Fase / Tahapan Dalam Jalan Cepat

Fase / Tahapan Dalam Jalan Cepat ~ Jalan cepat adalah gerak maju langkah kaki yang dilakukan sedemikian rupa sehingga kontak dengan tanah tetap terpelihara dan tidak terputus. Selama saat setiap langkah, kaki yang bergerak maju pejalan kaki harus berhubungan/menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. Kaki penyangga harus diluruskan (tidak bengkok di lutut) untuk sekurang-kurangnya sesaat dalam posisi tegak/vertikal.

Salah satu olaharaga yang tergolong dalam atletik adalah jalan cepat ini. dalam setiap pembelajaran olahraga apapun pasti memerlukan beberapa tahapan serta ada teknik dasar yang harus dikuasai terlebih dahulu untuk bisa bermain olahraga tersebut dengan baik. dalam kesempatan kali ini volimaniak ingin berbagi kepada andas semua mengenai beberapa fase atau tahapan yang harus anda ketahui serta anda kuasai agar bisa melakukan jalan cepat dengan baik dan tentunya bisa menghasilkan kualitas dan prestasi yang lebih baik juga. yuk langsung saja kita lihat uraiannya :


a. Fase Tumpuan Dua Kaki

Fase gerakan tumpuan dua kaki ini terjadi sangat singkat. Pada saat kedua kaki menyentuh tanah, pada saat itu pula berakhir dorongan yang diikuti oleh gerakan tarikan. Tarikan ini lebih lama dan menyebabkan gerakan berlawanan antara bahu dan pinggul. 
http://volimaniak.blogspot.com/

b. Fase Tarikan

Fase gerakan tarikan dimulai setelah gerakan terdahulu selesai. Gerakan ini dilakukan oleh kaki depan akibat kerja tumit dan koordinasi seluruh bagian badan. Gerakan ini selesai apabila badan berada di atas kaki penopang.
http://volimaniak.blogspot.com/

c. Fase Relaksasi

http://volimaniak.blogspot.com/

Tahap ini barada antara selesainya fase tarikan dan awal dari fase dorongan kaki. Pinggang ada pada bidang yang sama dengan bahu. Lengan vertikal dan paralel di samping badan.

d. Fase Dorongan

Fase ini dilakukan apabila fase terdahulu selesai dan bila titik pusat gravitasi badan mengambil alih kaki tumpu. Kaki yang baru saja menyelesaikan tarikan mulai mengambil alih gerakan dorongan. Kaki yang lain bergerak maju dan diluruskan. Jangkauan gerak yang lebar di mana pinggang berada pada sisi yang sama, maju searah, memungkinkan suatu fleksibilitas yang besar dan memberi kaki dorong waktu yang lebih lama bekerja dengan meluruskan pergelangan kaki. Lengan melakukan fungsi pengimbangan secara diametris/wajar berlawanan dengan kaki.

http://volimaniak.blogspot.com/

Demikian yang bisa volimaniak share mengenai fase-fase dalam jalan cepat. semoga bisa bermanfaat dan saya ucapkan terimakasih
Powered by Blogger.