Peralatan Permainan Softball Komplit

Peralatan Permainan Softball Komplit ~ Permainan softball adalah permainan yang mirip dengan permainan kasti. permainan ini merupakan permainan beregu yang satu regunya terdiri dari 9 orang pemain. permainan ini pertama kali di temukan oleh George Hancock pada tahun 1887 di kota Chicago, Amerika Serikat. 

Dalam Permainan softball diperlukan peralatan atau sarana prasarana agar permainan dapat berjalan dengan maksimal. Untuk itu pada kesempatan kali ini volimaniak ingin mengajak anda semuanya untuk lebih mengetahui apa saja peralatan yang dibutuhkan untuk bisa bermain softball dengan baik. langsung saja mari yuk kita belajar lagi memahami macam-macam olahraga.

Peralatan atau sarana prasarana yang diperlukan untuk bermain softball 


1. Lapangan 


Untuk lebih detail tentang ukuran lapangan softball klik disini


2. Bola


http://volimaniak.blogspot.com/
Minimal peralatan yang dibutuhkan dalam sebuah pertandingan softball termasuk sebuah bola. Softball menggunakan bola berwarna kuning dengan benang grip berwarna merah, yang sebelumnya berwarna putih dengan grip putih.


3. Sarung tangan (glove)



http://volimaniak.blogspot.com/

Sarung tangan atau glove dikenakan oleh seluruh pemain bertahan untuk menangkap bola, sementara first baseman dan penangkap bola mengenakan mitt (glove mempunyai jari, sedangkan mitt tidak).


4. Tongkat pemukul (bat)


http://volimaniak.blogspot.com/

Tongkat pemukul atau bat yang digunakan dalam pertandingan resmi adalah bat khusus yang diperuntukkan untuk softball. Ketentuan pemakaian dan kharakteristik bat yang boleh digunakan tertuang dalam peraturan Federasi Softball Internasional.


5. Helm pemukul bola



http://volimaniak.blogspot.com/
Helm pemukul bola dipakai untuk melindungi kepala seorang pemukul bola dari terjangan bola dan cedera atau tongkat bahkan benturan, sementara pakaian pelindung (protective gear) untuk seorang penangkap bola, dan sepatu pool (cleats).


6. Pakaian pelindung (protective gear)




http://volimaniak.blogspot.com/

Di pergunakan untuk seorang penangkap bola (catcher) karena resiko terkena bola sangat tinggi.pakaian pelindung ini juga sering disebut dengan body protector


7. Uniform atau seragam.



http://volimaniak.blogspot.com/http://volimaniak.blogspot.com/
Tiap pemain menggunakan baju, celana, dan topi yang seragam atau berwarna dasar sama. Semakin tinggi tingkat pertandingannya, semakin ketat dalam peraturan seragamnya. Semua peralatan dan perlengkapan itu adalah wajib bagi setiap tim dalam melaksanakan pertandingan resmi.

8. Sepatu pool (cleats).

http://volimaniak.blogspot.com/Semua pemain harus memakai sepatu dan sepatu yang dianggap sah adalah yang terbuat dari kanvas, kulit halus atau yang sejenisnya. Solnya boleh rata atau berpahat pahat dari karet, sol logam dan plat tumit juga boleh dipergunakan, asal paku yang menonjol tidak lebih panjang dari 2 cm (¼ inci). Sepatu yang diberi metal spike di sekelilingnya dianggap tidak sah, karena bisa membahayakan keselamatan dirinya dan Pemain lainnya.

Silahkan pelajari cara atau teknik bermain softball dengan benar.

Demikian yang bisa volimaniak sampaikan, semoga bisa menambah pengetahuan anda dalam olahraga permainan softball. semoga bermanfaat. terimakasih
Powered by Blogger.