Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK)

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK) atau P3K memiliki pengertian pertolongan pertama yang diberikan kepada seseorang yang menderita sakit atau kecelakaan sebelum mendapat pertolongan dari dokter. Sifat dari pertolongan pertama memiliki sifat atau berfungsi memberikan perasaan ketenangan kepada korban, mencegah atau mengurangi rasa takut dan gelisah dan mengurangi bahaya yang lebih besar.

Pertolongan pertama ( P3K) bertujuan untuk menyelamatkan nyawa atau mencegah kematian, mencegah cacat yang lebig berat(mencegah kondisi memburuk), menunjang penyembuhan(mengurangi rasa sakit, mencegah infeksi). Prinsip-prinsip PPPK adalah menolong secara cepat, menolong secara cepat, menolong yang sifatnya sementara.
http://volimaniak.blogspot.com/

Peralatan atau perlengkapan pertolongan pertama (P3k) pada kecelakaan minimal yang perlu dipersiapkan dalam usaha memberikan pertolongan, antara lain sebagai berikut :

a. Peralatan P3K Beserta kegunaanya adalah sebagai berikut :
1. Kasa pembalut
kasa pembalut ( perban) terbuat dari kain yang jarang dan tipis. perban di pergunakan untuk membalut luka yang sudah ditutup kasa steril.

2. Kasa steril
kasa yang sudah disterilkan digunakan untuk menutup luka. kasa steril adalah kain yang bebas dari kuman-kuman penyakit.

3. Plester
plester dipergunakan untuk meletakkan kasa penutup agar tidak terlepas. dalam meletakkan kasa penutup, plester ditempatkan pada beberapa tempat dan jangan melewati bagian tengah luka.

4. Pembalut segitiga
pembalut segitiga (mitella) biasanya digunakan untuk korban yag mengalami kecelakaan seperti pataj tulang lengan, luka dikepala atau cedera pada sendi lutut, pembalut segitiga terbuat dari kain putih dengan ukuran 90 cm dan 125 cm. pinggirnya tidak dijahit agar ketika dipakai tidak menekan luka atau cedera.

5.Kapas
kapas digunakan untuk mebersihkan luka atau mengoleskan obat. biasanya sebelum diguakan, kapas terlebih dahulu sebelum digunakan. kapas terlebih dahulu dibasahi dengan air bersih yang steril atau larutan pembersih luka, setelah itu baru dipakai untuk membersikan luka yang kotor.

6. Gunting
Gunting yang digunakan sebaiknya gunting perban tahan karat.

Demikian yang bisa volimaniak sampaikan. semoga bisa memberikan pengetahuan kita dalam hal kesehatan. khusunya ketika anda mengalami hal yang tidak diinginkan sehingga bisa melakukan tindakan awal agar luka tidak semakin berat. terimakasih semoga bermanfaat.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close