Ukuran Lapangan Tenis Lapangan

Ukuran Lapangan Tenis Lapangan ~ Bagi anda penggemar tenis lapangan apakah anda sudah benar-benar mengenal apa itu tenis lapangan, tehnik dasar tenis dan juga ukuran lapangan tenis lapangan?, kurang lengkap rasanya jika anda menggemari atau hobi pada olahraga tertentu tapi tidak mengetahui seluk beluk dari olahraga yang anda minati itu. Kali ini volimaniak ingin berbagi kepada anda mengenai ukuran lapangan tenis lapangan. 

Tennis atau sering disebut juga tennis lapangan adalah salah satu olahraga raket. Alat yang diperlukan dalam permainan tenis adalah raket, bola tennis dan lapangan dengan net (jaring) berukuran tertentu. Tennis termasuk olahraga pertandingan dimana permainan dilakukan oleh dua pihak yang saling berhadapan. Permainan tennis bisa dimainkan secara tunggal (single) satu lawan satu, atau secara ganda (double) dua lawan dua. Permainan tennis lapangan pada dasarnya dapat di lakukan di lapangan terbuka, namun untuk pertandingan resmi harus dilakukan di dalam ruangan untuk menghindari pengaruh angin. 


Federasi Tennis Internasional (ITF, International Tennis Federation) selaku induk organisasi olahraga tennis sedunia telah menetapkan ukuran standar lapangan tennis internasional adalah sebagai berikut: 
  • Panjang lapangan tennis adalah                                       : 23,78 m
  • Lebar lapangan tennis adalah                                          : 10,97 m
  • Jarak garis servis dari garis net                                        : 6,40 m
  • Jarak garis pinggir permainan tunggal dari garis pinggir lapangan 1,37 m
  • Jarak tiang net untuk permainan tunggal adalah 0,914 m dari garis pinggir permainan tunggal
  • Jarak tiang net untuk permainan ganda adalah 0,914 m dari garis pinggir lapangan
  • Tinggi net bagian ujung (sama dengan tinggi tiang net)     : 1,07
  • Tinggi net tepat di tengah                                               : 0,914 m
  • Panjang ruangan                                                            : 36,7 m
  • Lebar ruangan                                                               : 18,3 m
Untuk lebih detail silahkan anda bisa melihat gambar berikut untuk ukuran lapangan tenis lapangan 
ukuran lapangan tenis lapangan

Bentuk Lapangan Tennis

Lapangan tennis berbentuk persegi panjang yang dibagi menjadi dua bidang permainan oleh bentangan net. Pada masing-masing bidang permainan terdapat garis servis, garis servis tengah, dan garis pinggir permainan tunggal. 

Demikianlah yang bisa volimaniak bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa menambah pengetahuan kita dalam bidang olahraga khususnya olahraga cabang tenis lapangan ini, semoga bermanfaat. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close