Teknik Lari Estafet / Lari Sambung

Teknik Lari Estafet ~ Pembagian Cabang-cabang olahraga diantaranya adalah atletik, dari sekian banyak olahraga yang tergolong dalam atletik pasti anda sudah pernah mendengar apa itu lari estafet. lari estafet merupakan lari beregu yang dimainkan oleh 4 orang.  Untuk lebih jelas mengenai pengertian lari estafet ini anda bisa lihat pada postingan sebelumnya mengenai pengertian lari estafet. 

Lari estafet ini memiliki beberapa kaidah atau tata cara dalam melakukannya. tata cara pelaksanaan ini sering disebut dengan tehnik dasar. apa saja tehnik yang diperlukan agar bisa melakukan lari estafet ini dengan benar, anda bisa melihat pembagian tehnik-tehnik lari estafet pada postingan volimaniak kali ini. berikut urainnya :

A. Teknik Pergantian Tongkat Estafet


Perlombaan lari estafet mengenal dua cara pergantian tongkat, yaitu:

a. Teknik penerimaan tongkat dengan cara melihat (visual)


Pelari yang menerima tongkat melakukannya dengan berlari sambil menolehkan kepala untuk melihat tongkat yang diberikan oleh pelari sebelumnya. Penerimaan tongkat dengan cara melihat biasanya dilakukan pada nomor 4 x 400 meter.
teknik dasar lari estafet

b. Teknik penerimaan tongkat dengan cara tidak melihat (non visual)


Pelari yang menerima tongkat melakukannya dengan berlari tanpa melihat tongkat yang akan diterimanya. Cara penerimaan tongkat tanpa melihat biasanya digunakan dalam lari estafet 4 x 100 meter. Dilihat dari cara menerima tongkat, keterampilan gerak penerima tongkat tanpa melihat lebih sulit dari pada dengan cara melihat. Dalam pelaksanaannya, antara penerima dan pemberi perlu melakukan latihan yang lebih lama melalui pendekatan yang tepat.

B. Teknik Pemberian dan Penerimaan Tongkat Estafet


Prinsip lari sambung atau estafet adalah berusaha membawa tongkat secepat-cepatnya yang dilakukan dengan memberi dan menerima tongkat dari satu pelari kepada pelari lainnya, agar dapat melakukan teknik tersebut, pelari harus menguasai keterampilan gerak lari dan keterampilan memberi serta menerima tongkat yang dibawanya.

Perlombaan lari estafet mengenal dua cara pemberian dan penerimaan tongkat, yaitu:

1. Teknik pemberian dan penerimaan tongkat estafet dari bawah



Teknik ini dilakukan dengan cara pelari membawa tongkat dengan tangan kiri. Sambil berlari atlet akan memberikan tongkat tersebut dengan tangan kiri. Saat akan memberi tongkat, ayunkan tongkat dari belakang ke depan melalui bawah. Sementara itu, tangan penerima telah siap dibelakang dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Ibu jari terbuka lebar, sementara jari-jari tangan lainnya dirapatkan.

2. Teknik pemberian dan penerimaan tongkat estafet dari atas



Teknik ini dilakukan dengan cara mengayunkan tangan dari belakang ke depan, kemudian dengan segera meletakan tongkat dari atas pada telapak tangan penerima. Pelari yang akan menerima tongkat mengayunkan tangan dari depan ke belakang dengan telapak tangan menghadap ke atas. Ibu jari di buka lebar dan jari-jari tangan lainnya rapat.

Ada sebuah cara yang dilakukan dalam olahraga lari estafet agar tongkat estafet tidak jatuh saat diberikan pada peserta lain. Yaitu pelari yang memegang tongkat estafet meegang tongkat estafet dengan tangan kiri dan memberikannya juga dengan tangan kiri. Sedangkan si penerima tongkat bersiap menerima tongkat dengan tangan kanan.

C. Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Lari Estafet


Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam olahraga lari estafet, sebagai berikut:
  1. Pemberian tongkat sebaiknya secara bersilang, yaitu pelari 1 dan 3 memegang tongkat pada tangan kanan, sedangkan pelari 2 dan 4 menerima atau memegang tongkat dengan tangan kiri atau sebaliknya.
  2. Penempatan pelari hendaknya disesuaikan dengan keistimewaan dari masing-masing pelari. Misalnya, pelari 1 dan 3 dipilih yang benar-benar baik dalam tikungan. Pelari 2 dan 4 merupakan pelari yang mempunyai daya tahan yang baik.
  3. Jarak penantian pelari 2, 3, dan 4 harus benar-benar diukur dengan tepat.
  4. Setelah memberikan tongkat estafet jangan segera keluar dari lintasan masing-masing.
Cukup Sekian dulu ya postingan saya kali ini mengenai tehnik lari estafet. semoga anda bisa mempelajarinya dengan benar sehingga proses pelaksaan lari estafet bisa berjalan dengan baik. dengan tujuan akhir bisa mencapai garis finish secara cepat dengan sistem pergantian  tongkat yang sesuai. semoga bermanfaat. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

1 Response to "Teknik Lari Estafet / Lari Sambung"

  1. Kenapa setelah memberikan tongkat tidak boleh segera keluar lintasan
    ?

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.