Teknik Dasar Pembelaan Pada Pencak Silat

Teknik Pembelaan  Pada Pencak Silat ~ Tanpa penguasaan teknik pembelaan pencak silat kamu tidak mungkin mendapatkan teknik yang baik dan benar. Sekarang coba kamu baca berbagai bentuk- bentuk pembelajaran teknik pembelaan dengan cermat, kemudian lakukan bersama-sama teman-temanmu untuk mempraktikkan berbagai jenis bentuk-bentuk pembelajaran  teknik pembelaan yang ada dalam buku ini, kemudian diskusikan cara melakukannya yang baik. Yakinlah kamu “kamu bisa menjadi apapun yang kamu inginkan, dengan catatan kamu serius dan sepenuh hati melakukannya” 

Pada kesempatan kali ini volimaniak ingin berbagi sedikit materi pembelajaran penjasorkes khususnya pencak silat, mungkin saja artikel ini bisa memberikan pengetahuan anda dan bisa menjadi acuan dalam membantu pembalajaran bapak atau ibu guru penjasorkes, materi kali ini adalah mengenai teknik dasar pembelaan pada pencak silat Pembelaan merupakan prinsip utama dalam pencak silat, sehingga harus benar-benar dikuasai. 

Bentuk-bentuk pembelaan dasar pada pencak silat antara lain adalah sebagai berikut :

a. Elakan


Elakan dilakukan dengan cara memindahkan sasaran dari arah serangan. Arah elakan dilakukan sesuai dengan arah delapan penjuru mata angin. Elakan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut : 
  1. Elak hadap yaitu mengelak dengan memindahkan kaki belakang sehingga badan menghadap lawan. 
  2. Elak samping, yaitu mengelak dengan cara memindahkan kaki ke samping dan posisi badan dimiringkan. 
  3. Elak angkat kaki, yaitu dilakukan dengan mengangkat salah satu kaki kiri dari sasaran penyerangan. 
  4. Elak kaki silang, yaitu dilakukan dengan menyilangkan kaki ke samping atau serong. 
http://volimaniak.blogspot.com/
Peserta didik diminta mengamati dan merasakan koordinasi gerakan yang dilakukan, lalu temukan pola yang paling sesuai buat mereka. 

b. Tangkisan

http://volimaniak.blogspot.com/

Tangkisan merupakan cara pembelaan dengan mengadakan kontak langsung dengan lawan. Hal ini dapat dilakukan dengan satu tangan atau lengan, dua lengan, siku dan kaki. Coba rasakan teknik gerakan tangkisan mana yang mudah dan sulit dilakukan. Mengapa teknik gerakan tersebut mudah dan sulit dilakukan? Temukan permasalahan tersebut, kemudian lakukan kembali gerakan-gerakan tersebut.

Demikian yang bisa volimaniak share khususnya dalam bidang olahraga pencak silat, yaitu mengenai Teknik dasar pembelaan pada pencak silat. semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Teknik Dasar Pembelaan Pada Pencak Silat"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close