Jenis Penilaian Dalam Pembelajaran

Jenis Penilaian Dalam Pembelajaran ~ Pengajaran dan pembelajaran yang efektif adalah jika dilakukan evaluasi, dimulai sejak kegiatan di awal hingga akhir tahun ajaran. Dalam evaluasi dilakukan penilaian terhadap kemajuan peserta didik, untuk melihat apakah pengalaman belajar yang direncanakan tercapai. Penilaian meliputi tiga aspek utama yaitu afektif (sikap dan  perilaku), psikomotor (keterampilan motorik dan kebugaran) serta pengetahuan.  Beberapa teknik untuk melakukan penilaian adalah: pengamatan, tes tulis, tes unjuk  gerak. Seluruh hasil penilaian dicatat dan dilaporkan kepada sekolah dan orangtua.

Saat ini, dalam pendidikan dikembangkan Penilaian autentik, yaitu penilaian atas hasil belajar melalui unjuk keterampilan dan kompetensi tertentu, untuk menunjukkan penguasaan atas ilmu dan keterampilan (Richard J. Stiggins;1987) menggeser metode penilaian tradisional yang menggunakan tes tulis (pilihan ganda, mengisi bagian pernyataan yang kosong, benar-salah, mencocokkan) yang selama ini digunakan. Lima perbedaan mendasar dari penilaian otentik dan tradisional adalah :
http://volimaniak.blogspot.com/
  1. penilaian autentik melalui unjuk kerja, sedangkan tradisional melalui bagaimana respon peserta didik.
  2. Penilaian autentik berdasarkan pendekatan pada kehidupan nyata, bukan diciptakan seperti dalam penilaian tradisional.
  3. Penilaian autentik adalah melalui aplikasi bukan hanya mengenali.
  4. Penilaian autentik digunakan untuk menilai aspek spiritual dan sosial; pengetahuan dan keterampilan.
  5. penilaian trasdional adalah teacher-structured, dan student-structured pada penilaian autentik.
  6. Penilaian autentik dilakukan seketika, penilaian tradisional tidak langsung dilakukan
Penilaian autentik memiliki 3 komponen, yaitu: standar, portofolio, serta tugas dan rubrik. Standar adalah capaian yang dapat diobservasi dan terukur. yaitu Kompetensi inti, Kompetensi dasar dan indikator yang harus dipahami dan mampu dilakukan oleh peserta didik. 

Tugas yang diberikan kepada peserta didik dirancang untuk dapat menilai kemampuan dan kompetensi peserta didik dalam mengaplikasikan kemampuan dan ilmu yang dimiliki dalam kehidupan nyata. Rubrik adalah skala penilaian/skor yang digunakan untuk menilai unjuk kerja peserta didik berdasarkan kriteria tugas yang diberikan. Penilaian autentik menggunakan skala pengukuran, yang disesuaikan dengan capaian kriteria/ indikator oleh peserta didik

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close