Teknik Lari Gawang

Teknik Lari Gawang ~ Atletik memiliki beberapa nomor diantaranya adalah nomor lari, sedangkan pada nomor lari sendiri bisa dibagi menjadi beberapa bagian. salah satunya adalah lari gawang. lari gawang merupakan lari halang rintangan. lari gawang ini tergolong dalam kategori lari cepat. 

Lari gawang sendiri bisa diartikan  lari cepat menempuh suatu jarak tertentu dengan melompati gawang–gawang yang tingginya diatur dalam peraturan perlombaan. Gerakan lari gawang, baik itu lari gawang 110 m, 200 m, 400 m untuk pria atau 100 m untuk wanita, sedapat mungkin harus dilakukan seperti pada gerakan lari cepat.
teknik dasar lari gawang

Pada kesempatan kali ini volimaniak ingin berbagi kepada anda semua mengenai beberapa teknik dasar pada lari gawang yang harus anda ketahui untuk bisa melakukan lari gawang ini dengan baik.

Teknik Lari Gawang Adalah Sebagai Berikut :


Latihan Teknik Dasar Lari Gawang.


a. Dari start ke gawang pertama

Start pertama yang digunakan pada lari gawang adalah start jongkok. Pada waktu akan melewati gawang, hal-hal yang harus diperhatikan adalah :
  1. Pada waktu bertolak, pinggang harus diangkat tinggi dan cukup jauh dari gawang yang akan dilewatinya. Gumanya untuk memperoleh jalan yang rendah.
  2. Lutut kaki yang berada di depan diangkat tinggi, hingga membentuk sudut kurang lebih 99-95 derajat, sedangkan lutut kaki belakang lurus (kaki tolak) dengan rumit diangkat tinggi.

b. Sikap Badan Di atas Gawang.

  1. Lintasan gerak tubuh pada waktu berada di atas gawang harus diusahakan serendah mungkin, dengan badan agak dicondongkan ke depan dan lutut agak dibengkokkan. 
  2. Kaki yang digunakan untuk menolak ditarik ke depan dengan jalan memutar ke samping. Keadaan kaki ini harus tetap diangkat tinggi, dengan tujuan untuk memberi kebebasan menjangkau ke depan membuat langkah yang panjang. 
  3. Setelah kaki depan melewati gawang, segera turunkan ke tanah dalam keadaan lurus. 
  4. Lengan harus membantu keseimbangan di atas gawang, sehingga dapat membantu kembali ke posisi gerak dorong ke depan. 
  5. Pada saat berada di atas gawang, badan dicondongkan ke depan untuk menjaga gerakan mendorong ke depan.

c. Sikap Badan dan Gerakan Kaki Pada Waktu Mendarat.

  1. Pada saat mendarat, kaki dalam keadaan lurus. 
  2. Kaki belakang dengan keadaan lurus ditekuk, tetap terangkat tinggi supaya dapat bergerak bebas menjangkau ke depan dalam usaha membuat langkah yang panjang. 
  3. Badan dicondongkan ke depan untuk membantu membawa berat badan.

d. Langkah Diantara Gawang.

  1. Membuat langkah mulai dari start ke gawang pertama 
  2. Setelah kaki depan mendarat di tanah mencapai irama tiga langkah di antara gawang. 

e. Dari Gawang Terakhir Sampai Melewati Garis Finish.

  1. Badan dorong ke depan. 
  2. Kaki belakang dilangkahkan ke depan secepatnya. 
  3. Lari secepat-cepatnya sampai melewati garis finish dengan membungkukkan dada ke depan.
Demikian yang bisa volimaniak share mengenai teknik lari gawang. semoga bisa bermanfaat dan membantu untuk anda bagi pelajar maupun guru yang membutuhkan referensi ini. cukup sekian .terimakasih
Powered by Blogger.