Faktor-faktor Yang Berpengaruh Dalam Melakukan Pola Hidup Sehat

Faktor-faktor Yang Berpengaruh Dalam Melakukan Pola Hidup Sehat ~ Kesehatan tubuh merupakan yang terpenting. tanpa sehat kita tidak akan bisa berkatifitas dengan maksimal. siapa sih yang tidak ingin selalu dalam keadaan sehat. jika anda ingin selalu dalam keadaan sehat setidaknya anda harus menerapkan pola hidup sehat mulari dari sekarang. kali ini volimaniak ingin berbagi kepada anda semuanya bagaimana cara mencapai pola hidup sehat. 

Kesehatan dipengaruhi banyak faktor, ada faktor bawaan, faktor yang didapat sejak lahir dan faktor lingkungan. Ada yang bisa disikapi atau disiasati tapi ada yang harus diterima apa adanya, kalau orang yang tinggal dikota harus bersiap untuk menghirup udara yang tercemar polusi, bekerja malam harus mengorbankan tidur malam dan sebagainya.

http://volimaniak.blogspot.com/

Hidup sehat dan benar itu hanya dengan empat kalimat, yaitu : makan yang pantas, berolahraga dengan teratur, stop rokok dan alkohol, serta mental dan batin tenang dan seimbang. Dengan empat tersebut menurut sebuah penelitian, penyakit tekanan darah tinggi berkurang 55%, stroke dan jantung koroner berkurang 75%, diabetes berkurang 50%, tumor berkurang 35%, dan usia rata-rata dapat diperpanjang 10 tahun ke atas dari rata-rata usia harapan manusia.

Oleh karena itu, untuk mewujudkan semua hal tersebut, volimaniak memberikan tips mengenai cara menghargai hidup agar berjalan dengan teratur dan sesuai dengan yang diharapkan. Tips tersebut antara lain sebagai berikut.


a. Udara bersih

Udara bersih dan segar merupakan hal pokok untuk hidup sehat. Sepanjang hari dan saat tidur malam hari, ventilasi yang cukup dalam rumah dan tempat kerja menjamin bahwa darah kita akan selalu mendistribusikan cukup oksigen pada setiap jaringan tubuh. Menghirup udara pagi juga merupakan salah satu cara yang baik untuk melancarkan kelangsungan oksigen didalam tubuh.

b. Sinar matahari

Cahaya matahari banyak memberikan keuntungan, diantaranya :

  1. 15 – 30 menit di bawah sinar matahari tiap harinya baik pagi maupun sore membantu tubuh untuk mensintesa vitamin. Contohnya vitamin D yang berguna untuk menghasilkan Ca dan F yang berfungsi dalam membangun dan memperbaiki tulang.
  2. Cahaya matahari bisa membunuh bakteri
  3. Cahaya matahari menolong seseorang untuk beradaptasi dengan dunia malam atau depresi terhadap musin dingin.
c. Istirahat

Tubuh harus dapat istirahat untuk memperbaiki dirinya sendiri. Kita harus menyediakan waktu berekreasi dan beristirahat untuk menghilangkan ketegangan dalam pekerjaan. Tanpa istirahat yang cukup orang sering kali kegugupan tiap kali berbicara, depresi dan mudah tersinggung, maka istirahat yang cukup itu perlu.

d. Gerak badan

Gerak badan atau olahraga penting bagi kesehatan kita, karena :
  1. Gerakan badan membantu untuk menormalkan tekanan darah.
  2. Gerakan badan membiarkan lebih banyak darah mencapai setiap jaringan tubuh untuk mempertahakan kehangatan.
  3. Gerakan badan memberikan energi listrik ke otak dan sel-sel saraf, hal ini memberikan kesehatan dengan merangsang system kekebalan tubuh.
  4. Gerakan badan menjaga anda agar tampak segar dan bugar.
e. Air
  1. Karena air sangat dibutuhkan oleh setiap sel dalam tubuh, maka kita harus minum banyak air, karena:
  2. Dalam ukuuran berat, tubuh berisi kurang lebih 70% air.
  3. Tubuh membutuhkan kira-kira setengah atau dua liter air setiap harinya untuk menjalankan setiap fungsinya, sebagian dari fungsi itu termasuk sirkulasi darah, pembuangan, penyaluran gizi, dan pencernaan.
  4. Kadar air di dalam sel kira-kira 70-85% jika kita kekurangan air, sel-sel ini tidak bisa menolong kita siap secara mental. Selain minum air, mandi denga air dingin atau hangat pun juga mempergaruhi hidup sehat. Karena hal tersebut dapat meningkatkan sirkulasi dan menambah energi bagi tubuh dan pikiran juga dapat mengendorkan saraf yang terganggu.
Demikian yang bisa volimaniak share pada kesempatan kali ini s`emoga bisa bermanfaat dan membantu bagi anda yang membutuhkan referensi mencapai pola hidup sehat. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close