Teknik Dasar Permainan Softball

Teknik Dasar Permainan Softball ~ Kemarin saya sudah jelaskan mengenai sejarah perkembangan permainan softball. pada kesempatan kali ini volimaniak ingin mengajak anda semuanya untuk mengetahui serta berlatih mengenai teknik dasar permainan softball. untuk bisa bermain softball dengan baik anda harus menguasai teknik dasar yang wajib anda pelajari terlebih dahulu sebelum anda mempelajari teknik yang lebih lanjut.

Ok tidak usah lama-lama yuk kita belajar memahami teknik dasar softball terlebih dahulu, Berikut beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh seseorang permainan softball :

Teknik Dasar Softball


a. Cara memegang bola


teknik dasar softball

b. Cara menangkap dan melempar bola

1. Teknik melempar bola/Throwing

Melempar sama pentingnya dalam mematikan laju lawan dalam permainan softball maupun baseball, baik ketika lawan menjadi batter maupun menjadi runner. Semua gerakan ini memerlukan tingkat koordinasi dan akurasi yang tinggi. Prinsip dari gerakan melempar harus serangkaian gerak yang dipecah menjadi beberapa segmen atau bagian.Atau bisa disebut juga gerak berantai. Dengan memperhatikan gerakan melempar, pertama kali yang dilakukan pemain pada saat melempar yaitu memindahkan berat badannya dari kaki belakang ke kaki depan. Jadi yang bekerja ialah tungkai terlebih dahulu, dilihat dari tumpuannya bagian pangkal atau yang kuat bekerja lebih dahulu. Dari pangkal berturut-turut ke segmen diatasnya terus sampai ke bagian ujung yaitu jari tangan.

Berikut cara melempar bola yaitu biasanya digunakan oleh seorang pitcher ( pelambung bola)

teknik dasar permainan softball
Cara pitcher melempar bola;
teknik dasar softball
  1. Berdiri sikap melangkah, bola dipegang di depan badan, pandangan ke arah pemukul.
  2. Tangan yang memegang bola diputar ke atas, ke belakang lalu ke depan. Sebelum tangan
  3. kembali ke sikap awal pada saat tangan kanan di samping badan lepaskan bola ke depan dan
  4. usahakan ketinggian bola di antara lutut dan bahu pemukul. Akhiri gerakan kaki kanan ke depan, berat badan dibawa ke depan.
  5. Bola yang dilemparkan dengan baik, ialah bola yang berada di atas home base di antara lutut dengan bahu si pemukul;
  6. Jika bola dilemparkan dengan baik maupun tidak, umpire mengatakan strike. Apabila bola dilemparkan salah, yaitu tidak berada di atas home base antara lutut dan bahu si pemukul, dinamakan ball, bisa juga disebut strike.
2. Teknik menangkap bola

Seorang pemain softball atau baseball tentu harus dibekali juga teknik atau cara menangkap yang benar, baik hasil pitching, hasil lemparan dari teman satu tim dan dari hasil pukulan baik yang melayang di udara atau deras menyusuri tanah atau bola yang mantul sangat keras. Bola melayang di udara ada beberapa macam apalagi bola tersebut berputar baik yang disengaja atau yang tidak disengaja.Seperti contoh hasil lemparan pitcher yang berpola yang pada dasarnya adalah untuk menyulitkan seorang pemukul (batter), bola yang tidak berpola misalnya hasil dari pukul yang tidak mudah untuk dilihat dari putarannya atau spin-nya.

Hasil lemparan juga sangat tergantung dari teknik melempar dari masingmasing orang, bagaimana ciri khas atau typical-nya. Kesemua jenis bola yang melayang tadi, tentu kita tidak hanya belajar dari lempar tangkap saja tetapi ada gaya yang mempengaruhi sehingga bola tersebut harus di antisipasi dan dikuasai oleh penangkap baik menjadi seorang catcher atau seorang fielder. Bola yang bergerak sangat cepat harus ditangkap tanpa melukai atau menciderai si penangkap ini sama saja dengan gerakan meredam impact. Gerakan menangkap ini adalah seperti gerakan yang memanipulasi objek (bola), gaya yang berupa impact ini besarnya ada yang sedang-sedang saja,

ada yang cukup besar, bahkan ada yang sangat besar untuk ditahan. Oleh karena itu untuk impact yang besar perlu gaya tersebut dikurangi dengan jalan meredam, menghisap atau memecahkannya. Seperti nampak pada gambar dibawah ini :

Menangkap bola biasa digunakan oleh pemaian catcher atau pemain jaga berikut cara-caranya dan pembagian menangkap bola.

Tujuan teknik menangkap bola, yaitu menangkap bola dari teman atau satu tim dalam bermain.

Ada beberapa macam menangkap bola, yakni:
  1. menangkap bola rendah;
  2. menangkap bola lurus;
  3. menangkap bola tinggi.
Cara menangkap bola rendah langkah-langkahnya, adalah:
teknik softball

  1. menghadap ke arah datangnya bola kedua kaki sedikit dirapatkan; 
  2. badan dibungkukkan ke depan;
  3. kedua telapak tangan menghadap ke bola membentuk mangkuk.
Cara menangkap bola lurus langkah-langkahnya, adalah:
  1. menghadap ke arah bola datang kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut agak ditekuk;
    teknik dasar softball
  2. posisi badan agak condong ke depan kedua tangan dicondongkan lurus ke depan;
  3. kedua telapak tangan menghadap ke arah bola membentuk mangkuk;
  4. gerakan diarahkan pada bola yang datang;
  5. usahakan masuk di antara dua tapak tangan tutup dengan jari-jari dan tarik ke arah dada untuk meredam kecepatan bola.

c. Teknik memukul bola


teknik softball
  1. Berdiri menyamping ke arah pitcher.
  2. Memukul bola yang dilemparkan.
  3. Fokuskan keterampilan gerakan memegang stick (tongkat), ayunan lengan, dan pandangan fokus terhadap bola.




d. Teknik sliding
teknik permainan softball
Adalah gerakan meluncur dengan menjatuhkan badan guna menghindarai ketukan bola oleh penjaga base. Setelah dapat mendekati base yang dituju memindahkan berat badan kebelakang dengan menjatuhkan badan;bersamaan dengan salah satu kaki dijulurkan kearah base.

Sementara itu dulu yang bisa volimaniak bagikan mengenai teknik dasar softball, untuk lebih detailnya kita sambung dilain kesempatan. semoga bisa membantu anda terimakasih.
Powered by Blogger.