Peraturan Perlombaan Lari Estafet

Setelah kita mempelajari bagaimana tehnik dasar dari lari estafet, anda juga wajib tahu mengenai aturan yang berlaku untuk bisa melaksanakan lari estafet. Dalam semua cabang olahraga mempunyai ragam aturan yang berbeda antara olahraga yang satu dengan yang lainnya.

Sebenarnya aturan baku pada lari estafet hampir sama dengan peraturan atletik yang lain diantaranya adalah lari jarak cepat, menengah dan jauh, yang membedakan adalah pada lari estafet ini terdiri dari beberapa kelompok yang saling bekerja sama untuk bisa meraih garis finish. dalam pelaksanaan susunan lari serta penerimaan tongkatnya mempunyai beberapa aturan serta untuk jaraknya juga ditentukan yaitu 400m. Untuk lebih jelas Volimaniak akan memberikan bekal kepada anda semua mengenai peraturan pada lari estafet, berikut rinciannya :
http://volimaniak.blogspot.com/

1.) Panjang daerah pergantian tongkat estafet adalah 20 meter, lebar 1,2 meter dan bagi pelari estafet 4 x 100 meter ditambabh 10 meter pra-zona. Pra-zona adalah suatu daerah dimana pelari yang akan berangkat dapat mempercepat larinya, tetapi disini tidak terjadi penggantian tongkat.

2.) Lari Estafet(Lari Beranting) Lari Estafet atau sering disebut dengan lari beranting merupakan salah satu dari cabang atletik. Lari Estafet hanya membutuhkan empat (4) orang pemain untuk melakukan olahraga tersebut. Jarak Tempuh Lari estafet : 4×400 M (Putra/Putri) Dan 4×100 M Start yang sering digunakan dalam Lari Estafet: Start Jongkok sering digunakan pada pelari pertama(1), Sedangkan Start Berlari sering digunakan pada pelari ke-Dua,ke-Tiga,dan ke-Empat (2,3,4)

Ada beberapa cara menerima tongkat Estafet:

· Visual : Dengan menoleh atau melihat ke belakang dan ini hanya digunakan untuk lari Estafet yang berjarak 4×400 meter.

a. Non Visual : Cara ini digunakan dengan tidak menoleh ataupun melihat ke

belakang,karena jarak yang digunakan terlalu pendek yaitu 4×100 meter.

Ada ketentuan atau peraturan yang ada di olahraga Lari Estafet ini:

b. Diperbolehkan mengambil tongkat estafet apabila tongkat tersebut jatuh pada saat pergantian penerimaan tongkat pada lari yang berjarak 4×400 meter dengan resiko team tersebut bisa kalah dalam lomba tersebut.

c. Di perbolehkan mengambil tongkat estafet apabila tongkat tersebut jatuh pada saat pergantian penerimaan tongkat pada lari yang berjarak 4×100 meter dengan resiko team tersebut dapat langsung di diskualifikasi dalam pertandingan olahraga tersebut.

Ada juga cara yang baik dalam menerima togkat estafet agar tidak terjatuh yaitu :

Sebagai pemain yang ingin memberi tongkat tersebut harus menggunakan tangan kiri, sedangkan pemain yang menerima tongkat tersebut harus menggunakan tangan kanan.

Semoga apa yang volimaniak sampaikan bisa bermanfaat bagi anda semua serta menambah pengetahuan kita dalam olahraga kategori atletik khususnya lari estafet. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Peraturan Perlombaan Lari Estafet"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.