Variasi dan Kombinasi Aktivitas Bermain Bolabasket

Variasi dan Kombinasi Aktivitas Bermain Bolabasket ~ Variasi dan kombinasi dalam permainan bolabasket adalah gabungan beberapa bentuk gerakan prinsip dasar dengan berbagai cara, seperti : melakukan prinsip dasar melempar melalui atas kepala, menembak (shootting), dan lay-up shoot, di tempat, bergerak maju-mundur, dan bergerak menyamping, zig-zag, baik secara perorangan, berpasangan maupun kelompok. Akhir dari pembelajaran kombinasi prinsip dasar ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan koordinasi gerakan, serta penanaman nilai disiplin, menghargai perbedaan, tanggungjawab, dan kerjasama.

Selama kegiatan pembelajaran peserta didik diberikan kesempatan mengemukakan kesulitan atau menanyakan pada guru atau teman dan jawaban yang diberikan guru atau teman sendiri dijadikan untuk memperbaikai dan mengatasi kesulitan yang dialaminya, dengan pembelajaran sebagai berikut :


Variasi dan Kombinasi Aktivitas Bermain Bolabasket


Aktivitas bermain lemparan melalui atas kepala dan menembak (shooting),

  1. persiapan: peserta didik dibagi dalam kelompok dan menghadap arah gerakan atau ring basket, kelompok pelempar menghadap ring basket dan kelompok yang menembak (shooting) membelakangi ring basket
    variasi bola basket
  2. pelaksanaan: kelompok pelempar melakukan lemparan pada ke kelompok penembak (shootting) dan menangkap bola lalu putar badan hingga menghadap ring basket dan lakukan tembakan, sebelum bola jatuh ke lantai cepat tangkap dan melempar bola ke kelompok pelempar, dilakukan secara kelompok dalam formasi berbanjar, yang telah melakukan gerakan berpindah tempat ke belakang formasi, fokuskan perhatian pada gerakan lemparan melalui atas kepala, dan gerakan menembak (shooting), gunakan menembak tangan kanan dan kiri.

Aktivitas bermain lempa-ran melalui atas kepala, memantul-mantulkan bola dan menembak (shooting),

variasi permainan bola basket

  1. persiapan: peserta didik dibagi dalam kelompok dan menghadap arah gerakan atau ring basket, kelompok pelempar menghadap ring basket dan kelompok memantul-mantulkan bola, menembak (shooting) membelakangi ring basket,
  2. pelaksanaan: kelompok pelempar melakukan lemparan pada ke kelompok memantul-mantulkan bola, penembak (shooting) dan menangkap bola lalu putar badan hingga menghadap ring basket lakukan memantul-mantulkan bola 2-3 langkah, lalu berhenti dan lakukan tembakan ke arah ring basket, sebelum bola jatuh ke lantai cepat tangkap dan melempar bola ke kelompok pelempar, dilakukan secara kelopok dalam formasi berbanjar, yang telah melakukan gerakan berpindah tempat ke belakang formasi, focuskan perhatian pada gerakan lemparan melalui atas kepala, dan gerakan menembak (shooting), gunakan menembak tangan kanan dan kiri.

Aktivitas bermain lem-paran melalui atas kepala, lay-up shoot

    variasi bermain basket
  1. persiapan: peserta didik dibagi dalam kelompok dan menghadap arah gerakan atau ring basket, kelompok pelempar menghadap ring basket dan kelompok lay-up shoot, membelakangi ring basket
  2. pelaksanaan : kelompok pelempar melakukan lemparan pada ke kelompok lay-up shoot dan menangkap bola lalu putar badan hingga menghadap ring basket, lalu lakukan lay-up shoot ke arah ring basket, sebelum bola jatuh ke lantai cepat tangkap dan melempar bola ke kelompok pelempar, dilakukan secara kelompok dalam formasi berbanjar, yang telah melakukan gerakan berpindah tempat ke belakang formasi, focuskan perhatian pada gerakkan lemparan melalui atas kepala, dan gerakan menembak lay-up shoot, gunakan lay-up tangan kanan dan kiri (lay-up kaki kiri memasukan bola dengan tangan kiri dan sebaliknya).
Catatan: Bahwa setiap akan melakukan aktivitas bermain selalu diawali dengan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, dan mengasosiasi sebelum dikomunikasikan dalam permainan bola basket sederhana. 

Itulah sedikit yang bisa volimaniak sampaikan mengenai cara membuat variasi dan kombinasi dalam melakukan pembelajaran permainan bola basket, ini bisa anda terpakan dalam proses pembelajaran penjarorkes baik untuk SMP maupun SMA, dan anda juga bisa membuat variasi lebih lanjut untuk bisa menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. terimakasih, semoga bermanfaat

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close