Cara Latihan Pukulan Overhead Clear / Lob Pada Bulutangkis

Cara Latihan Pukulan Overhead Clear / Lob Pada Bulutangkis ~ Hallow sobat volimaniak, masih membicarakan mengenai olahraga permainan bulutangkis, Masih berkaitan mengenai teknik dasar permainan bulu tangkis yaitu mengenai teknik pukulan pada bulutangkis. setelah kemarin kita mempelajari teknik pukulan underhand pada bulutangkis, tiba saatnya volimaniak melangkah ke pukulan berikutnya.

Volimaniak akan memberikan sedikit gambaran mengenai cara latihan pukulan Overhead clear atau biasa disebut dengan pukulan lob, yang tujuan dari pukulan ini adalah lambung tinggi di belakang lapangan. langsung saja yuk kita pelajari teknik pukulan lob ini, berikut rinciannya:


http://volimaniak.blogspot.com/

Pusatkan perhatian lebih untuk menguasai pukulan overhead lob ini, karena teknik pukulan lob ini banyak kesamaannya dengan teknik smes dan dropshort. Pukulan overhead lob adalah bola yang dipukul dari atas kepala, posisinya biasanya dari belakang lapangan dan diarahkan keatas pada bagian belakang lapangan.

Cara Latihan Pukulan Overhead Clear / Lob Pada Bulutangkis


Ada dua jenis overhead lob :

  1. Deep lob/Clear, bolanya tinggi ke belakang.
  2. Attacking lob/Clear, bolanya tidak terlalu tinggi.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Melakukan Pukulan Lob adalah sebagai berikut ;

  1. Pergunakan pegangan forehand, pegang raket dan posisinya di samping bahu.
  2. Posisi badan menyamping (vertikal) dengan arah net. Posisi kaki kanan berada di belakang kaki kiri dan pada saat memukul bola, harus terjadi perpindahan beban badan dari kaki kanan ke kaki kiri.
  3. Posisi badan harus diupayakan selalu bera di belakang bola.
  4. Bola dipukul seperti gerakan melempar.
  5. Pada saat perkenaan bola, tangan harus lurus. Posisi akhir raket mengikuti arah bola, Ialu dilepas, sedang raket jatuh di depan badan.
  6. Lecutkan pergelangan (raket) saat kena bola.

Cara Latihan Pukulan Lob :

  1. Untuk para pemula yang baru belajar, sebaiknya pertama-tama latihan dengan cara mengumpan mereka dengan lemparan bola. Tujuannya supaya timing memukul bisa diperoleh. Untuk mempermudah, bisa digunakan hitungan (1. Posisi siap; 2. Ayunkan; 3. Pukul).
  2. Untuk alat bantu guna membiasakan gerakan dan memperoleh timing memukul yang pas, gunakan gantungan kok yang bisa diatur ketinggiannya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Pada Saat latihan :

  1. Posisi preparation sama dengan overhead biasa.
  2. Karena, biasanya bola berada jauh di belakang kepala kita, untuk menjangkaunya, pertama badan diputar yaitu dengan melangkahkan kaki kanan ke belakang, lalu lompatkan kaki kanan sambil badan dan raket diputar untuk menjangkau kok yang berada di belakang kepala, sehingga terjadi perpindahan berat badan.
  3. Setelah memukul, kaki kiri mendarat lebih dulu, di bagian depan kaki (agak berjingkat), badan harus condong ke depan.
Demikian mengenai tutorial singkat mengenai latihan pukulan overhead cross atau pukulan lob pada permainan bulu tangkis, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita dalam bidang olahraga khususnya dalam permainan bulutangkis, tunggu aja ya update berikutnya. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

2 Responses to "Cara Latihan Pukulan Overhead Clear / Lob Pada Bulutangkis"

  1. klo main pukulan lob ini postur tinggi tubuh pengaruh jg ya mas? klo orangnya pendek susah/nggk ya hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem pengaruh mas, karena pada dasarnya latihan pukulan lob adalah umpan lambung ke belakang beda lagi kalu dropshot yang bisa dikatan pukulan tipu, hampr seperti neting.

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.