Sejarah Permainan Bola Basket

Sejarah Basket ~ Dalam dunia pendidikan, Basket merupakan permainan bola besar yang dimainkan oleh dua regu, baik putra mupun putri. Setiap regu terdiri atas 5 orang pemain. Tujuan dilakukakannya permainan bola basket adalh mencari nilai atau angka sebanyak-banyaknya dengan memasukkan bola ke ring atau kerangjang lawan. Setiap pemain bola basket dapan memainkan bola dengan cara yaitu ; mendorong bola, memukul bola dengan telapak tangan terbuka, melemparkan, menggelindingkan bola , menggiring bola atau mendrible bola ke segala arah dalam lapangan bola basket.

Sejarah Permainan Bola Basket


Sejarah permainan bola basket. Permainan bola basket di ciptakan oleh James A. Naismith pada tahun 1891 di Massachusett, Amerika Serikat. awal mulanya permainan ini sasarannya menggunakan keranjang buah persik sehingga permainan ini diberi nama basket ball.
http://volimaniak.blogspot.com/

Permainan bola basket berkembang cukup pesat di Amerika Serikat. bahkan, sampai ke negara-negara di seluruh dunia. Oleh karena itu pada tahun 1924 permainan bola basket di pertandingkan dalam olimpiade di Prancis. Hal itu atas prakarsa dr. Elmer Beny, direktur sekolah olahraga di Jenewa dan para direktur sekolah di Argentina, Cekoslavia , Italia, Portugal, Rumania, Swiss, Dan Yunani. Pada tanggal 21 Juni 1992 dibentuklah federasi bola basket internasional yang dinamakan FIBA Yang mempunyai kepanjangan Federation International de Basket Ball Ameteur. Sebagai presiden FIBA, terpilih Keon Buffard dan sekertaris jenderalnya adalah William Jones.

Permainan bola basket pertama kali dipertandingkan pada olimpiade di jerman tahun 1936, pda waktu itu olimpiade di ikuti oleh 21 negara. permainan bola basket masuk indonesia di bawa oleh perantau cina, permainan bola basket di indonesia dapat berkembang baik, kemudian pada tahun 1951 Maladi sebagai sekretaris Komite Olimpiade Indonesia menunjuk Tony When dan Win Latumeter untuk menangani perbasketan di indonesia sehingga terbentuklah PERBASI ( Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia Tonny When di tunjuk sebagai ketua dan Win Latumeter sebagai sekertaris.

Pada tahun 1955 PERBASI di ubah namanya menjadi Persatuan bola basket seluruh indonesia (PERBASI). Tahun 1953, PERBASI masuk menjadi anggota Federation International De Basket Ball Ameteur (FIBA).


Demikianlah sejarah permainan bola basket. dalam uraian saya di atas sudah meliputi sejarah singkat perkembangan bola basket di indonesia. semoga apa yang volimaniak sajikan bisa bermanfaat untuk anda yang ingin menambah pengetahuan di dalam dunia basket khususnya memahami sejarah basket semoga bermanfaat. terimakasih
Powered by Blogger.