6 Syarat Kriteria Pembibitan Menjadi Pemain Bola Voli Yang Handal

6 Syarat Kriteria Pembibitan Menjadi Pemain Bola Voli Yang Handal ~ Pemain bola volly yang berbakat sangat menentukan tercapainya prestasi maksimal dalam bermain. pemain merupakan manusia yang terdiri dari jasmani dan rokhani dimana mempunyai pembawaaan sejak lahir yang akan diolah menjadi manusia berprestasi tinggi dalam permainan bola voli. untuk itu perlu adanya pencarian pemain yang memenuhi persyaratan-persyaratan sesuai dengan tuntutan dalam bermain bola volley.

Untuk itu dalam kesempatan kali ini volimaniak ingin berbagi kepada anda semuanya mengenai beberapa kriteria yang wajib anda ketahui untuk bisa mencari bibit pemain yang nantinya untuk bisa dilatih menjadi pemain bola volly yang handal. langsung saja yuk kita simak baik-baik apa saja syarat yang diperlukan untuk pemain bola volly yang baik ini, berikut rinciannya ;

http://volimaniak.blogspot.com/

Syarat Kriteria Pembibitan Menjadi Pemain Bola Voli Yang Handal mereka harus memiliki :
  1. Anatomis / somatis yang lengkap dan baik, tinggi badan 180 c ke atas untuk putera dan 160 cm keatas untuk puteri. bagi pemula bisa diperkirakan pada maksimal pertumbuhan nanti akan dapat mencapai tinggi sebagai persayaratan tinggi badan seorang pemain bola volley. Tinggi baadan akan mempengaruhi tingginya raihan pemain baik dalam sikap anatomis dan sikap saat meloncat untuk mengatasi ketinggian net dalam bermain. tungkai atas lebih panjang daripada tungkai bawah untuk daya loncatan dalam smash dan block. tnagan panjang ramping tetapi harus memiliki daya ledak tinggi untuk bisa memukul bola yang keras. atau power yang maksimal.
  2. Alat-alat fisiologis yang baik,artinya jantung kuat untuk memompa darah, paru-aru baik untuk pengambilan O2. susunan syaraf baik untuk menghantarkan rangsang. pencernaan makanan sempuran serta unsur-unsur fatal yang lain haruslah baik pula. hal ini sangat enting untuk menjamin kerja otot-otot dalam bermain bola volley.
  3. Kesehatan jasmani dan rokhani yang sempurna dalam melakukan gerakan bermain. pemain yang sakit jasmani maupun mental tidak mungkin dapat melakukan gerakan dengan baik.
  4. Kemampuan gerak yang tinggi baik dalam arti bakat dan yang sudah dikembangkan. seperti misalnya; kecepatan, power, stamina, koordinasi, kelentukan, reaksi dan masih banyak yang lainnya. kecakapan dalam bermain bola volley baik bersifat umum maupun kecakapan khusus. penguasaan teknik-teknik dan taktik bermain yang tinggi.
  5. Segi psikologis yang baik terutama daya fikir, kreatifitas, kemauan yang kuat, perasaan yang stabil, daya konsentrasi, disiplin, rasa tanggung jawab dan gotong royong
  6. kematangan bertanding atas dasar pengalaman-pengalaman.
Dari keenam persyaratan diatas, pemain setelah mengalami proses latihan yang baik dalam arti faktor-faktor penentu lainnya sempurna, maka akan dihasilkan dalam pemain bola volley yang berprestasi tinggi, pemain dikatakan berprestasi maksimal artinya pemain tersebut memiliki kemampuan jasmani untuk bola volley yang tinggi, berwatak dan berkepribadian yang baik pula. 

Demikian yang bisa volimaniak sampaikan semoga menjadi inspirasi anda dan jika anda ingin menjadi pelatih yang baik, minimal juga harus tahu bagaimana kriteria pemain yang baik. serta pencarian bibit pemain bola voli dari dini adalah kunci utama dalam menghasilkan bibit pemain bola volley yang handal. semoga bermanaat. terimakasih.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close