalah mengambil nafas. Mengambil nafas yang benar yaitu melewati mulut serta hembuskan nafas di air dapat melewati mulut maupun hidung. 


  1. Dalam posisi berdiri, anak disuruh memasukkan kepala dalam air lalu hembuskan nafas didalam air melalui mulut atau mungkin hidung, lalu menahan nafas sepanjang 4 detik. Untuk lebih aman {agar anak tidak tersedak air}, hembuskan nafas melalui mulut. 
  2. Tetap dengan gerakan seperti tadi, sesudah 4 detik anak disuruh untuk menengokkan kepala ke kanan atas serta ke kiri atas untuk mengambil nafas melalui mulut. Lalu memasukkan kepala ke dalam air lagi. 
  3. Untuk memperkuat pernafasan anak, saat untuk membenamkan kepala di air dapat ditambah, umpamanya 8, 10, 12 detik. 

C. Pengajaran Tehnik Meluncur


Tehnik dasar mutlak dalam renang yang ketiga adalah meluncur. Meluncur ada 2, yakni dengan cara statis serta dinamis. Meluncur dengan cara statis adalah dengan pertolongan rekan. Langkah mengajarkannya, dengan cara berpasangan anak disuruh menarik atau mungkin mendorong temannya yang tengah dalam posisi meluncur {sejajar dengan air} dengan bergantian. Pada waktu meluncur bisa sembari mengambil nafas. 
 

  1. Di buat grup, tiap-tiap 3 orang.
  2. Tiap-tiap anak memposisikan diri 
  3. Langkah mendorong rekan : Telapak tangan yang satu menyangga kedua punggung kaki rekan, telapak tangan yang satu lagi mendorong telapak kaki rekan. 
  4. Langkah menarik rekan : Berdiri menghadap ke rekan yang ditarik serta memegang kedua tangan rekan sembari jalan mundur. 

A mendorong B hingga di posisi 2, A tempati posisi 2, lalu C menarik B hingga posisi 3. 

B mendorong C hingga di posisi 2, B tempati posisi 2, lalu A menarik C hingga ke posisi 1. 

C mendorong A hingga di posisi 2, C tempati posisi 2, lalu B menarik A hingga posisi 3. 

Pada waktu didorong, anak mengambil nafas kearah kanan, sedang pada waktu ditari anak mengambil nafas kearah kiri 
Demikian selanjutnya. 
Langkah mendorong divariasikan dengan mendorong dengan cara kuat lalu membiarkan rekan meluncur sendiri. 

Meluncur dengan cara dinamis berarti dengan pertolongan diri sendiri. Ini dapat dikerjakan dengan menumpu pada dinding kolam renang atau mungkin dari posisi berdiri lalu meluncur ke depan. Guru bisa segera mencontohkannya pada siswa atau mungkin mengarahkan bagaimana tehnik meluncur yang benar. 

Tehnik meluncur dengan menumpu pada dinding kolam : 

http://www.volimaniak.com/

Kedua telapak tangan dikumpulkan dengan ibu jari sama-sama mengkait. Kedua tangan lurus ke depan. 
Bungkukkan tubuh ke depan serta sejajarkan dengan air. 

Satu diantara kaki menumpu pada dinding kolam dengan posisi menekuk. Kaki yang satunya menyusul menumpu dinding sembari pantat agak ditarik mendekati dinding. 

Lekas kemudian dorong dengan kuat serta meluncur ke depan dengan tumpuan kedua kaki pada dinding tadi. 

Waktu meluncur janganlah lakukan gerakan apa pun untuk meminimalkan kendala air hingga hasil luncuran dapat optimal. 

Tehnik meluncur dari posisi berdiri : 

http://www.volimaniak.com/


  1. Kedua telapak tangan dikumpulkan dengan ibu jari sama-sama mengkait. Kedua tangan lurus ke depan. 
  2. Bungkukkan tubuh ke depan serta sejajarkan dengan air. 
  3. Meluncur ke depan. 
  4. Setiap anak tempati posisi seperti pada gambar. 
  5. B meluncur dengan menumpu pada dinding kolam 
  6. Lalu C meluncur dari posisi berdiri 
  7. A meluncur dengan menumpu pada dinding kolam, serta demikian selanjutnya. 

Demikianlah yang dapat volimaniak bagikan pada kesempatan kali ini, semoga anda bisa lebih berkembang dan mempelajari tehnik dasar dari renang, sehingga tujuan akhirnya anda bisa melakukan olahaga raga renang dengan benar. dan bagi anda yang belum bisa jangan pantang menyerah, anda harus rajin berlatih dengan tekun dan saya berharap anda cepat menguasai tehnik-tehnik renang yang lain dengan berbagai gaya renang yang dipergunakan dalam perlombaan. terimakasih
Powered by Blogger.