Tehnik Memegang Raket Tenis Lapangan

Tehnik Memegang Raket Tenis Lapangan ~ volimaniak. Tenis Memiliki pengertian olahraga yang dimainkan oleh dua orang pemain, yaitu berhadapan atau satu lawan satu yang disebut singele. Tenis juga dapat dimainkan empat orang yang disebut double / ganda, yaitu dua orang pemain yang berhadapan satu sama lain.

Permainan Tenis lapangan dapat dimainkan di atas rumput ( lawn) akan tetapi dalam perkembangannya tenis sekarang dimainkan di lapangan yang dibuat dari papan kayu, semen, dan bahan lain yang dikeraskan. sekarang pun tenis juga sering di mainkan pada lapangan tanah liat.

Sebelum anda mempelajari lebih lanjut mengenai tenis lapangan ini, anda harus mengetahui beberapa tehnik dasar yang harus dikuasai agar bisa bermain tenis ini dengan baik. hal yang pokok perlu anda pelajari yaitu cara memegan raket tenis lapangan yang benar. untuk lebih jelas saya akan membahasnya kepada anda semua. berikut beberapa tehnik memegang raket tenis lapangan :

a. Tehnik memegang raket genggaman Eastern (Eastern Grip)
cara melakukan tehnik memegang genggaman eastern adalah sebagai berikut :
a. Tangan kiri memegang leher raket, kemudian tangan kanan memegang tungkai atau ganggang raket.
b. Pegangan tangan kanan antara ibu jari dan telunjuk membentuk huruf V, Pegangan ini seperti orang berjabat tangan dengan bidang yang rata. 

http://volimaniak.blogspot.com/

Jenis genggaman/ pegangan ini cocok untuk pukulan bola tinggi dan pukulan bola rendah. untuk lebih detail anda bisa melihat pada gambar.

b. Tehnik memegang raket genggaman Continental (Continetal Grip)
cara melakukan tehnik memegang raket continental adalah sebagai berikut :
a. Tangan memegang tangkai raket dengan telapak tangan berada dibagian atas raket dan ibu jari memanjang dada bagian muka tangkai raket.
http://volimaniak.blogspot.com/
b. Gengaman continental ini cocok untuk pukulan pendek menyilang lapangan dan cocok untuk lenturan bola rendah. Namun, pegangan ini akan berakibat sakit jika melakukan bola melambung tinggi.

c. Tehnik memegang raket Forehand Semi-Western (Forehand Semi-western Grip)

Pegangan raket forhand semi-western adalah grip yang paling banyak dipakai oleh pemain tenis light-minded, terutama yang memiliki tipe permainan baseliner. Kita dapat mencoba sticking to ini dengan menempatkan pangkal jari telunjuk anda di sudut 2 (untuk pemain tangan kanan) atau 3 (untuk pemain kidal). Atau bisa juga berawal dari conformity eastern kemudian tangan anda diputar searah jarum jam satu sudut ke sudut 2atau3.
http://volimaniak.blogspot.com/

Keunggulan dari hold ini adalah anda dapat memukul spin dengan baik sehingga kemungkinan bola untuk melewati net lebih besar karena sifatnya yang parabolik. Grip ini juga dapat dipakai untuk memukul flat tetapi tidak direkomendasikan untuk memukul slice. Minus dari treaty ini adalah sulit untuk mengantisipasi bola-bola rendah yang dihasilkan dari pukulan flat atau slice terutama di lapangan cepat (grass atau hard court). Beberapa contoh pemain gain yang menggunakan grip ini adalah:Andre Agassi, Roger Federer, Marat Safin

d. Tehnik memegang raket genggaman Western ( Western Grip)
cara melakukan pegangan raket western adalah sebagai berikut :
a. Tangan memegang raket dengan telapak tangan berada di bawah gagang, ibu jari berada disamping gagang, demikian pula jari lain juga merapat digagang di samping dari gagang raket.
b. Genggaman western tepat sekali digunakan untuk bola tinggi dan bola setinggi pinggang, tetapi sulit untuk bola-bola rendah.
http://volimaniak.blogspot.com/

Demikianlah yang bisa volimaniak bagikan pada kesempatan kali ini mengenai materi Tenis lapangan yaitu tehnik memegang raket tenis lapangan. semoga bisa menjadikan pengetahuan kita semakin luas khususnya dalam bidang olahraga. semoga bermanfaat. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close