Jenis Pendekatan Pembelajaran

Jenis Pendekatan Pembelajaran ~ Guru harus selalu menelaah gaya mengajar dan membuat analisis pembelajaran untuk memilih gaya mengajar yang sesuai. Selain itu, guru juga harus mengenal pembelajaran gerak. Pembelajaran adalah perubahan yang relatif menetap sebagai hasil dari latihan atau pengalaman. Dimensi dalam pembelajaran gerak adalah : pembelajaran gerak harus dapat merangsang peserta didik untuk berpikir, pembelajaran dipengaruhi persepsi peserta didik tentang situasi pembelajaran, mengajar bukan hanya transfer ilmu, peserta didik perlu belajar bagaimana menggunakan ilmu pengetahuan tentang gerak dalam berbagai cara, peserta didik harus terlibat dalam seluruh pembelajaran, peserta didik melakukan gerak sesuai batas kemampuannya, kepemimpinan adalah faktor penting dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran, guru harus dapat menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai,

Berkaitan mengenai pendidikan serta untuk bisa melakukan kegiatan pembelajaran yang baik seorang guru harus melakukan beberapa pendekatan pembelajaran, kali ini volimaniak akan memberikan gambaran jenis pendekatan pembelajaran. berikut keterangannya :
http://volimaniak.blogspot.com/

Jenis Pendekatan Pembelajaran adalah : 
1. Inclusive (cakupan)
Iclusive atau cakupan adalah peserta didik dengan berbagai tingkat keterampilan berpartisipasi dalam tugas yang sama dengan memilih tingkat kesulitan di mana mereka dapat melakukan. Contoh : Lompat tinggi mistar miring, peserta didik yang sudah mampu melompat dengan baik, maka ia melakukan pada mistar yang tinggi, yang kemampuannya sedang melompat pada mistar tengah- tengahnya, sedangkan yang masih belum mampu melompat pada mistar yang rendah.
2. Whole, Part dan Whole–Part-Whole (keseluruhan, perbagian) 
Whole, Part dan Whole–Part-Whole (keseluruhan, perbagian) adalah pendekatan pembelajaran dengan memberikan keseluruhan atau bagian per bagian. Keseluruhan, jika keterampilan gerak harus diajarkan secara keseluruhan, sehingga peserta didik dapat memahami gerakan secara keseluruhan, misalnya ketika mengajarkan lompat tinggi, maka harus diberikan secara keseluruhan. Perbagian jika tingkat kesulitan gerak tinggi dan harus diberikan perbagian, dan kemudian bagian-bagian gerakkan digabungkan untuk dilakukan secara keseluruhan.
3. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual 
Pendekatan Pembelajaran Kontekstual adalah pedekatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memproses informasi baru atau pengetahuan sedemikian rupa sehingga masuk akal untuk mereka dalam bingkai mereka sendiri.
4. Pendekatan Scientific 
Pendekatan Scientific adalah pendekatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan penyelidikan ilmiah dengan observasi, eksperimen dan mengembangkan pengetahuannya sendiri dengan dipandu oleh guru.

Demikian yang bisa volimaniak mengenai pendidikan yaitu kegiatan proses pembelajaran melalui beberapa pendekatan. setelah anda mengetahui jenis pendekatan pembelajaran, diharapkan proses pembelajaran akan lebih variatif serta tercapai tujuan utama kegiatan belajar mengajar tersebut, semoga bermanfaat.terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Jenis Pendekatan Pembelajaran"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close