Penyebab Pingsan Dan Cara Petolongannya

Penyebab Pingsan Dan Cara Petolongannya ~ Pernahkan anda mengalami pingsan? penasaran ingin tahu bagaimana sebenarnya pingsan itu bisa terjadi, tunggu dan baca sesaat lagi anda akan tahu apa penyebab pingsan dan bagaimana cara menolongnya. sering kali saya melihat banyak dikalangan remaja yang mengalami pingsan terutama bagi kaum perempuan. hal ini sering terjadi ketika upacara senin pasti ada sebagian anak perempuan yang pingsan. sebenarnya apa sih pingsan itu dan apa sebab-sebabnya. yuk kita bahas bersama-sama. 

http://volimaniak.blogspot.com/
Pingsan adalah suatu kondisi kehilangan kesadaran yang mendadak, dan biasanya sementara, yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Kehilangan kesadaran secara tiba-tiba, biasanya hanya beberapa detik atau menit, karena otak tidak mendapatkan cukup oksigen. 

a. Penyebab Pingsan adalah  :
  1. Postural hipotensi adalah suatu kondisi umum. Hal ini terjadi ketika seseorang telah duduk selama beberapa saat dan kemudian tiba-tiba mengalami perasaan pusing ketika berdiri. 
  2. Dehidrasi parah juga menyebabkan pingsan. Hal ini terutama terlihat pada anak- anak yang banyak olahraga di luar ruangan selama musim panas. Hilangnya cairan diterjemahkan kurangnya darah tersedia di otak dan otot. Penurunan volume darah adalah yang menyebabkan pingsan pada anak-anak. 
  3. Anemia adalah suatu kondisi kurangnya salah satu sel darah merah atau hemoglobin. Hal ini menyebabkan kurangnya jumlah oksigen mencapai otak yang menyebabkan pingsan. 
  4. Setiap jenis perubahan irama jantung dapat mengakibatkan fluktuasi dalam jumlah darah yang dipompa ke berbagai bagian tubuh atau yang disebut arrhythmia. Kondisi katup jantung juga dapat menyebabkan arrhythmia, sekali lagi yang dapat menyebabkan perubahan dalam fungsi hati. Ketersediaan oksigen dalam tubuh yang tiba-tiba menurun dapat menyebabkan pingsan. 
  5. Serangan jantung ringan atau segala jenis kematian jantung mendadak juga dapat menyebabkan seseorang pingsan. 
  6. Vasovagal syncope atau neurocardiogenic syncope adalah suatu kondisi di mana penurunan tekanan darah akibat tindakan saraf vagus dan membuat orang pingsan. Hal ini biasanya terlihat ketika seseorang tiba-tiba mendengar berita buruk atau melihat gambar berdarah, dan lainnya. 
  7. Pingsan selama kehamilan juga umumnya terjadi. Ada banyak faktor yang menyebabkan pingsan selama kehamilan. Kurang gizi, anemia, telentang untuk waktu lama, bisa menyebabkan pingsan selama kehamilan.
  8. Penurunan gula darah tiba-tiba menyebabkan penurunan glukosa yang tersedia untuk fungsi otak. Hal ini dapat dilihat pada penderita diabetes yang cenderung overdosis insulin. Jika orang kehilangan dosis, mungkin tergoda mengambil dosis insulin tambahan untuk menebus dosis yang terabaikan. Dalam kasus tersebut, gula darah cenderung tiba-tiba jatuh, dan membuat orang menjadi shock insulin.
  9. Occupational syncope merupakan orang yang pingsan karena pemicu yang merupakan fungsi tubuh normal, seperti batuk, bersin, jatuh dari bangku, mengejan pada saat buang air besar, atau lainnya.
  10. Ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh dapat juga membuat seseorang merasa pusing. Ini karena perubahan konsentrasi cairan dalam tubuh dan juga secara langsung mempengaruhi tekanan darah dalam tubuh.
  11. Kadang-kadang, seseorang pingsan sebagai akibat dari reaksi alergi terhadap beberapa obat atau pengobatan.
b. Gejala-gejala pingsan adalah:

Gejala-gejala pingsan dapat diketahui ketika seseorang mengalami pusing ketika duduk atau berdiri, mual, badan panas, dingin, berkeringat, dan kulit pucat sebelum mereka akan pingsan.

c. Pertolongan ketika ada orang pingsan bisa lakukan beberapa hal berikut :

Langkah pertama yang harus diambil ada yang pingsan adalah:
  1. Mengembalikan kesadarannya dengan memberikan bau-bauan yang menyengat seperti parfum atau minyak kayu putih.
  2. Buat kepalanya lebih rendah dari kaki agar darah bisa mengalir ke otak.
  3. Jika korban pingsan muntah miringkan kepalanya agar jalur pernapasannya bisa lancar kembali.
  4. Jika sudah sadar beri air minum.
Demikian yang bisa volimaniak sampaikan mengenai penyebab pingsan dan cara pertolongannya, semoga bisa membantu anda semuanya ketika menjumpai orang yang sedang pingsan. jadi tidak asal menolong saja, anda juga harus tahu bagaimana cara menolongnya dengan benar.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

2 Responses to "Penyebab Pingsan Dan Cara Petolongannya"

  1. untuk mengembalikan kesadaran orangyg pingsan bukankah sebaiknya tidak perlu diberi bau-bau yg menyengat? nanti orangnya malah pusing gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem bau menyengat tujuannya adalah untuk menyadarkannya saja, dan bau itu juga yang bisa mengobati, dan menyengat di sini tidak yang bau lo ya, bisa di coba dikasih bau minyak kayu putih dan sejenisnya, jangan salah pemahaman mengenai bau yang menyengat ini ya

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.