Jenis Pukulan Pada Permainan Badminton/Bulutangkis

Jenis Pukulan Pada Permainan Badminton/Bulutangkis ~ Badminton merupakan olahraga yang sudah cukup populer di kalangan masyararakat. olahraga ini sudah banyak kita jumpai baik dari kota maupun didesa, banyak orang menggemari dan suka bermain dengan badminton atu bulutangkis, tahukah anda beberapa teknik dasar bulutangkis bisa dirinci lagi kedalam beberapa bagian. jika anda memang hobi dengan bulutangkis anda harus tahu beberapa jenis pukulan yang ada pada bulutangkis ini. 

Pada kesempatan kali ini volimaniak akan berbagi dan menjelaskan kepada anda semua mengenai jenis pukulan yang ada pada permainan bulu tangkis. berikut rinciannya ;

http://volimaniak.blogspot.com/

1. Underhand (Pukulan dari Bawah)

Jenis pukulan ini dominan digunakan dalam permainan bulutangkis. Seperti halnya teknik dasar “pukulan dari atas kepala”, untuk menguasai teknik dasar ini, pertama-tama, harus trampil berlari sambil melakukan langkah lebar, dengan kaki kanan berada di depan kaki kiri untuk menjangkau jatuhnya kok.
Ada dua jenis pukulan underhand:
  1. Clear Underhand, pukulan atau dorongan yang diarah kan tinggi ke belakang.
  2. Flick Underhand, pukulan atau dorongan mendatar ke arah belakang.
Untuk lebih jelas mengenai pukulan underhand lihat disini.

2. Overhead Clear/Lob

Pusatkan perhatian lebih untuk menguasai pukulan overhead lob ini, karena teknik pukulan lob ini banyak kesamaannya dengan teknik smes dan dropshort. Pukulan overhead lob adalah bola yang dipukul dari atas kepala, posisinya biasanya dari belakang lapangan dan diarahkan keatas pada bagian belakang lapangan.

Ada dua jenis overhead lob :
  1. Deep lob/Clear, bolanya tinggi ke belakang.
  2. Attacking lob/Clear, bolanya tidak terlalu tinggi.
3. Round The Head Clear/Lob/Drop/Smash

Adalah bola overhead (di atas) yang dipukul di bagian belakang kepala (samping telinga sebelah kih). Dibanding dengan overhead yang biasa, pukulan di belakang kepala ini relatif lebih sulit. Karena untuk bisa melakukan pukulan (teknik) ini diperlukan ekstra kekuatan kaki, kelenturan, footwork yang balk, dan koordinasi. Biasanya pukulan ini dilakukan secara terpaksa karena untuk melakukannya harus dengan pukulan backhand.

4. Smash

Smash Yaitu pukulan overhead (atas) yang diarahkan ke bawah dan dilakukan dengan tenaga penuh. Pukulan ini identik sebagai pukulan menyerang. Karena itu tujuan utamanya untuk mematikan lawan. Pukulan smes adalah bentuk pukulan keras yang sering digunakan dalam permainan bulutangkis.  Dropshot (Pukulan Potong) Adalah pukulan yang dilakukan seperti smes. Perbedaannya pada posisi raket saat perkenaan dengan kok. Bola dipukul dengan dorongan dan sentuhan yang halus. Dropshot(pukulan potong) yang balk adalah apabila jatuhnya bola dekat dengan net dan tidak melewati garis ganda.

5. Netting

Netting adalah pukulan yang dilakukan dekat net, diarahkan sedekat mungkin ke net, dipukul dengan sentuhan tenaga halus sekali. Pukulan netting yang baik yaitu apabila bolanya dipukul halus dan melintir tipis dekat sekali dengan net.

6. Return Smash

Return Smash adalah pukulan yang lebih identik dengan pola pertahanan. Namun demikian pengembalian smash yang baik bisa menjadi serangan balik. Jenis-jenis pengembalian smash:
  1. Pengembalian pendek, yaitu pengembalian dimana bolanya jatuh dekat net. Banyak terjadi pada permainan tunggal. Tujuannya untuk memaksa lawan berlari jauh.
  2. Pengembalian drive (mendatar),lebih banyak dilakukan pada permainan ganda. Tujuannya untuk tidak memberi kesempatan lawan melakukan serangan.
  3. Pengembalian panjang, yaitu pengembalian bola ke arah belakang lagi. Pukulan ini blasanya hanya bisa dilakukan oleh pemain yang sudah trampil dan mempunyai pergelangan tangan kuat.
7. Backhand Overhead

Pukulan ini bisa dlkategorikan paling sulit, terutama bagi pemain pemula. Karena secara biomekanik teknik pukulan ini selain menuntut koordinasi anggota badan yang sempurna, juga penguasaan grip dan timing yang tepat. Tanpa ketiga hal tersebut, tenaga besar sekalipun tidak bisa menghasilkan kualitas pukulan yang baik.

8. Drive

Pukulan Drive adalah pukulan cepat dan mendatar banyak digunakan dalam permaianan ganda. Tujuannya untuk menghindari lawan menyerang atau sebaliknya memaksa lawan mengangkat bola dan berada pada posisi bertahan. Pukulan ini menuntut ketrampilan grip, reflek yang sepat dan kekuatan pergelangan tangan.

Demikian ulasan yang bisa volimaniak sampaikan mengenai jenis-jenis pukulan pada permainan bulutangkis, semoga bisa menambah pengetahuan anda, dan anda bisa menguasai semua teknik dari bulutangkis sehingga anda menjadi pemain yang handal. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close