6 Syarat Kriteria Pembibitan Menjadi Pemain Bola Voli Yang Handal

6 Syarat Kriteria Pembibitan Menjadi Pemain Bola Voli Yang Handal ~ Pemain bola volly yang berbakat sangat menentukan tercapainya prestasi maksimal dalam bermain. pemain merupakan manusia yang terdiri dari jasmani dan rokhani dimana mempunyai pembawaaan sejak lahir yang akan diolah menjadi manusia berprestasi tinggi dalam permainan bola voli. untuk itu perlu adanya pencarian pemain yang memenuhi persyaratan-persyaratan sesuai dengan tuntutan dalam bermain bola volley.

Untuk itu dalam kesempatan kali ini volimaniak ingin berbagi kepada anda semuanya mengenai beberapa kriteria yang wajib anda ketahui untuk bisa mencari bibit pemain yang nantinya untuk bisa dilatih menjadi pemain bola volly yang handal. langsung saja yuk kita simak baik-baik apa saja syarat yang diperlukan untuk pemain bola volly yang baik ini, berikut rinciannya ;

http://volimaniak.blogspot.com/

Syarat Kriteria Pembibitan Menjadi Pemain Bola Voli Yang Handal mereka harus memiliki :
  1. Anatomis / somatis yang lengkap dan baik, tinggi badan 180 c ke atas untuk putera dan 160 cm keatas untuk puteri. bagi pemula bisa diperkirakan pada maksimal pertumbuhan nanti akan dapat mencapai tinggi sebagai persayaratan tinggi badan seorang pemain bola volley. Tinggi baadan akan mempengaruhi tingginya raihan pemain baik dalam sikap anatomis dan sikap saat meloncat untuk mengatasi ketinggian net dalam bermain. tungkai atas lebih panjang daripada tungkai bawah untuk daya loncatan dalam smash dan block. tnagan panjang ramping tetapi harus memiliki daya ledak tinggi untuk bisa memukul bola yang keras. atau power yang maksimal.
  2. Alat-alat fisiologis yang baik,artinya jantung kuat untuk memompa darah, paru-aru baik untuk pengambilan O2. susunan syaraf baik untuk menghantarkan rangsang. pencernaan makanan sempuran serta unsur-unsur fatal yang lain haruslah baik pula. hal ini sangat enting untuk menjamin kerja otot-otot dalam bermain bola volley.
  3. Kesehatan jasmani dan rokhani yang sempurna dalam melakukan gerakan bermain. pemain yang sakit jasmani maupun mental tidak mungkin dapat melakukan gerakan dengan baik.
  4. Kemampuan gerak yang tinggi baik dalam arti bakat dan yang sudah dikembangkan. seperti misalnya; kecepatan, power, stamina, koordinasi, kelentukan, reaksi dan masih banyak yang lainnya. kecakapan dalam bermain bola volley baik bersifat umum maupun kecakapan khusus. penguasaan teknik-teknik dan taktik bermain yang tinggi.
  5. Segi psikologis yang baik terutama daya fikir, kreatifitas, kemauan yang kuat, perasaan yang stabil, daya konsentrasi, disiplin, rasa tanggung jawab dan gotong royong
  6. kematangan bertanding atas dasar pengalaman-pengalaman.
Dari keenam persyaratan diatas, pemain setelah mengalami proses latihan yang baik dalam arti faktor-faktor penentu lainnya sempurna, maka akan dihasilkan dalam pemain bola volley yang berprestasi tinggi, pemain dikatakan berprestasi maksimal artinya pemain tersebut memiliki kemampuan jasmani untuk bola volley yang tinggi, berwatak dan berkepribadian yang baik pula. 

Demikian yang bisa volimaniak sampaikan semoga menjadi inspirasi anda dan jika anda ingin menjadi pelatih yang baik, minimal juga harus tahu bagaimana kriteria pemain yang baik. serta pencarian bibit pemain bola voli dari dini adalah kunci utama dalam menghasilkan bibit pemain bola volley yang handal. semoga bermanaat. terimakasih.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

30 Responses to "6 Syarat Kriteria Pembibitan Menjadi Pemain Bola Voli Yang Handal"

  1. izin ya kak! tq infonya,,tapi ini menurut siapa y? maksud saya apa ada sumber bukunya? saya lagi penelitian,,tlg infonya tentang hal2 y mengatakan bahwa tinggi badan cukup berpengaruh dalam permainan bola voli..sekali lg makasi banyak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya tinggi badan sangat pengaruh mbak dalam smash bola voli, kalau buku ada, metode melatih bola voli namanya, saya dapatkan waktu kuliah di UNNES

      Delete
  2. nama pengarangnya masi ingat g kak? mf ni merepotkan^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. NAMA PENGARANGNYA DRs. SUHARNO,H.P

      Delete
  3. Kalau misal orang yang terkena varises itu bisa jd atlet voli ngga ya ?

    ReplyDelete
  4. Misal ada orang yang kena varises ya .apakah orang itu bisa menjadi atlet voli nasional ? Atau atlet voli daerah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa tidak masalah mas, asal penguasaan teknik nya baik dan memiliki kecakapan yang baik dalam bermain bola voli saya rasa sah sah saja kok, kan bukan seleksi jadi polisi jadi varises atau tidak gak masalah

      Delete
  5. Gan kalau tinggi saya -+ 175 cm dan umur saya 13 th. Kira2 bisa jadi pemain yang berkualitas tinggi nggak?

    ReplyDelete
  6. Gan kalau tinggi saya -+ 175 cm dan umur saya 13 th. Kira2 bisa jadi pemain yang berkualitas tinggi nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas, itu peluang sangat bagus sekali dan bisa jadi pemain handal, karena kemungkinan besar tinggi masih bisa meningkat lagi dan latihan fisik yang rutin untuk lebih optimal

      Delete
  7. Mas, mau tanya.. kalo misalkan umur sudah 20 thn ke atas.. apa masih bisa/belum terlambat untuk menjadi pemain bola voli ? Tinggi saya 165cm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas tidak masalah itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu latihan yang keras dan disiplin, pelajari teknik dasarnya dulu, baru deh ke teknik yang lebih lanjut

      Delete
  8. Mas mau tanya.. kalo umur sudah 20 thn ke atas, apa masih bisa menjadi pemain bola voli ?? Dan jg tinggi saya cma 165cm..Saya mau masuk sekolah voli tapi ga pede..

    ReplyDelete
  9. Umur saya 20, tinggi 174. Ada tidak pemain bagus yg tingginya -+ seperti saya? Utk posisi slain libero. Soalnya kdang kurang pede utk lanjut voli kalau mengingat tinggi saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tinggi segitu dah ideal kok mas jadi pemain bola voli, asal penguasaan teknik yang baik dan punya jumping yang tinggi

      Delete
  10. Min tinggi saya 160an apakah bisa menjadi pemain volly handal.. Di net tangan saya hanya muncul sampai sebatas pergelangan.. Umur saya 13 tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih banyak peluang mas untuk bisa menjadi pemain bola voli handal, dan tinggi badan masih bisa di tingkatkan, banyak latihan renang untuk menunjang tinggi badannya ya, dan juga latihan jumping terus,

      Delete
    2. Mas umur saya 21 thun tinggi badan saya 185, apakah saya masih mempunyai harapan untuk, menjadi pemain proliga atopun pemain tarkam ? Terima kasih

      Delete
  11. Mas mau tanya umur saya 21 thun, tinggi badan 185 cm, apakah itu masih mungkin untuk menjadi pemain prapon ato proliga ? Terima kasih

    ReplyDelete
  12. Mas umur saya 21 thun tinggi badan saya 185, apakah saya masih mempunyai harapan untuk, menjadi pemain proliga atopun pemain tarkam ? Terima kasih

    ReplyDelete
  13. Min .anak sy umur 19 th tinggi 178 cm dan lulus sma th 2015..permainanya voley bal nya sih udah lumayan .
    Harus kemanakah supaya anak sy jd pemain profesional .
    Yerima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa ikut pelatihan / klub bola voli di daerah setempat anda,kalau perlu di kabupaten biasanya akan lebih mudah untuk masuk tim besar jika memnag bakat anda bagus

      Delete
    2. Kalau tinggi 178 tapi badan kurus apa bisa jadi pemain volly? Trimakasih

      Delete
  14. kalo tingginya di bawah standar yang sudah di tentukan tapi jumping nya diatas rata-rata gimana ???????

    ReplyDelete
  15. kalo tinggi badannya di bawah standar yang sudah di tentukan, tapi loncatannya diatas rata rata gimana ???

    ReplyDelete
  16. Tinggi 178 tapi badan kurus apa bisa jadi pemain volly?

    ReplyDelete
  17. Mas,lompatan/raihan yg harus digapai untuk spiker atau blocker itu berapa ya mininal

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya tidak ada minimal mas, untuk lebih bagusnya kurang lebih 60cm - 1 meter bisa lebih, tergntung postur badan juga, semakin tinggi lompatan tentunya akan lebih bagus

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.