Perlengkapan Dan Ukuran Lapangan Bulutangkis/Badminton

Ukuran Lapangan Bulu tangkis / Badminton ~ Bulutangkis atau yang sering dikenal dengan Badminton ini tergolong permainan yang mahal, karena apa untuk bisa bermain bulutangkis ini membutuhkan shuttlecock yang harganya juga cukup lumayan. dalam sekali permainan bisa membutuhkan 1 atau 2 shuttlecock, makanya anda harus benar-benar mengeluarkan biaya yang lumayan. beda halnya dengan olahraga atletik atau lari, bisa dibilang gratis.

Banyak diantara kalian yang sudah memainkannya, tetapi banyak juga yang tidak tahu Ukuran Lapangan Bulutangkis, yah itu wajar saja kok, karena memang untuk ukuran lapangan badminton ini cukup rumit, karena ukurannya ada jeda koma ( kata orang sih malas ingat komanya, Heeeee...), nah daripada anda bingung ketika anda di suruh buat lapangan bulutangkis oleh guru kalian, kini tidak usah bingung lagi, karena disini volimaniak akan jelaskan semuanya dengan rinci.

Setelah anda mempelajari berbagai teknik dasar permainan bulutangkis, pada kesempatan kali ini volimaniak ingin berbagi kepada anda semuanya mengenai Ukuran Lapangan Bulu Tangkis, jika anda belum mengetahui secara rinci silahkan baca baik-baik dan dengan cermat untuk mengetahui secara detailnya. 

Perlengkapan permainan bulutangkis / Badminton

a. Raket (Pemukul)

ukuran lapangan bulutangkis
Raket merupakan alat pemukul yang sangat ringan dan kuat. Beratnya kurang dari 150 gram. Jenis-jenis raket yang dipergunakan dalam bermain bulutangkis, antara lain:
  1. Raket yang berat di bagian atas (kepala).
  2. Raket yang berat di bagian pegangan (handle).
  3. Raket yang seimbang cocok untuk pemain (allround).
  4. Bahan raket:
a) Terbuat dari kayu seluruhnya.
b) Terbuat dari kayu dan aluminium.
c) Terbuat dari aluminium seluruhnya.
d) Terbuat dari fiberglass.
e) Terbuat dari arang (carbonex).

b. Bola ( Shuttlecock)

lapangan bulutangkis

Bola (shuttlecock) terdiri dari bagian kepala dan bulu. Shuttlecock yang baik menggunakan gabus sebagai kepala dan dibungkus dengan kulit yang tipis dan kuat.Berat shuttlecock antara 73 – 85 grains (4,73 – 5,50 gram) dan harus mempunyai 14 - 16 helai bulu yang ditangcapkan ke dalam gabus yang bergaris 1-1/8 inch atau 25 - 28 milimeter. Bulunya harus berukuran 64 - 74 mm dari ujung atas sampai kebagian yang rata pada gabus. Garis tengah atau diameter bagian atas shuttlecock 54 - 56 mm dan harus diikat dengan benang secara kuat atau bahan lain yang kuat.

c. Lapangan Bulu Tangkis / Badminton


Ada beberapa bagian dalam Lapangan Bulutangkis ini, yaitu dari panjang dan lebar, dan juga ada kategori untuk tunggal dan ganda, lapangan ini juga bisa dibedakan untuk di Indonesia dan tingkat Internasional,Untuk lebih detail anda bisa menyimak berapakah Ukuran Lapangan Bulu Tangkis dibawah ini;

Bentuk lapangan (court) dan ukurannya dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Lantai lapangan dapat dibuat dari bahan berikut.
  1. Lantai tanah atau pasir (umumnya lapangan luar ruangan)
  2. Lantai kayu (wooder court)
  3. Lantai dengan carpet sintetis (porta court)
  4. Lantai semen atau tegel (hand court)
  5. Ketentuan cara pembuatan lapangan

1. Ukuran Lapangan Badminton



Ukuran-lapangan-bulu-tangkis

Federasi Badminton Internasional (IBF, International Badminton Federation) yang sekarang dikenal dengan nama Federasi Dunia Badminton (BWF, Badminton World Federation) telah menetapkan ukuran standar lapangan badminton internasional adalah sebagai berikut.
  1. Panjang lapangan badminton adalah 13,40 m
  2. Lebar lapangan badminton 6,10 m
  3. Jarak garis servis depan dari garis net 1,98 m
  4. Jarak garis servis tengah dari garis samping lapangan 3,05 m
  5. Jarak garis servis belakang (untuk permainan ganda) dari garis belakang lapangan 0,76 m
  6. Jarak garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan 0,46 m
  7. Tinggi tiang net 1,55 m
  8. Tinggi net 1,52 m

2. Bidang Permainan untuk Pertandingan Tunggal/Ukuran Lapangan Bulutangkis Tunggal

ukuran lapangan bulu tangkis
Apakah yang membedakan bidang tunggal ini, yah untuk area lapangan bulutangkis tunggal, ada sedikit perbedaan karena tidak semua ukuran lapangan penuh digunakan, seperti gambar diatas anda bisa melihatnya bahwa ada 2 garis lapangan, dari garis dalam dan tepi luar, untuk pertandingan tunggal dalam bulutangkis menggunakan ukuran langan bagian dalam, jadi ketika bola masuk di area tengah dua garis itu maka dikatakan keluar. untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan dibawah ini;

Pertandingan tunggal dan pertandingan ganda menggunakan bidang permainan yang agak berbeda. Bidang permainan tunggal berukuran sebagai berikut.
  1. Panjang bidang permainan 13,40 m
  2. Lebar bidang permainan 5,18 m
  3. Panjang bidang penerima servis 4,72 m
  4. Lebar bidang penerima servis 2,59 m

3. Bidang Permainan untuk Pertandingan Ganda/Ukuran Lapangan Bulutangkis Ganda

lapangan bulutangkis
Bidang permainan ganda berukuran sebagai berikut.
  1. Panjang bidang permainan 13,40 m
  2. Lebar bidang permainan 6,10 m
  3. Panjang bidang penerima servis 3,96 m
  4. Lebar bidang penerima servis 3,05 m
Demikian yang bisa volimaniak share pada kesempatan kali ini mengenai lapangan bulu tangkis, semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. saya berharap anda kini lebih tahu secara mendetail mengenai lapangan bulu tangkis, jadi setidaknya jika anda ingin membuat lapangan di daerah anda bisa dengan mudah menentukan ukurannya, untuk terkahir kali ini saya ucapakan terimakasih, salam olahraga

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close