Sejarah Permainan Softball

Sejarah Permainan Softball ~ Pernahkan anda bermain softball, pernahkan anda mendengar kata softball ini, jika anda belum mengetahuinya dan jika anda sudah pernah memainkannya tapi belum tahu asal usul mulanya adanya permainan softball, yuk kita mengenal lebih lanjut mengenai sejarah permainan softball ini, volimaniak akan berbagi kepada anda semuanya mengenai sejarah permainan softball ini.

Permainan sofball lahir di Amerika Serikat, yang diciptakan di Gedung Olah Raga Farragut Boat Club Chicago, Illinois pada 16 September 1887 secara tidak sengaja oleh George Hancock.Sofbol atau softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari 2 tim. Permainan softball lahir di Amerika Serikat, diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago pada tahun 1887. Softball merupakan perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbol (baseball) atau hardball. Bola Softball saat ini berdiameter 28-30,5 sentimeter, bola tersebut dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan yang memukul (batter) dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Terdapat sebuah regu yang berjaga (defense) dan tim yang memukul (offense). Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri marka (base) pelari (runner) hingga menyentuh base akhir yaitu home plate.

Sejarah Pemainan Softball


Awalnya terdapat beberapa alumni Universitas Yale dan Harvard sedang mendengarkan hasil akhir pertandingan sepak bola Amerika antar Yale dan Harvard di klub Farragut Boat. Setelah skor akhir diumumkan yaitu kemenangan Yale, seorang alumnus Yale dengan antusias melempar sebuah sarung tinju ke pendukung Harvard. Seorang dengan reflek mengambil sebuah tongkat dan memukul ke arah sarung tinju itu. Melihat hal itu memberikan sebuah ide seorang reporter Chicago Board of Trade, George Hancock.
http://volimaniak.blogspot.com/
Dia menyarankan untuk membuat sebuah permainan di dalam ruangan dengan bola yang dibuat dari sarung tinju yang dilempar tadi. Dia mengambil sarung tinju itu dan mengikatnya dengan erat memakai sebuah tali, supaya menyerupai bola. Kemudian dengan beberapa buah kapur, Hancock menandai lantai Farragut Boat menyerupai lapangan bisbol.

Sebagai pemukul digunakanlah sebuah sapu. Tim dibagi menjadi dua dan Hancock meneriakkan kata-kata “Play ball”, maka dimulailah permainan itu dengan skor akhir 44-40. Semenjak itu permainan bisbol versi dalam ruangan dikenal. Dinamakan indoor baseball Karena bentuk bola yang berubah-ubah. Nama sofbol sebelumnya menyesuaikan material yang

Design by Yuas and R2 Bramistra digunakan untuk membuat bolanya, jadilah nama-nama yang digunakan waktu itu yaitu kitten ball, army ball, mush ball, dan juga indoor-outdoor, recreation ball, dan playground ball.

Di awal abad ke-20 sofbol mulai dimainkan di luar ruangan sebagaimana dilakukan di dalam ruangan. Tahun 1908 organisasi amatir untuk permainan baru ini (National Amateur Playground Ball Association of the United States) mengatur olah raga ini untuk dimainkan di luar ruangan menggunakan bola yang lebih besar. Tahun 1923 Kongres Rekreasi Nasional (the National Recreation Congress) meminta komisi untuk menstandardisasi olah raga ini, dan tahun 1926 nama "softball" digunakan walaupun belum diresmikan.

Pada tahun 1933, kejuaraan dunia pertama dilaksanakan dalam lindungan Asosiasi Sofbol Amatir Amerika (Amateur Softball Association of America) dimana telah digunakan sebagai peraturan pokok di Amerika. Juara untuk sofbol kelas pria pada saat itu adalah J. L. Gills dari Chicago, dan juara kelas wanita yaitu Great Northerns dari kota yang sama. Walaupun kejuaraan yang dipertandingkan adalah amatir, mereka biasa di sponsori oleh organisasi industri di wilayahnya.

Sejak tahun 1933 “softball” telah menjadi sebuah nama resmi. Dan pada tahun 1934, pembentukan peraturan bersama untuk lebih jauh memberikan standardisasi peraturan sofbol. Sudah banyak perubahan peraturan sejak saat itu, khususnya pada tahun 1946, dimana terdapatperubahan jumlah pemain dalam satu tim dari 10 ke 9 orang. Pemain ke sepuluh dinamakan “shortfielder” pada saat itu bertugas sebagai penjaga daerah dangkal bagian luar yang menjelalajah di belakang dalam. Tahun 1950 jarak antara pitcher’s plate dan home plate ditambah untuk putera dari 43 kaki ke 46 kaki (13.114 meter).

Dilihat dari segi partisipan, sofbol telah berkembang menjadi olahraga tim yang besar dan digemari. Lapangan yang lebih kecil tersedia. Baik wanita maupun pria , dapat memainkannya. Lebih jauh pria di luar usia atlet dapat memainkan sebagai kegiatan di luar permainan resmi seperti piknik atau dalam komunitas sosial tanpa melalui pemanasan dan latihan rutin yang diperlukan, sejenis dalam bisbol.

Pada tahun 1960an, sebagian dari 125,000 tim telah terdaftar di Asosiasi Sofbol Amatir Amerika. Dan mengadakan enam kejuaraan nasional tiap tahun. Ini tidak termasuk anggota pria maupun wanita yang bertanding dalam kompetisi tidak resmi. Di Negara lain sofbol juga menjadi olahraga yang digemari baik pria wanita tua maupun muda.

Pada tahun 1949, tim Kanada, Toronto's Tip Top Tailors, memenangi kejuaraan internasional yang dilakukan secara berkala oleh Asosiasi Sofbol Amatir dan merupakan kompetisi pertama yang benar-benar merupakan kejuaraan tingkat dunia untuk putera. Diadakan tahun 1966 dibawah sponsor dari Federasi Sofbol Internasional (International Softball Federation). Australia memenangkan kejuaraan pertama untuk wanita tahun 1965.

Demikian yang bisa volimaniak sampaikan mengenai sejarah softball, semoga bisa menambah pengetahuan kita dalam bidang olahraga khususnya permainan softball. semoga bermanfaat. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

60 Responses to "Sejarah Permainan Softball"

  1. jujur mas saya g pernah memaikan permaian ini sejarah dalah hidup saya. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakaka, makanya deh mas gaul dikit bair tahu permainan softball juga, wakakaka

      Delete
    2. nah benar mas marnes agar gaul dikit ya, wakakaka

      Delete
    3. Mas Marnes bukannya gaul mas Pur, tapi dia jengkel tuh rumah dijadikan main soft ball sama Mang Aduls. hahahaha

      Delete
  2. belum pernah main softball, apalagi tau sejarahanya, jadi ngerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo deh mas coba maen, enak kon, dan pasti seru maen softball itu

      Delete
    2. nanti mas wong biar main sama saya

      Delete
    3. nah emang mas yanto dah pernah maen softball ya

      Delete
    4. saya jadi wasit gak apa2 deh

      Delete
    5. Saya jadi striker saja mas, kalau ndak itu, jadi bek atau kiper dech juga gpp. :D

      Delete
    6. hehehe gak ada back dan kiper di softball mas, adanya penjaga base

      Delete
  3. baru tau gan ada olahraga ini, keren juga sangat menginspirasi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem iya mas, inspirasi bermain softball pastinya

      Delete
  4. softbal kurang familiar didaerah saya mas,nggak pernah ada yg mainin.
    ternyata punya sejarah yg cukup panjang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitu juga di daerah saya, yang familiar pasti cuma sepak bola ajah

      Delete
    2. hem memang permainan ini masih jarang sekali kok mas yanto, hanya di tempat tertentu, dan biasanya penerapannya kalau di SD biasa dilakukan dengan kasti

      Delete
    3. hem rata-rata matoritas di desa dan dikota ya kalau gak sepak bola ya bola voli mas marnes

      Delete
  5. saya cuman tau permainan ini di tv lomas
    kasian kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem mending mas sudah tahu di TV ada juga yang tidak tahu sama sekali lo

      Delete
    2. kalau radio untuk di dengar mas, kalau tv nah itu yang dilihat, hehehe

      Delete
    3. hahah, itu kang yantonya mas purnama

      Delete
    4. oh gitu, jadi radio untuk dilihat bukan di dengar ya, wakakaka

      Delete
  6. softball sebagai olar raga team ternyata memiliki perjalanan sejarah yang sangat panjang juga ya kang, sayangnya kasti yang dulu SD sering dimainkan sekarang jarang di pertandingkan deh...menurut saya mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di singkirkan kali ya mas maslah olahraga ini :(

      Delete
    2. sekarang ini di sd malah sering yang di adakan lomba atletik kits mas cilembu

      Delete
    3. bukan di singkirkan mas, tapi mungkin sudah ada bentuk modifikasi lainnya

      Delete
    4. kayak upin ipin aja mas mukhlis ini

      Delete
  7. jadi inget waktu kecil nih ,mas pur, saya suka diajakin main ginian sama orang tua, padahal saya talentanya sepak bola loh, tapi gpp lah nurutin orang tua main softball...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, kalo saya sama mas, voly bola kaki sama swimming

      Delete
    2. saya dong sukanya maen petak umpet :D

      Delete
    3. hem ya minimal tahu tentang softball mas hendri jadi tidak ketinggalan infonya

      Delete
  8. teringat permainan ini ketika saya masih SD mas, asalkan olahraga ini selalu mas :) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem iya mas, di SD biasa dimainkan kok walau hanya sederhana yaitu kasti

      Delete
    2. itulah mas, kalo SDnya namanya Kasti

      Delete
    3. Lho ternyata nama lain soft ball itu kasti ya Mas, haha asli baru tau. :D

      Delete
    4. hem kasti itu bentuk modifikasi permainannya mas, bukan nama lain

      Delete
  9. wah ternyata sejarah permainan softball ini udah ada sejak jaman ki benen yah mas, udah lama banget. Saya mah jujur aja mas blom pernah maen softball, waktu masih SD paling maen bola kasti atawa maen boi-boian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas marnes, sudah lama dari jaman dulu kala

      Delete
  10. saya belum pernah main Softball langsung kang, pernah liat permainannya juga di televisi, itu juga blm tau gimana tata cara permainannya hehehe... gak tau bagaimana menang dan kalahnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem memang softball lumayan rumit kok mas

      Delete
  11. Sejarah yang panjang, itu namanya softball baru tau saya disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang mas, sejarah softball memiliki riwayat yang panjang

      Delete
  12. bermain softball saya lihat badannya besar-besar ya mas. ga cocok nih bagi saya yang kecil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe gak juga lo mas, itu kan kalu diluar negeri, justru butuh yang kecil juga untuk bisa lari kencang sampai homebase

      Delete
  13. Nama penemu olah raga Soft Ball ternyata sama dengan nama film yang dibintangi oleh Will Smith ya Mas Pur, sama-sama Hancock. hehe

    Sayang sekali saya belum pernah bermain soft ball, kalau kasti saya pernah mas. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga belum pernah mencoba permainan ini, sering liat di Tv luar negeri aja... sangat banyak peminatnya disana...

      Delete
    2. hem , nah itu kayak itu mas dorry , tapi peraturannya masih ribet softball ini yang pemainannya berjumlah 9 orang, beda kalau kasti paling 2-5 orang sudah bisa

      Delete
    3. benar sekali mas fazri masih minim di indonesia untuk peminat softball ini, tapi juga sudah banyak yang main kok

      Delete
  14. permainan ini kurang berkembang di Indonesia, kalau di jepang sangat populer

    ReplyDelete
  15. kalo di amerika ini sama tenarnya dengan football ya pak , tapi aku belum ngerti peraturannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem iya pak, kalau peraturannya memang agak sulit pak, tidak bs saya jelaskan di form koment ini

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close