Perlengkapan dan Lapangan Permainan Tenis meja

Lapangan Permainan Tenis meja ~ Tenis meja merupakan cabang olahraga yang dimainkan di dalam gedung (indoor game) oleh dua pemain atau empat pemain. Cara memainkannya dengan menggunakan raket yang dilapisi karet untuk memukul bola celluloid melewati jaring yang tergantung di atas meja yang dikaitkan pada dua tiang jaring. Permainan tenismeja atau lebih dikenal dengan istilah lain, yaitu “Ping Pong” adalah merupakan suatu cabang olahraga yang unik dan bersifat rekreatif.

Permainan Tenis Meja ini banyak kita jumpai di berbagai kalangan daerah pedesaan maupun perkotaan, selain tidak membutuhkan area yang luas, lapangan tenis meja ini tergolong murah dalam pembuatannya, dan di jaman sekarang ini sudah ada bentuk modifikasi yang memakai lipatan, sehingga bisa di lipat dan di simpan dengan mudah tanpa membutuhkan banyak ruang.

Memang semua perlu di butuhkan pengetahuan agar kita setidaknya bisa bermain dengan baik, termasuk mengetahui Peraturan Tenis Meja, dan lebih penting lagi adalah mengetahui berapa Ukuran Lapangan Tenis Meja ini, untuk itulah silahkan anda baca postingan volimaniak kali ini sampai akhir, biar anda lebih jelas dan paham.

Dalam postingan yang lalu saya sudah posting mengenai teknik dasar tenis meja. untuk kali ini biar lebih melengkapi pengetahuan anda dalam olahraga permainan tenis meja saya akan berbagi mengenai Lapangan Tenis Meja. yuk langsung saja kita lihat rinciannya :

Perlengkapan Permainan Tenis meja


a. Raket/bet Permainan Tenis meja

  1. Ukuran berat, bentuk raket, tidak ditentukan, tetapi daun raket harus datar dan kaku. 
  2. Ketebalan daun raket, minimal 85% harus terbuat dari kayu alam; dapat dilapisi dengan bahan perekat yang berserat seperti fiber karbon atau fiber glass atau dari bahan kertas yang dipadatkan, bahan tersebut tidak lebih dari 7,5% dari total ketebalan 0,35 mm, adalah merupakan bagian yang sangat sedikit/tipis. 
  3. Sisi daun raket yang digunakan untuk memukul bola, harus ditutupi oleh karet berbintik biasa, atau karet berbintik yang menonjol keluar; namun memiliki ketebalan termasuk lapisan lem perekat tidak lebih dari 2 mm, atau karet datar (bukan berbintik ke luar) dengan karet berbintik ke dalam harus memiliki ketebalan tidak melebihi dari 4 mm termasuk lem perekat.

b. Bola Tenis Meja

Lapangan-tenis-meja
Bola tenis meja
  1. Bola tenis meja berdiameter 40 mm berat 2,7 gram. 
  2. Biasanya berwarana putih atau oranye dan terbuat dari bahan selulosa yang ringan. 
  3. Pantulan bola yang baik apabila dijatuhkan dari ketinggian 30,5 cm akan menghasilkan ketinggian pantulan pertama antara 23-26 cm. 
  4. Pada bola tenis meja biasanya ada tanda bintang dari bintang 1 hingga bintang 3, dan tanda bintang 3 inilah yang menunjukan kualitas tertinggi dari bola tersebut dan biasanya digunakan dalam turnamen-turnamen resmi.

c. Lapangan Permainan Tenis meja



ukuran-lapangan-tenis-meja
lapangan tenis meja
Perlu anda ketahui bahwa Lapangan Tenis Meja ini berbentuk persegi panjang, dan menggunakan meja sebagai sarananya, nah dari beberapa bagian penting lapangan ping pong ini ada beberapa bagian yang perlu anda ketahui yaitu dari lebar lapangan, panjang lapangan, tinggi meja, dan tebal garis sisi / line, maka dari itu untuk menerapkan pembuatan Lapangan Tenis Meja yang baik setidaknya memenuhi Ukuran Lapangan Standar Nasional Maupuk Internasional, untuk lebih jelas berikut inciannya :

Ukuran Lapangan Tenis Meja

  1. Lebar : 152.5 cm
  2. Panjang : 274 cm
  3. Tinggi Meja : 76 cm
  4. Tebal garis sisi = 2 cm
  5. Luas = 4,1785 meter persegi

Ukuran Net Tenis meja

  1. Panjang Net = 183 cm 
  2. Lebar / Tinggi Net = 15,25 cm 
  3. Jarak Meja Ke Tiang = 15,25 cm 
  4. Luas Net = 0,279075 meter persegi
Demikian yang bisa volimaniak share pada kesempatan kali ini mengenai Lapangan Tenis Meja. semoga bisa menambah pengetahuan kita dalam olahraga tenis meja. semoga bermanfaat. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close