Macam-macam Vitamin dan Fungsinya

Macam-macam Vitamin dan Fungsinya ~ Vitamin merupakan zat-zat organik yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Manusia membutuhkan vitamin untuk memberikan nutrisi pada tubuh. Vitamin-vitamin dapat kita jumpai pada sayuran, buah-buahan maupun daging. Vitamin ini dibedakan menjadi dua yaitu vitamin yang laru di dalam air dan yang larut pada lemak. Vitamin yang larut pada air adalah vitamin B dan C, sedangkan untuk lemak adalah A,D,E dan K. 

Pada Kesempatan kali ini volimaniak ingin mengajak anda semuanya untuk lebih mengenal dan mengetahui fungsi vitamin, dari tiap makanan yang kita makan tiap hari mempunyai beberapa kandungan zat gizi yang diantaranya adalah vitamin. secara umum fungsi vitamin adalah :

Macam-macam Vitamin dan Fungsinya

  1. Menjaga kesehatan tubuh
  2. mempengaruhi pertumbuhan dan pembentukan jaringan yang baru
  3. mengatur penggunaan makan dalam tubuh manusia
Untuk lebih jelasnya tentang macam-macam vitamin maka lansung saja volimaniak akan menjabarkan penjelasannya sebagai berikut :

Vitamin A
http://volimaniak.blogspot.com/Vitamin A ini sering kita jumpai pada makan ikan, susu, mentega, minyak, buah-buahan, sayur, dan lain sebagainnya. Vitamin ini berfungsi untuk menjaga kesehatan mata kita.
Vitamin B
Vitamin B adalah vitamin yang memiliki banyak jenis yaitu;
  1. Vitamin B1, Vitamin B1 ini dapat diperoleh pada makanan beras, ragi, kacang-kacangan, dan bekatul. Fungsi yang dimiliki oleh vitamin ini adalah dapat memperlancar reaksi metabolisme karbohidrat dan mencegah penyakit beri-beri.
  2. Vitamin B2, Sumber makanan yang mengandung vitamin B2 ini adalah telur, hati, sayur-sayuran, susu, dan keju. Fungsi Vitamin B2 ini adalah mencegah gangguan pada kulit, mencegah lidah tidak memecah jalubu, mencegah kelainan mata seperti berair tidak tahan sinar atau silau dan mata terasa panas.
  3. Vitamin B3, Sumber makanan yang mengandung Vitamin B3 adalah hati, tomat, kedelai, kol, bayam, susu dan lainnya. fungsi Vitamin B3 ini adalah untuk mencegah penyakit pellagra.
  4. Vitamin B12, Sumber makanan yang mengandung vitamin B12 adalah hati, daging, kerang dan lainnya. Fungsi vitamin B12 adalah mencegah penyakit kurang darah.
Vitamin C ( Asam Askorbat)
Vitamin C sering terdapat pada makanan buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, pepaya dan lainnya. selain itu vitamin C juga terdapat pada sayuran. Fungsi vitamin C adalah untuk mencegah penyakit scorbut atau gusi berdarah.
Vitamin D ( Alpha Tocoperol)
Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin D adalah ikan, mentega, minyak ikan, kuning telur dan susu. Fungsi Vitamin D ini adalah untuk mencegah kelainan pertumbuhan tulang.
Vitamin K (Alpha Tocoperol)
Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin K ini adalah sayur-sayuran, kacang-kacangan dan kecambah. Fungsi vitamin K ini adalah untuk mencegah kemandulan.
Ok sementara itu dulu yang bisa volimaniak share pada kesempatan kali ini mengenai macam-macam vitamin dan fungsinya.tunggu terus update dari volimaniak. semoga bermanfaat terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

2 Responses to "Macam-macam Vitamin dan Fungsinya"

  1. Terimakasih atas informasi yang bermanfaat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAMA-SAMA MAS, SEMOGA BISA LEBIH TAHU MANFAAT VITAMIN

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close